Ke Sumbawa? Harus Mengunjungi Tempat Ini! – Beberapa orang memang sering salah ketika membedakan Sumbawa dengan Sumba. Mereka berdua berbeda, loh! Sumbawa adalah sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), sedangkan Sumba terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sudah jelaskan perbedaannya?
Sama seperti Sumba, Kota Sumbawa ternyata memiliki tempat wisata yang sangat rugi jika tidak Anda kunjungi ketika memasuki musim liburan seperti ini. Ingin tau nama dan dimana tempat menabjubkan tersebut? Berikut rangkumannya!
Objek Wisata Terpopuler Di Kota Sumbawa
Istana Tua Dalam Loka

Istana Tua Dalam Loka atau The Old Palace terletak di pusat kota ini berdiri sejak 1885 M. Istana yang telah ada sejak masa pemerintahan sultan Muhammad jalaluddin Syah III ini merupakan rumah panggung kaya terbesar di dunia. Wah, lagi-lagi kebudayaan Indonesia mendapatkan kedudukan yang tinggi.
Bangunan yang tetap kokoh berdiri ini ternyata memiliki filosofi yang menarik, yaitu “adat barenti ko syara’, syara’ barenti ko kitabullah”. Filosofi ini memiliki arti “bahwa semua aturan adat istiadat maupun nilai-nilai dalam sendi kehidupan harus bersemangatkan syariat islam”. Wah, sangat menjunjung tinggi nilai agama, ya?
Bala Kuning (The Yellow House)

Bala Kuning merupakan sebuah rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal keluarga Sultan Sumbawa. Sesuai dengan namanya, rumah ini memiliki ornamen berwarna kuning. Bala Kuning ini dibangun pada tahun 1784 dan masih kokoh sampai saat ini. Di Bala Kuning ini Anda dapat melihat berbagai benda pusaka Kesultanan Sumbawa. Diantaranya anadal mahkota, payung kamutar, sarpedang, bodong, tear (tombak), pakaian kesultanan, keris, dan masih banyak lagi benda pusaka lainnya.
Di tempat ini Anda juga dapat menjumpai sebuah Al-Qur’an berukuran besar yang ditulis oleh Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi pada tahun 1784 .Jika Anda ingin berkunjung ke Bala Kuning ini, datanglah ke Jalan Dr. Wahisin, Sumbawa Besar.

Pantai Kencana

Anda tentu tahu, bahwa Pulau Timor sangatlah terkenal akan keindahan pantainya. Sumbawa juga memiliki sebuah pantai yang sangat menawan. Pantai tersebut biasa disebut Pantai Kencana. Pantai yang berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Sumbawa Besar atau setara dengan 15 menit perjalanan. Di pantai ini Anda akan dimanjakan oleh pemandangan laut yang mampu memikat hati. Tak hanya itu, di tempat ini Anda juga akan disuguhkan oleh berbagai macam fasilitas yang lengakap. Sehingga Anda akan betah jika mengunjungi pantai ini.
Pulau Moyo

Yang terakhir adalah Pulau Moyo. Pulau Moyo ini merupakan objek wisata terpopuler di Kota Sumbawa. Tahukah Anda, pulau ini ternyata pernah disinggahi oleh alm. Lady Di, loh! Lalu apakah yang membuat Pulau Moyo ini menjadi menarik untuk dikunjungi? Pulau Moyo ini memiliki keunikah di keindahan bawah lautnya. Sehigga, jika Anda menyukai kegiatan snorkeling atau diving, tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk mendukung hobi tersebut.
Di Pulau ini Anda dapat menjumpai beberapa ikan pari dan hiu putih atau white shark. Tak hanya itu, di pulau ini juga terdapat cagar alam yang menampung beberapa sapi liar, rusa, babi hutan, serta burung gorong. Di Pulau Moyo juga terdapat sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Mata Jitu atau biasa disebut Queen Waterfall. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda dapat menyebrang dari Pantai Kencana menggunakan kapal. Lama perjalanan yang akan ditempuh sekitar 2 jam.
Itulah beberapa tempat yang harus Anda kunjungi ketika berada di kota Sumbawa. Jangan lupa mengunjungi tempat wisata lain yang tak kalah menariknya juga. Have a good vacation! and hopefully your holiday is fun!