Kawah Ijen – Siapa yang tidak kenal dengan dengan Kawah Ijen. Objek wisata satu ini sudah dikenal luas oleh wisatawan mulai dari wisatawan domestik hingga wisatawan asing.

Tak heran, saking indahnya objek wisata satu ini kerap dijadikan lokasi syuting film layar lebar, seperti King (2009), Supernova : Ksatria, Putri & Bintang Jatuh (2014), ILY from 3.800 Feet (2016) dan terakhir Hijab Traveler (2016).

Berkat film-film tersebut, jika pada tahun 2011 jumlah pengunjungnya mencapai sekitar 16ribu orang, maka pada data terakhir pada tahun 2015 meningkat 10 kali lipat menjadi 150ribu pengunjung.

Selain itu, dengan ditetapkannya Gunung Ijen sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO pada bulan Maret 2016 otomatis dapat dipastikan pesona keindahan Kawah Ijen akan semakin mendunia dan mendatangkan wisatawan mancanegara yang dampak positifnya dapat menggerakkan perekonomian di Banyuwangi.

Kawah Ijen ini berada di Puncak Gunung Ijen yang masih merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.386 mdpl. Pemerintah juga menetapkan kawasan wisata Kawah Ijen masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas lahan 2.500 hektare .

Lokasi Kawah Ijen

Lokasi nya berada di antara Kecamatan Licin, kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso. Dan menariknya adalah Kawah ini berada di tengah kaldera terluas di pulau Jawa dengan diameter 6 km.

Kawah ijen sendiri pada mulanya merupakan sebuah danau diatas Gunung Ijen yang terbentuk akibat letusan Gunung Ijen yang telah meletus sebanyak empat kali yaitu pada tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Letusan inilah sehingga membuat kawah tersebut dipenuhi oleh air dan secara alami membentuk sebuah danau kawah yang menakjubkan. Ukuran Kawah Ijen sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter.

Ph air Kawah Ijen 0,5 sama dengan kadar asam aki mobil

Selain ukurannya yang menakjubkan, Kawah Ijen juga diklaim sebagai salah satu kawah paling asam di dunia. Yaitu dengan tingkat keasaman mendekati nol, sehingga bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Namun, dibalik kebuasannya, Kawah Ijen juga menawarkan keindahan yang mempesona.

Lanjut klik angka “2” di bawah ini untuk melihat pesona keindahan kawah ijen dan pesona si Api Biru / Blue Fire yang begitu mendunia.