Kampung Daun – Sedang mencari tempat makan atau restoran keluarga di kota Bandung dengan suasana alam yang masih asri dan rindang dengan harga yang tidak terlalu mahal ? Ya, Kampung Daun lah jawabannya. Kampung Daun adalah kawasan wisata kuliner di kota Bandung yang berdiri pada tahun 1999 dengan konsep pedesaan bernuansa Sunda.

Kampung Daun yang berada di kawasan Villa Triniti tepatnya di Jl. Sersan Bajuri KM. 4,7 awalnya bermula dari 4 saung dan lama kelamaan karena pengunjungnya yang semakin ramai datang ke tempat ini pun sekarang memiliki 57 saung.

Saung ini pun terdiri dari yang kecil khusus kapasitas 2 orang dan ada pula saung untuk kapasitas 4 orang, bahkan untuk kapasitas saung ukurang yang lebih luas pun ada.

kampung daun image by http://www.yukpiknik.com

Tak heran, jika Kampung Daun ini pun sering dijadikan tempat acara kumpul keluarga dan reuni. Bahkan tempat ini pernah dikunjungi oleh para petinggi seperti anggota dewan, wali kota dan beberapa instansi lainnya dalam rangka kunjungan pribadi maupun perjalanan dinas. dengan beragam menu makanan dan minuman. Lahannya yang luasnya 3 hektare ini layak dijadikan tempat mengadakan acara kumpul keluarga, arisan dan acara-acara perusahaan.

Dengan pengalaman 18 tahun, Kampung Daun pun terbukti mampu memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik untuk pengunjungnya. Dengan total 185 karyawan, restoran ini juga mampu melayani 300 orang pengunjung setiap harinya. Itu juga belum lagi ditambah dengan lonjakan jumlah pengunjung ketika di akhir pekan.

Berada di Kawasan Kampung Daun

Saat memasuki kampung daun, pengunjung diwajibkan melakukan reservasi terlebih dahulu. Biasanya tidak sampai 15 menit untuk menunggu saungnya kosong. Dan sambil menunggu, pengunjung bisa berkeliling terlebih dahulu di sekitar kawasan Kampung Daun sambil membeli souvenir khas jawa Barat yang terdapat di depan pintu masuk Kampung Daun.

Bagi pengunjung yang datang pada siang hari maka nanti akan dapat melihat air terjun buatan yang ada di Kampung Buatan. Konsep air terjun ini bertujuan untuk menambah suasana area restoran lebih hidup lagi dengan jalanan bebatuan yang membelah deretan saung panggung dari bamboo dan tebing serta pepohonan yang rindang, pengunjung akan menikmati suasana eksotis dari Kampung Daun sambil menunggu pesanan datang.

Sebaliknya, bagi pengunjung yang datang pada malam hari akan merasakan suasana malam dengan adanya penerangan lampu sepanjang jalan dan api unggun yang dinyalakan khusus pada malam hari untuk menambah suasana romantis bagi siapapun pengunjung yang datang bersama pasangan maupun keluarga. Selain itu, kampKampung Daun juga menawarkan persewaan tempat untuk melakukan photo prewedding dengan pemandangan pegunungan yang indah.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Daun

Jika ingin berwisata kuliner ke Kampung Daun maka jalan yang diambil dengan berangkat dari arah Bandung menuju Jakarta lewat jalan ke Subang sampai di Terminal angkutan umum, namanya Terminal Ledeng. Tepat di depan terminal ini ada jalan yang menghadap ke depan sedikit dan kemudian belok lah ke kiri. Mulai dari situ akan ketemu dengan Jl. Sersan Bajuri tempat Kampung Daun berada.

Harga Makanan di kampung Daun

Kampung Daun menawarkan beraneka rasa dan bentuk makanan dan minuman mulai dari lokal hingga menu-menu kebarat-baratan.

Yang tidak kalah menariknya adalah Kampung Daun juga menawarkan aneka jajanan tempo dulu seperti dodol, kembang gula, gulali dan kue-kue tradisional untuk menemani waktu pengunjung selama di tempat ini.

kampung daun image by http://www.infomakan.com

Kampung Daun juga dikelilingi oleh banyak tempat wisata. Terdapat destinasi wisata yang bernama Kampung Gajah yang jaraknya hanya 6600 meter saja dan sama-berada di Jl. Sersan Bajuri. Ada wahana rekreasi Jendela Alam yang jaraknya hanya 800 meter saja dari Kampung Daun dengan suasana perkebunan dan peternakan sehingga bagi yang sudah berkeluarga dapat membawa anaknya ke tempat ini untuk belajar sambil bermain seperti memberi makan hewan di tempat wisata ini.

Harga Penginapan di Kampung Daun

Untuk yang berencana berlibur, pengunjung dapat memilih villa yang berada di kawasan Kampung Daun Lembang. Tersedia berbagai pilihan villa seperti villa Trinity, villa Gadang, villa Anjali, Villa E3 dan Villa Okta

Harga yang ditawarkan tiap villa pun bervariasi dan untuk kamar tersedia mulai dari 3 kamar sampai 7 kamar dengan kapasitasnya bisa untuk 15 sampai 35 orang, tergantung jumlah kamar dan luas kamar dengan bantuan extra bed.