Kaliadem merupakan nama sebuah desa yang lokasinya tepat berada di bawah kaki gunung Merapi. Desa tersebut telah luluh lantah akibat awan panas dari erupsi Merapi pada tahun 2010 lalu. Kaliadem terletak di ketinggian 1100 dari permukaan laut sehingga memiliki suhu udara yang sejuk dan segar.

Lokasi Kaliadem

Lokasi Kaliadem berada di sebelah utara kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 24 kilometer dari pusat kota. Kaliadem kini telah dibuka untuk umum dan menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang cukup ramai dikunjungi wisatawan saat masa liburan tiba.

Lokasi Kaliadem tepatnya berada di Desa Kepuharjo, Kec Cangkringan, Kab Sleman, Prov DI Yogyakarta. Wisatawan dapat melihat dengan jelas gagahnya Gunung Merapi yang memiliki ketinggian sekitar 2980 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Meski sempat terkena dampak erupsi yang dahsyat, Kaliadem kini telah menjadi daerah yang sangat subur dan ramai dikunjungi wisatawan.

Rute Menuju Kaliadem

Rute menuju Kaliadem dari arah Yogyakarta dapat ditempuh dengan dua cara, yaitu melewati Kalasan atau melalui jalur Jogja-Kaliurang. Rute melalui Kalasan lumayan lancar, tidak terlalu ramai karena merupakan jalur alternatif, tapi kondisi jalannya berkelok-kelok.

Sedangkan bila Anda melalui jalur Jogja-Kaliurang, kondisi jalannya lurus dengan ruas jalan agak lebar. Namun, kondisi lalu-lintasnya agak padat, sering terjadi kemacetan.

Kondisi jalan menuju Kaliadem memang agak sempit tapi cukup halus karena sudah menggunakan hotmix. Ikuti terus jalan hotmix tersebut terus menanjak ke utara. Di kanan-kiri jalan terdapat perumahan penduduk dan beberapa penginapan atau homestay yang dikelola oleh penduduk setempat.

Saat cuaca cerah, perjalanan menuju Merapi akan lebih menyenangkan karena pemandangan indah akan terpampang sepanjang jalan. Puncak Merapi tampak gagah mengeluarkan asap yang tiada henti-hentinya.

Terdapat lokasi perkemahan yang sejuk dan rindang sekitar beberapa kilometer sebelum Kaliadem. Setelah sampai di Kinahrejo, ada pertigaan yang kedua arahnya bisa Anda lalui untuk menuju Kaliadem.

Arah yang pertama Anda bisa lurus untuk menuju ke lokasi pendakian, tapi kondisi jalannya berupa tanjakan yang lumayan curam. Sedangkan arah yang kedua adalah belok kanan dengan kondisi tanjakan yang tidak terlalu curam tapi ada beberapa ruas jalan yang agak rusak.

Harga Tiket Masuk Kaliadem

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke kawasan wisata Kaliadem akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tiket tersebut cukup sebanding dengan pengalaman menarik yang bisa Anda peroleh di kawasan wisata Kaliadem.

Pemandangan megahnya Gunung Merapi sangat pas bila dilihat dari lokasi Kaliadem. Pasalnya, Kaliadem merupakan daerah yang sangat dekat dengan lereng Gunung Merapi. Banyak wisatawan domestik maupun asing yang datang berkunjung ke Kaliadem.

Banyak wisatawan yang menempuh lokasi Kaliadem menggunakan Jeep atau Motocross. Biasanya memang disediakan paket khusus wisata menjelajah Kaliadem menggunakan kendaraan Jeep ataupun Motocross.

Pemandangan yang indah berupa pasir putih dan bebatuan yang berasal dari erupsi Merapi akan membuat Anda seolah berada di tempat yang asing. Tampak pula sebagian kawasan hutan pinus yang terkena erupsi, kini mulai menghijau kembali.

Bila Anda datang saat malam hari, pemandangan menakjubkan dari lelehan lava di puncak Merapi dapat terlihat jelas berwarna merah menyala. Warna titik merah cerah dari puncak Merapi akan berbaur dengan jutaan bintang-bintang yang menghiasi langit malam di Kaliadem.

Harga Paket Kaliadem

Bagi wisatawan yang ingin menikmati paket wisata offroad mengguunakan Jeep, berikut ini kami sampaikan informasi mengenai daftar harga paket Kaliadem terbaru.

  • Paket Merapi Lava Tour Rute Pendek: Rp 350.000 per Jeep, kapasitas 4 orang / lama perjalanan 2,5 jam.
  • Paket Merapi Lava Tour Rute Menengah: Rp 450.000 per Jeep, kapasitas 4 orang / lama perjalanan 4 jam.
  • Paket Merapi Lava Tour Rute Panjang: Rp 600.000 per Jeep, kapasitas 4 orang / lama perjalanan 5 jam.
  • Paket Sunrise Merapi Lava Tour: Rp 450.000 per jeep, kapasitas 4 orang / lama perjalanan 4 jam.
  • Paket Jelajah Desa: Rp 450.000 per jeep, kapasitas 4 orang / lama perjalanan 4 jam.
  • Paket Merapi Lava Tour plus Fun Game Outbond: Rp 285.000 per orang.
  • Paket Merapi Lava Tour plus Cycling dan Fun Game Outbond: Rp 385.000 per orang.

Demikian informasi tentang wisata Kaliadem Merapi Tour yang dapat kami sajikan untuk Anda. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk mengunjungi halaman kami yang lain bila ingin mengetahui referensi tempat-tempat wisata menarik lainnya.