Jalur Pendakian Menawan di Objek Wisata Gunung Sindoro – Objek wisata gunung sindoro merupakan saah satu dari beberapa destinasi wisata paling indah yang berada di Jawa Tengah. Yang mana gunung sindoro ini sangat berdekatan dengan objek wisata gunung sumbing, sehingga keduanya sering disebut-sebut sebagai gunung kembar. Gunung sindoro ini berada di sebuah perbatasan Temanggung dengan Wonosobo, yang mana gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 3.136 mdpl.
Hal yang menarik dari objek wisata gunung sindoro ini adalah pesona pemandangan alamnya yang sangat indah dan eksotis, sehingga perjalanan yang cukup melelahkan untuk bisa sampai ke puncak sindoro akan terbayar lunas setelah Anda melihat pemandangan yang menakjubkan di gunung sindoro tersebut.

Gunung sindoro image via https://www.instagram.com/ardanns/

Jalur pendakian di objek wisata gunung sindoro

Jalur pendakian di objek wisata gunung sindoro mulai dari pos kledung hingga ke puncak diperkirakan akan memakan waktu sekitar 8 jam. Pos kledung ini berada di dekat jalan raya Temanggung – Wonosobo. Mendaki ke gunung sindoro lewat pos kledung ini Anda harus mempersiapkan air yang cukup banyak hingga sampai ke puncak sindoro sebab selama jalur pendakian Anda tidak akan menemukan sumber mata air.


Perjalanan dar pos kledung untuk menuju ke pos satu harus melewati jalur yang berbatur dengan melewati ladang pertanian penduduk. Dari pos satu untuk menuju ke pos dua ada banyak percabangan halur menuju ke ladang penduduk, sehingga akan dibutuhkan kejelian di dalam memilih jalur yang benar. Dari pos dua untuk menuju ke pos tiga jalur yang harus Anda lewati banyak yang menanjak, sehingga akan sangat menguras tenaga. Di pos tiga inilah terdapat dataran yang sangat luas, sehingga Anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam atau pun sekadar beristirahat.

Apabila Anda melakukan pendakian di saat sedang ramai, maka mungkin Anda akan mendapati beberapa warung penduduk di pos ini, bila rombongan Anda banyak, kami sarankan agar Anda mendirikan tenda di pos ini dan beristirahat 1 malam sebelum summit attack, tetapi jika rombongan Anda sedikit, Anda bisa melanjutkan hingga sampai ke pos empat, barulah Anda bisa mendirikan tenda, sebab di pos empat ini tidak mempunyai dataran yang cukup luas untuk dirikan tenda.

Gunung sindoro image via https://www.instagram.com/bangiid/

Perjalanan dari pos tiga ke pos empat inilah Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah, perjalanannya sendiri memakan waktu sekitar 2 jam. Dan perjalanan dari pos empat ke puncak sindoro akan memakan waktu sekitar 1.5 jam, dan Anda akan melewati padang edelweis yang sangat mempesona.

Demikianlah jalur pendakian menawan di objek wisata gunung sindoro yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.