Jalan Malioboro, Objek Wisata Jogja Paling Populer – Kira-kira kapan yang Anda terakhir kalinya ke Jogja? Jogja memang menjadi sebuah kota yang bisa membuat wisatawan merindukannya dan akan selalu ingin berlama-lama untuk menikmati suasana kota gudeg yang satu ini. Kota ini masih menawarkan kearifan budaya lokal di tengah jaman yang serba modern seperti sekarang ini. Ada di Jogha Anda akan dapatkan pengalaman menarik dengan menjelajahi bidaya Jawa yang hingga saat ini masih dipertahankan. Memang ada banyak tempat wisata menarik yang ada di Jogja, yang salah satu sangat populer adalah jalan Malioboro. Jalan spanjang 2,5 kilometer yang membentang dari Tugu Jogja hingga ke kantor pos Jogja ini memang tidak pernah sepih wisatawan setiap harinya. Jalan Malioboro ini ada di dekat dengan karaton yang disebut sebagai salah satu titik garis imajiner yang ada kaitannya antara objek wisata pantai parantritis , keraton Jogja, dan gunung merapi.
Lantas, apa sih yang menarik dari jalan Malioboro tersebut?
Adanya keraton Jogja yang menjadi pusat budaya dan juga pemerintahan di provinsi DKI Yogyakarta. Keraton ini menjadi kerajaan yang sekaligus sebagai tempat tinggal keluarga Sri Sultan. Keraton yang dibangung dengan perhitungan yang luar biasa matang ini untuk setiap tata letak dan juga detailnya diatur sesuai dengan falsafah budaya Jawa. Yang mana keraton tersebut dibangun menghadap ke arah utara bukan tanpa sebab, ini artinya keraton tersebut menghadap ke gunung merapi. Apabila ditarik garis lurus dari utara keselatan, maka akan muncul sebuah garis imajiner antara gunung merapi,keraton Jogja, dan pantai parangtritis.
Selain itu, adanya benteng vredeburg adalah sebuah museum yang sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata yang ada di jalan Malioboro. Layaknya sebuah museum yang ada di dalam benteng terdapat koleksi berbagai benda dari peninggalan masa perjuangan. Selain hal itu, terdapat ruangan pemutar film perjuangan dan juga diorama yang telah menggambarkan keadaan Indonesia di jaman penjajahan.
Demikianlah sekilas informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang jalan Malioboro Jogja, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.