Jajanan Di Pasar Tradisional Jogja Paling Merakyat – Berkunjung ke Jogja? Hanya berwisata di wisata alam, atau wisata budayanya saja? Rugi sob! Jogja itu sangat kaya. Tak hanya wisata alam, wisata budaya atau icon wisata yang menjadi landmarknya Jogja saja yang perlu dikunjungi. Akan tetapi masih banyak aspek lain yang juga dapat kita temukan di Jogja. Salah satunya adalah wisata kuliner khas Jogja.
Tak hanya gudeg kalau ngomong – ngomong tentang wisata kuliner khas Jogja, akan tetapi ada juga jajanan pasar tradisional Jogja yang patut dicoba. Apa saja jajanan di pasar tradisional Jogja yang layak dicoba? Disini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda beberapa jajanan di pasar tradisional Jogja paling merakyat untuk Anda!
Jajanan Pasar Tradisional Jogja
Kalau sedang ke Pasar Beringharjo, atau ke Malioboro mungkin atau ke sudut – sudut Jogja, Anda akan menemukan beberapa jajanan pasar tradisional Jogja yang paling populer ini.
Jajanan pasar lemper Jogja
Lemper. Mungkin Anda sudah pernah mendengar namanya sebelumnya? Lemper ini merupakan salah satu makanan yang dibuat dari bahan beras ketan dan didalamnya diberi isian daging ayam, daging ikan atau bahkan abon kemudian dibungkus dengan daun pisang. Jajanan di pasar tradisional Jogja ini sangat merakyat dan peminatnya dari banyak kalangan karena memang citarasanya yang gurih dan nikmat. Mungkin Anda juga salah satu pecintanya?
Jajanan pasar arem – arem Jogja
Untuk arem – arem khas Jogja ini dibuat dari bahan dasar nasi kemudian diberi isian sayur atau juga dapat diberi isian sambal goreng dan dibungkus dengan daun pisang. Arem – arem ini memiliki ukuran yang bisa dikatakan lebih besar dibandingkan lemper. Bedanya arem – arem dengan lemper hanya terletak pada isiannya saja dan bentuknya yang terkadang dibuat berbeda dengan lemper.
Jajanan pasar wajik Jogja
Untuk wajik merupakan salah satu makanan pasar yang terbuat dari bahan dasar berupa beras ketan kemudian dibuat dicampur santan dan gula merah sehingga punya cita rasa manis legit yang sangat khas dengan Indonesia tentunya.
Jajanan pasar klepon Jogja
Klepon terbuat dari bahan tepung beras ketan yang kemudian dibentuk seperti bola – bola kecil dengan diberi isian gula kelapa dan direbus didalam air mendidih dan disajikan dengan parutan kelapa. Klepon ini biasanya identik dengan warna hijau kemudian ditambahkan pewarna berupa daun suji atau daun pandan. Cita rasanya yang sangat khas membuat siapa saja akan ketagihan karenanya.
Jajanan pasar semar mendem khas Jogja
Untuk semar mendem juga dibuat dari bahan utama berupa beras ketan yang dibuat dengan kesan yang hampir sama dengan lemper. Hanya saja bedanya kalau semar mendem ini dibuat digulung dengan dadar telur yang ukurannya sudah kita ukur sebelumnya.
Itulah beberapa jajanan di pasar tradisional Jogja yang sangat merakyat dan tentunya sangat cocok diburu siapa saja yang pergi ke Jogja. Cita rasa yang sangat istimewa dan mungkin belum tentu Anda temukan pada jajanan pasar lain akan Anda dapatkan.