wisata-istana-maimun-sumatera-utara

Istana Maimun Medan, Megahnya Era Kejayaan Kesultanan Deli – Medan merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia, dimana dikota ini, anda bisa mendapati salah satu destinasi yang sarat akan sejarah, dan tentu saja menarik untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga. Destinasi wisata yang satu ini adalah Istana Maimun yang merupakan pilihan menarik tempat liburan yang seru untuk anda kunjungi, dimana nantinya pengetahuan akan sejarah anda dan keluarga akan bertambah.

Istana dengan konsep bangunan yang megah dan menawan ini, merupakan salah satu saksi sejarah akan Kesultanan Deli yang berjaya, dengan segudang pernak – pernik bangunannya yang khas, dan juga menawan untuk anda sambangi. Destinasi wisata Istana Maimun ini, memiliki segudang cerita dan juga spot yang menarik dengan berbagai macam nilai sejarah yang terkandung didalamnya. Berikut, adalah ulasan menarik mengenai destinasi wisata Istana Maimun Medan, yang merupakan salah satu sisi kemegahan Kesultanan Deli.

Istana Maimun Medan Era Kejayaan Kesultanan Deli=

  • Lokasi

Kawasan wisata sejarah yang satu ini, tepatnya berada dikawasan Jalan Brigadir Katamso, Sukaraja, Medan. Dulunya, untuk pusat kerajaannya sendiri, berada dikawasan Labuhan Deli, dimana pada waktu itu, merupakan salah satu titik dimana merupakan kawasan untuk ekspor tembakau, bahkan dengan adanya ekspor Tembakau ini, Kesultanan Deli ini mengalami pertumbuhan yang pesat, dan merupakan salah satu puncak kejayaan ekonomi dan sekaligus menjadi sejarah perpindahan ibukota kerajaan menuju Medan.

  • Hal menarik dikawasan istana Maimun

Istana-Maimun-Medan-Bagian-Dalam

Selain itu, anda bisa mendapati salah satu hal menarik dari sisi bangunan yang ada dikawasan istana ini arsitektur yang ada dikawasan istana ini memiliki beragam unsur kebudayaan yang menjadi satu. Misalnya saja kebudayaan Melayu dengan Islam dan juga India sera kebudayaan Eropa. Pengaruh arsitektur belanda terdapat pada bentuk jendela dan pintunya yang tinggi. Lengkungan atap yang menarik, menunjukan pengaruh islam yang kuat, dan juga arsitekturnya yang khas timur tengah.

  • Bangunan istana yang megah

Singgasana-Sultan-Deli-di-dalam-Istana-Maimun

Kawasan Istana Maimun ini, memiliki bangunan istana yang megah dan menawan. Setidaknya terdapat 40 kamar, dengan berbagai macam ruangan lainnya. Untuk materialnya sendiri juga sangat mewah dimana marmer, hingga teraso sebagai bahan untuk ubin lantai, bisa anda dapati dikawasan ini. Bangunan induknya hadir dengan luas sekitar 412 meter persegi, dengan adanya singgasana Kesultanan Deli yang megah.

  • Meriam Jelmaan Puteri jelita

Meriam buntung istana maimun

Diluar kawasan istana Maimun ini, anda pun akan akan mendapati salah satu peninggalan sejarah yang legendaris. Meriam buntung ini berada di sisi kanan Istana Maimun dimana menurut legenda, meriam yang satu ini, merupakan jelmaan dari seorang puteri yang cantik jelita. Menurut legenda, meriam ini merupakan jelmaan seorang putri yang membantu kesultanan deli ketika menghadapi Raja Aceh yang menyerbu kawasan istana.

Istana yang saat ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata sejarah yang ada di Sumatera Utara ini, merupakan salah satu saksi sejarah yang tentu saja merupakan pilihan wisata sejarah yang akan semakin menambah wawasan pengetahuan anda, seputar sejarah Kesultanan Deli. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.