Ini Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Populer – Jalan-jalan ke kota Jogja memang selalu menyenangkan, bukan? Mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di kota Jogja sampai memuaskan lidah dan juga perut dalam wisata kuliner dengan berkeliling kota Jogja. Tiba saatnya untuk pulang, pastinya Anda juga tidak ingin kenangan mengenai kota Jogja ini hilang begitu saja, bukan? Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa tetap ingat kota Jogja adalah dengan membeli oleh-oleh khas Jogja. Nah, berikut ini ada beberapa oleh-oleh khas Jogja yang dapat mengingatkan kembali mengenai Jogja ketika Anda tiba di rumah nanti. Penasaran? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Oleh-oleh khas Jogja yang paling populer
Bakpia
Siapa sih yang tidak kenal bakpia? Camilan satu ini sudah melekat dan juga identik dengan kota Jogja. Bakpia adalah kue yang dibuat dari adonan tepung terigu yang berisikan kacang hijau dan diolah dengan cara dipanggang. Selain itu, bakpia ini juga ada kaitannya dengan budaya Tionghoa, yang mana dahuluya bakpia diisi dengan daging babi, lalu karena pengaruh Islam di Jawa, isi bakpia ini kemudian diganti dengan kacang hijau, yang dicincang dan juga diberi rasa manis dari gula.
Yangko
Ini adalah kue moci khas Jogja. Yangko ini memang mirip dengan kue moci, jajanan yang dibuat dari tepung besar ketang satu ini mempunyai tekstur yang sangat kenyal, berisikan kacang cincang, dan rasanya manis kegit persis dengan kue moci. Yangko mempunyai penampilan yang sangat menarik, yang dibentuk kotak dengan warna-warna cerah dan juga taburan tepung. Untuk 1 kotak yangko ini biasanya berisi 30 buah dengan rasa yang sangat bervariasi.
Geplak
Kota Jogja memang terkenal dengan kulinernya yang bercitra rasa manis, termasuk untuk makanan camilannya. Salah satu yang wajib Anda coba sekalius dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja adalag geplak. Geplak ini dibuat dari daging kelapa yang telah diiris tipis dan juga dimasak dengan campuran gula. Sekarang ini, geplak dimodifikasi sehingga tersedia dalam berbagai variasi rasa serta warna cerah yang sangat menggodah.
Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Jogja yang paling populer yang bisa kami informasikan, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.