Oleh-oleh Khas Medan Halal Kekinian dan Harganya Murah – Kota Medan selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh para pelancong dari daerah.

Ada banyak tempat di kota Medan yang menjadi favorit wisatawan. Selain itu kota Medan juga dikenal sebagai ‘surganya’ pecinta kuliner.


Ada banyak pilihan bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Medan, beberapa di antaranya akan kami bagikan informasinya di bawah ini!

1. Bika Ambon

Seperti kita ketahui, Bika Ambon memang salah satu makanan terkenal khas Kota Medan yang bisa kita temui penjualnya di setiap sudut kota.

Ada banyak toko penjual Bika Ambon dengan beraneka rasa di Medan. Bika Ambon Zulaikha merupakan salah satu toko yang cukup terkenal di Medan. Lokasi Bika Ambon Zulaikha berada di Jalan Mojopahit No 62, kota Medan.

Toko ini menyediakan Bika Ambon dengan kualitas rasanya yang lezat, teksturnya yang lembut, dan dijamin halal. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Medan pasti tak ingin melewatkan kesempatan untuk berbelanja oleh-oleh khas Medan di Bika Ambon Zulaikha.

Anda bisa membeli Bika Ambon dengan beragam pilihan rasa mulai dari rasa original, moka, keju, pandan, ataupun pandan keju.

Soal harga tak perlu khawatir karena Bika Ambon yang dijual di sini dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 35.000 Anda bisa menikmati Bika Ambon yang lezat khas kota Medan.

2. Manisan Jambu Biji Khas Medan

Oleh-oleh khas Medan halal kekinian, dan murah harganya berikut ini cukup unik. Anda pasti jarang mendengar ada jambu biji yang diolah menjadi manisan.

Nah, di Medan Anda bisa menjumpai manisan jambu biji yang segar, renyah, dan nikmat. Apalagi jika ditambah dengan sambal rujak, rasanya akan semakin menggugah selera.

Manisan Jambu Aguan merupakan kuliner khas Medan yang wajib Anda coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Anda bisa menjumpai banyak penjual manisan jambu biji di pinggir jalan kota Medan. Salah satu penjual manisan jambu biji yang terkenal adalah Toko Aguan.

Toko Manisan Jambu Aguan berlokasi di Jalan Kruing No 3D. Bagi Anda yang ingin membeli manisan jambu biji sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, sebaiknya belilah yang masih utuh supaya tahan lama hingga 3 hari. Harga Manisan Jambu Biji biasanya dijual sekitar Rp 35.000 per bungkusnya.

3. Teri Medan

Oleh-oleh khas Medan berikutnya bernama Teri Medan. Kuliner khas Medan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat kota Medan, Anda bisa menjumpainya di setiap pasar tradisional di kota Medan.

Salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal dengan penjual Teri Medannya adalah Pasar Sentral. Di pasar ini Anda bisa membeli Teri Medan dengan aneka rasa, seperti Teri Tauge Medan, atau Teri Nasi Medan.

Agar lebih praktis, sekarang sudah banyak dijual ikan teri olahan yang siap santap. Salah satunya adalah Teri Bajak Medan, jenis teri olahan yang satu ini paling banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Satu bungkus teri Medan biasanya dibanderol antara Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu.

Teri Bajak Medan bisa Anda nikmati dalam berbagai pilihan rasa, mulai dari rasa sambal cabai merah, hingga sambal cabai rawit. Bagi yang ingin berbelanja oleh-oleh khas Medan yang lezat ini, bisa datang ke Toko Nusantara, yang terletak di Jalan T. Amir Hamzah Nomor 17.

4. Bolu Meranti Khas Medan

Oleh-oleh khas Medan lainnya yang juga banyak diburu wisatawan adalah Bolu Meranti. Kue satu ini memang terkenal enak dengan banyak pilihan rasa, seperti cokelat, keju, mocca, kacang, blueberry, strawberry, dan banyak lagi.

Satu kotak Bolu Meranti biasanya dibanderol seharga Rp 60 ribu, cukup terjangkau bukan? Tak hanya kue bolu, di gerai Bolu Meranti juga tersedia aneka kue seperti bolu gulung 3 in 1, lapis legit, brownies, kue sus, dan juga bika ambon.

Anda bisa berbelanja oleh-oleh khas Medan ini di gerai Bolu Meranti yang terletak di Jalan Kruing No. 2K atau di Jalan Sisingamangaraja No. 19B.

5. Kacang Sihobuk Medan

Kacang Sihobuk adalah camilan lezat khas Medan yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Kacang Sihobuk terkenal dengan kualitas kacangnya yang baik serta citarasanya yang lezat dan gurih. Bahkan, popularitas Kacang Sihobuk telah tersebar hingga seluruh negeri.

Bagi wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh khas Medan Kacang Sihobuk dapat mendatangi Jalan Lintas Sumatera di kawasan Silangkitang. Di kawasan tersebut Anda akan menjumpai jejeran penjual Kacang Sihobuk di pinggir jalan.

Jika merasa terlalu jauh, di pusat kota Medan juga sekarang ini telah banyak tersedia kios yang menjual Kacang Sihobuk. Harganya relatif terjangkau, sekitar Rp 40 ribuan per 500 gramnya.

6. Medan Napoleon

Medan Napoleon merupakan kue bolu gulung, oleh-oleh khas Medan yang sekarang ini tengah populer di kota Medan.

Ada banyak pilihan rasa yang bisa Anda nikmati seperti banana crazy, red velvet, karamel, keju, durian, dan lain-lain. Bila tidak ingin mengantre, datanglah di pagi hari karena setiap harinya toko ini selalu ramai didatangi pengunjung.

Harga kue Medan Napoleon bisa bervariasi, tergantung jenis rasanya. Biasanya harga mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 75 ribu per potongnya.

7. Pancake Durian Medan

Lezatnya durian Medan yang terkenal sekarang bisa Anda nikmati dalam bentuk pancake. Oleh-oleh khas Medan, halal, kekinian, dan harganya murah ini tengah memang tengah populer di kalangan wisatawan yang singgah ke kota Medan.

Bentuk dari Pancake Durian seperti bantal yang berisi daging buah durian yang dilapisi oleh kulit tipis, dan dibekukan. Lezatnya Pancake Durian sangat terkenal sehingga menjadi salah satu oleh-oleh khas Medan yang banyak diburu oleh wisatawan.

Salah satu toko yang menjual oleh-oleh Pancake Durian yang terkenal berada di Jalan Sekip No. 67, kota Medan. Pancake Durian di toko ini terkenal enak dan berkualitas, harganya pun relatif murah. Selain itu juga kemasannya praktis dan aman untuk dibawa dalam perjalanan jauh pulang ke rumah.

8. Sate Kerang Rahmat Toha

Di Jalan Gatot Subroto kota Medan ada warung Sate Kerang Rahmat Toha yang cocok bagi Anda pecinta wisata kuliner.

Sate Kerang Rahmat Toha memang cukup terkenal di kota Medan. Ada banyak pilihan rasa sate kerang yang bisa Anda nikmati di lokasi atau dibawa pulang ke rumah, seperti rasa pedas, pedas manis, dan juga rasa original.

Sate Kerang yang akan dibawa pulang sebagai oleh-oleh biasanya dibungkus ke dalam kemasan berupa kardus sehingga tahan lama dan aman untuk dibawa dalam perjalanan pulang.

9. Sirup Buah Markisa Khas Medan

Sirup Markisa menjadi oleh-oleh khas Medan berikutnya yang bisa menjadi rujukan bagi wisatawan. Minuman ini terkenal enak dengan rasanya yang manis dan segar. Sirup Markisa Medan memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Banyak produk sirup markisa yang beredar di pasaran, namun yang paling laris adalah Sirup Markisa Pohon Pinang dan Sarang Tawon. Minuman ini cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada para kerabat di rumah.

10. Kopi Sidikalang Medan

Di Medan Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh minuman khas yang bernama Kopi Sidikalang. Minuman ini adalah kebanggaan masyarakat Sumatera Utara yang sudah populer hingga ke mancanegara.

Kopi Sidikalang terbuat dari biji kopi berkualitas yang tumbuh di tanah subur dengan suhu udara yang sejuk dan curah hujan yang cukup. Bagi Anda pecinta kopi, maka wajib coba Kopi Sidikalang karena memiliki citarasa yang khas dan berbeda dari kopi lainnya.

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Medan halal, kekinian, dan harganya yang terjangkau. Semoga dapat menjadi rujukan Anda dalam memilih oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang ke kota asal.