Informasi Taman Nasional Bali Barat – Berkunjung ke Bali anda perlu menentukan tempat yang ingin anda tuju jauh-jauh hari. Apakah kamu ke Bali ingin berwisata pantai atau wisata alam? Di Bali sendiri ada banyak sekali obyek wisata yang wajib anda kunjungi, tapi tak mungkin bukan jika anda mengujungi semuanya.
Bagi anda yang memang menyukai wisata alam, di Bali juga ada tempat wisata alam. Namanya, Taman Nasional Bali Barat, mengapa dinamakan demikian? Ya, karena memang lokasi dari Taman Nasional ini berada di bagian barat bali, didekat pelabuhan gilimanuk.
Taman Nasional Bali Barat sendiri merupakan hamparan taman yang cukup luas di sekitaran jalan Denpasar – Singaraja – Gilimanuk. Luas Keseluruhan dari Taman Nasional Bali Barat ini adalah 19.002 ha, sekitar dari luas tersebut 15.587 ha adalah sebuah area daratan dan sisanya merupakan area perairan.
Di Taman Nasional ini mempunyai 2 buah pintu masuk, yaitu melalui gilimanuk, jaraknya sekitar 200 km dari kota Denpasar, dari dari gerbang masuk utama yaitu dari arah Singaraja di pertigaan cekik telah ditata dengan menawarkan nuansa Nawangsa Linear.
Taman Nasional Bali Barat ini mempunyai beragam flora dan fauna yang terbentang luas di areal taman di Bali ini. Saking banyaknya flora dan fauna, sehingga menjadikan Taman Nasional ini dijadikan sebagai balai penelitian, pelestarian dan perlindungan margasatwa dan juga ekosistem alamnya. Fauna yang terdapat di Taman Nasional Bali Barat ini sangat beragam, bahkan terdapat fauna yang sangat langka dan dilindungi di taman ini.
Diantaranya ada burung jalak bali yang hanya ada di Bali, menjangan, kera hitam, kera abu-abu, kijang, kucing liar, kancil, banteng dan masih banyak lagi jenis burung dan reptil didalamnya. Sementara untuk jenis floras, ada bayur, sawo kecik, sono keling, dan cendana.
Selain terdiri dari daratan, Taman Nasional Bali Barat ini terkenal akan kekayaan lautnya yang begitu melimpah. Terdapat terumbu karang yang jadi daya tarik utamanya. Terumbu karang di laut menjangan ini begitu berfariasi, setidaknya ada 111 spesies karang dari 18 familia serta 226 jenis ikan karang berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan.
Taman Nasional yang ada di Bali ini merupakan salah satu kawasan yang begitu dilindungi pemerintah setempat, maka dari itu tidak sembarang orag yang bisa memasuki taman nasional ini. Untuk anda yang ingin berkunjung ke kawasan Taman Nasional Bali Barat ini perlu mendapat ijin pengawas setempat. Didalamnya terdapat 3 buah zona yang berbeda.
Zona tersebut mempunyai fungsi serta pemanfaatan yang berbeda, ketiga zona tersebut diantaranya adalah zona inti yang merupakan zoma dimana pengunjung tidak di izinkan masuk karena memang pemanfaatannya hanya untuk penelitian dan pengembangan. Kemudian, zona kedua yakni zona yang fungsinya sebagai penunjang dari zona inti, tapi di zona kedua ini pengunjung masih dibebaskan untuk berpetualang. Zona terakhir merupakan zona pemanfaatkan intensif, dimana pemanfaatannya diperuntukan kepentingan budaya dan wisata, zona ini memiliki daerah yakni Teluk Terima, Pulau Menjangan, Bakungan, Prapat Agung dan Klatakan. Disini para pengunjung bisa melakukan kegiatan wisata, seperti trekking, diving, birdwatching, dan lainnya.
Nah, untuk anda yang memang suka akan fotografi alam, Taman Nasional Bali Barat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda, Disini anda bisa sepuasnya mengambil foto setiap obyek yang terdapat di Taman Nasional Bali Barat tanpa perlu takut ada yang melarang asalkan anda tidak membawa senapan untuk berburu hewan. Untuk anda penggemar burung, juga bisa melihat secara langsung burung-burung langka di Taman Nasional ini.