Informasi Taman Fotografi Cempaka Bandung Jawa Barat – Kota Bandung sendiri memang dikenal mempunyai banyak taman yang ciamik, Hampur diseluruh suduh kota ada taman kecil yang dulunya tak terawat dan didamkan begitu saja. Tapi kini sejak kepemimpinan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, semua berubah dan hampir taman di setiap sudut kota menjadi lebih bermanfaat dan cantik, fungsional serta mampu menarik warga sekitar dan luar bandung untuk datang.
Walikota Bandung yang akrab disapa kang Emil itu merubah taman-taman tersebut jadi taman tematik sekaligus menjadi ruang terbuka untuk umum, membuat beragam taman yang dulu tak terawat jadi berubah taman wisata di Bandung yang banyak menarik minat pengunjung.
Terdapat salah satu taman tematik yang dibangung Ridwan Kamil adalah Taman Cempaka yang orang banyak mengenal dengan nama Taman Fotografi, taman yang memang diperuntukan bagi pecinta fotografi. Tertarik untuk mengujunginya? Yuk, mari kita simak bersama ulasan lengkap tentang Taman Fotografi Cempaka di Bandung yang sudah kami rangkum berikut ini.
Pembangunan Taman Fotografi
Taman Fotografi atau Taman Cempaka sendiri adalah 1 dari 600 taman yang masuk dalam daftar program revitalisasi 600 taman dan 30 taman tematik kota Bandung. Taman yang satu ini mengusung tema fotografi yang memang sengaja di buatkan pemerintah kota guna mendukung komunitas fotografi dan dibuka untuk umum mulai September 2013 lalu.
Pemerintah sendiri berharap dengan hadirnya taman foto ini, komunitas fotohrai mampu mendapat wadah untuk menghasilkan karya, misalnya sebagai galeri atau tempat untuk belajar seni fotografi. Taman ini sendiri dikelola oleh komunitas fotografi yang ada di Bandung.
Fasilitas Taman Fotografi
Walaupun Cuma sebuah taman yang dibuka gratis untuk publik, bukan berarti taman cempaka ini tak didukung fasilitas memadai. Saat anda berkunjung ke taman fotografi ini, anda bakal langsung menjumpai pemandangan menarik seperti galeri terbuka, spot foto menarik, kursi taman yang nyaman, tempat bermain anak hingga koneksi internet secara gartis.
Ada pula posko penjaga taman yang bertugas guna menjaga kebersihan dari taman fotografi ini. Posko kebersihan seperti ini juga terdapat di seluruh taman di Kota Bandung yang telah di revitalisasi pemerintah kota. Melihat fasilitas pendukung yang ada, tentu tidak hanya pecinta dunia fotografis saja yang sering berkunjung kemari, namun juga masyarakat umum dari anak muda hingga orang tua juga sering datang kemari.
Lokasi Taman Fotografi Bandung
Sesuai namanya, taman fotografi ini berada di Jl Taman Cempaka, lokasinya tak jauh dari Jl. Riau. Lokasi persinya ada di Jln. Anggrek, jaraknya sekitar 2,6km dari balai kota Bandung. Kekurangan dari lokasi Taman Fotografi ini sendiri adalah tak adanya kendaraan umum yang lalu lalang, sehingga cukup sulit untuk bisa diakses jika tanpa kendaraan pribadi, namun bisa ditempuh berjalan kaki.
Bukan tanpa alasan kenapa pemerintah kota membangun taman ini ditempat yang agak tertutup. Taman dengan bentuk segitiga ini dipenuhi oleh bunga serta pepohohan rindang, ini dimaksudkan supaya bisa lebih sesuai dengan tema fotografinya. Hal ini dapat dibuktikan dengan animo masyarakat sekitar dan wisatawan yang masih senang mengunjungi taman ini walau tak bisa diakses dengan kendaraan umum.