Informasi Pariwisata Rekreasi Puncak Bogor – Puncak adalah tempat liburan yang sangat erkenal. Terlebih bagi orang-orang Jakarta. Setiap liburan tiba, Puncak tidak pernah sepi dari yang namanya wisatawan. Bahkan kita akan sering lihat di televisi akan macetnya jalur menuju ke sana. Namun begitu, mungkin saja Anda baru mendengarnya, atau sudah mendengar namun belum mengetahui seluk-beluk yang ada di sana. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, Anda akan disuguhkan sedikit informasi pariwisata rekreasi Puncak Bogor pada daftar singkat di bawah.

1. Curug Cilember
Tempat wisata pertama yang bisa Anda datangi ketika ada di Puncak adalah Curug Cilember. Curug atau air terjun ini bisa dibilang masih belum banyak didatangi oleh para pelancong. Oleh sebab itu, ketika datang ke sana, Anda akan merasakan hawa sejuk dan lingkungan yang masih sangat alami. Hutan dengan pepohonan yang rindang menjadi daya tarik tersendiri. Di sana setidaknya ada 7 buah air terjun dengan area sekitarnya merupakan pepohonan pinus. Sebenarnya, di lokasi sekitar curug pun terdapat tempat wisata lainnya, seperti penginapan, penangkaran kupu-kupu, dan juga tempat untuk berkemah.

2. Taman Wisata Matahari
Berbeda dengan Curug Cilember, Taman Wisata Matahari merupakan tempat pariwisata yang terbilang sudah cukup populer di sana. Dengan luas sekitar 30 hektar, Taman Wisata matahari menyuguhkan objek hiburan yang unik dan menarik. Ada banyak wahana bermain yang bisa pengunjung nikmati, mulai dari arung jeram, menaiki ATV, berenang, outbond, menikmati wisata kuliner, wahana bermain anak, hingga wisata ke sawah dan berbagai tempat belanja.

3. Curug Cibereum
Selain Cilember, air terjun juga masih ada lagi di Puncak Bogor. Salah satunya adalah Curug Cibereum yang bila dialih bahasakan memiliki arti nama air terjun dengan air berwarna merah. Namun begitu curug ini tidak sebenar-benarnya berwarna merah, tapi karena memang di bagian tebingnya terdapat lelumutan berwarna merah, sehingga airnya terlihat berubah warna. Curug ini masuk ke dalam area Taman Nasional Gede Pangrango, sehingga Anda bisa melancong ke objek wisata lainnya di sana.

4. Istana Presiden Cipanas
Istana Presiden Cipanas merupakan bangunan bekas Belanda yang saat ini dijadikan tempat tinggal bagi presiden bila datang ke Bogor. Meski begitu, Istana Presiden Cipanas yang ada di Puncak ini lebih banyak dijadikan tempat wisata bertema sejarah, karena di dalam istana terdapat museum yang diisi dengan berbagai macam koleksi foto. Di area yang cukup luas tersebut juga disediakan fasilitas lain, seperti toko souvenir, pemandian air panas, koleksi tanaman, Gedung Bantoel, dan masih banyak lagi.

5. Melrimba Garden
Berada di Jalan Raya Puncak KM 87, tempat wisata ini bernama Melrimba Garden. Di sana Anda bisa melihat berbagai macam jenis tanaman hias, sekaligus juga bisa membelinya untuk oleh-oleh dan koleksi di rumah. Fasilitas di Melrimba Garden terbilang cukup komplit dan mengasyikkan, mulai dari wahana outbond, tea walk, kebun stroberi, rumah kaca tanaman hias, menaiki ATV, dan masih banyak lagi.

Memang untuk sampai ke Puncak Bogor tidak membutuhkan waktu yang sedikit. Meski jaraknya tidak jauh, semisal dari Jakarta, bila datang saat hari libur kemacetannya akan memakan banyak waktu. Namun, bila sudah sampai di sana, ada banyak objek wisata yang bisa Anda datangi, termasuk yang ada pada daftar di atas.

Oleh sebabnya, jangan sungkan saat hari libur tiba untuk datang ke sana bersama keluarga. Anda tidak akan pernah bosan di sana, karena objek hiburannya ada beragam dan setiap spotnya memiliki tema serta keunikan tersendiri. Terlebih bila hari libur tiba. Anda bisa mengunjungi banyak tempat-tempat liburan.