Info Taman Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur – Kebun Raya Cibodas atau yang dikenal Cibodas Botanical Garden ini merupakan taman hijau yang indah dan asri dengan luas yang hampir sekitar 80 ha yang menawarkan topografis lapangan bergelombang dan berbukit-bukit sehingga menjadikan kebun raya cibodas ini salah satu tujuan tempat wisata utama di kawasan Cibodas, Cianjur. Keindahan dari Kebun Raya Cibodas ini sudah terkenal sejak dulu dan menjadi tujuan banyak wisatawan domestik hingga mancanegara. Bahkan ada ahli fisiologi tumbuhan, yakni Dr.F.W Went menggambarkan bagaimana keindahan dair Kebun Raya Cibodas ini sebagai salah satu surganya dunia. Bahkan dia menjuluki dengan naam Taman Firdaus di Asia.
Sekilas Tentang Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas ini sendiri terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Ds Cimacan, Kec Cipanas, Kab Cianjur ini. Memang tempat wisata ini berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango yang berada di ketinggian sekitar 1.275 meter diatas permukaan laut, dan memiliki udara yang sejuk yakni 17-27C. Bayangkan kesejukan di tempat wisata ini, sehingga anda akan betah berlama-lama dikawasan Kebun Raya Cibodas ini.
Sejarah dari Kebun Raya Cibodas dari beberapa sumber, tempat ini didirikan di tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, salah seorang ahli botani berkebangsaan Belanda, sebagai salah satu cabang dari Kebun Raya Bogor yang ada di lokasi kaki Gunung Gede. Awalnya memang, dia membuka kebun raya ini sebagau perkebunan kina. Namun ternyata, tanah Cibodas ini tak cocok jika ditanami pohon kina. Dengan curah hujan sekitar 2.380 mm per tahun dan rata-rata suhu sekitar 18C, akhirnya kebun botani tersebut dikhususkan sebagai kolesi bagi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, misalnya beragam tumbuhan runjung dan paku-pakuan.
Disaat itu, bibit pohon kina yang datang langsung dari Belanda tiba di Batavia pada tanggal 11 April 1852 yang kemudian dijadikan sebagai hari lahir Kebun Raya Cibodas. Dan menariknya, di setiap tanggal 11 April, maka setiap pengunjung dipersilahkan masuk gratis alias tanpa membayar sepeser pun.

Yang Menarik dari Kebun Raya Cibodas
Selain menawarkan keindahan dan kesejukan alam khas pegunungan, kebun raya yang termasuk Botanical Garden ini juga didukung koleksi pepohonan yang begitu banyak dan bervariasi. Disini banyak tersimpan ratusan koleksi pepohonan yang termuda hingga pohon tertua. Tercatat ada 5.831 contoh tanaman dari 1.1206 jenis pohon yang hidup disini.
Disini juga ada rumah kaca yang bisa anda kunjungi. Didalamnya terdapat beragam jenis tanaman kaktus, anggrek dan tanaman langka yang begitu beragam. Terdapat hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis tanaman kaktus, 360 jenis anggrek yang ada di rumah kaca ini. Bagaimana, luar biasa bukan?
Selain rumah kaca yang banyak diminati pengunjung, ada lagi yakni Jalan Araucaria (Auracarua Avenue), sungai, air terjun cibodas, lokasi landscap, air mancur, kebun pohon sakura, danau dan yang paling penting dari lainnya adalah terbalut dalam konsep taman hijau yang indah dan sejuk. Sangat pas sekali bukan untuk liburan keluarga atau sekedar kumpul komunitas. Tak lupa juga, disana terdapat tempat untuk menyewa kuda, sehingga anda dapat menikmati keindahan alamnya sambil naik kuda.
Akses Menuju Kebun Raya Cibodas
Untuk anda yang ingin berwisata ke Kebun Raya Cibodas ini, anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 85km dari Jakarta, dengan waktu tempuh sekutar 90 menit jika memulai perjalanan melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur hingga menuju persimpangan Cimacan. Setelah itu, anda tinggal belok saja ke arah kebun raya dengan jarak sekitar 4km lagi untuk bisa sampai di Kebun Raya Cibodas.
Untuk anda yang ingin menggunakan angkutan umum, bisa memakai jasa angkot (angkutan kota) jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas yang bisa dengan mudah dijumpai dipersimpangan Cimacan atau jika dari pasar Cipanas.
Fasilitas yang Ada di Kebun Raya Cibodas
Bicara tentang fasilitas, jangan khawatir. Karena di Kebun Raya Cibodas ini merupakan tujuan wisata keluarga jadi sudah dilengkapi fasilitas yang dapat memanjakan anda. Dari mulai tempat parkir luas yang mampu menampung puluhan kendaraan baik roda empat maupun bus, ada ruang informasi yang didukung dokumentasi Wana Wisata Cibodas, MCK Umum, shelter, Mushola, area bermain anak-anak.