Wisata Hutan Pinus Mangunan – Hutan pinus mangunan ini lokasinya tak jauh dari imogiri, bantul jogjakarta. Dan tidak jarang banyak orang yang juga mengenalnya dengan sebutan hutan pinus imogiri. Keindahan alam dengan nuansa pedesaan berpadu dengan pegunungan yang sejuk seakan tidak ada habisnya di daerah yang satu ini Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Di sini terdapat objek wisata sejuk di tengah iklim tropis khas Indonesia yakni Hutan Pinus Mangunan.

Di sana liburan Anda akan sangat berkesan dan khususnya para pecinta fotografer hutan pinus mangunan juga wajib Anda jajal. Pasalnya banyak orang yang menyebut Hutan Pinus Mangunan sebagai surganya para pencinta fotografi alam.

Dari keindahan dan kesejukannya itulah, kini Hutan Pinus magunan Imogiri semakin hits di Yogyakarta (Jogja) dan tak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat lokasi shooting film, video clip, foto pre-wedding atau hanya sekedar mencari spot instagramable.

Tidak peduli DSLR, Mirrorless maupun kamera ponsel biasa, background secantik Hutan Pinus Imogiri ini sudah pasti sangat memuaskan hasil jepretan kamera Anda.Selain berfoto ria, aktivitas yang juga bisa dilakukan di Hutan Pinus Imogiri ini seperti ber-camping dan bermain hammock

Berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan, dahulunya merupakan kawasan hutan yang tandus.

Kawasan hutan yang tandus ini terjadi karena adanya ekploitasi kayu besar-besaran beberapa puluh tahun silam. Hingga tanah tandus inilah yang kemudian direboisasi (penanaman kembali).

Memiliki luas lahan sekitar 500 Ha, Hutan Pinus Mangunan tidak hanya ditumbuhi tanaman pinus, tapi ada pula jenis pohon lain seperti mahoni, kemiri, akasia dan kayu putih.Hutan Pinus Mangunan, sekarang tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung saja. Kawasan ini juga dikelola sebagai salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Mungkin masih sering dijumpai banyak orang yang menyebut hutan pinus ini dengan istilah hutan pinus Imogiri. Mungkin ini dikarenakan jalur wisata yang satu arah dengan Makam Raja-Raja Imogiri, meskipun sebenarnya bukan termasuk dalam kawasan Imogiri.

Sesuai namanya, Lokasi Hutan Pinus Mangunan termasuk dalam kawasan Resort Pengelolaan Hutan yang berada di daerah Mangunan. Tepatnya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju titik lokasi ini lumayan mudah, jika Anda dari pusat kota Yogyakarta ambil saja arah ke Jl. Imogiri Timur. Terus saja lurus sampai menemukan pertigaan Imogiri, ambil arah kiri menuju Makam Raja-raja Imogiri.

Selanjutnya Anda akan kembali menjumpai pertigaan dan ambil arah kanan menuju Mangunan.Sebenarnya mudah kok menuju lokasi ini sebab banyak papan petunjuk yang membawa Anda kesana.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan fitur GPS di smartphone Anda. Atau jika tidak ingin bernavigasi melalu GPS, Anda bisa bertanya-tanya ke penduduk setempat.

Penduduk bantul terkenal ramah-ramah kok, Anda tidak perlu ragu jika masih kebingungan menuju titik lokasi Hutan Pinus Mangunan ini.

Klik angka “2” untuk melihat berapa sih harga tiket masuk ke hutan pinus mangunan ini, beserta fasilitas wisata apa saja yang diberikan di lokasi eksotis ini.