Hutan Pinus Mangunan – Hutan pinus mangunan ini lokasinya tak jauh dari imogiri, bantul jogjakarta. Dan tidak jarang banyak orang yang juga mengenalnya dengan sebutan hutan pinus imogiri. Keindahan alam dengan nuansa pedesaan berpadu dengan pegunungan yang sejuk seakan tidak ada habisnya di daerah yang satu ini Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Di sini terdapat objek wisata sejuk di tengah iklim tropis khas Indonesia yakni Hutan Pinus Mangunan.Di sana liburan Anda akan sangat berkesan dan khususnya para pecinta fotografer hutan pinus mangunan juga wajib Anda jajal. Pasalnya banyak orang yang menyebut Hutan Pinus Mangunan sebagai surganya para pencinta fotografi alam.


Dari keindahan dan kesejukannya itulah, kini Hutan Pinus magunan Imogiri semakin hits di Yogyakarta (Jogja) dan tak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat lokasi shooting film, video clip, foto pre-wedding atau hanya sekedar mencari spot instagramable.

Tidak peduli DSLR, Mirrorless maupun kamera ponsel biasa, background secantik Hutan Pinus Imogiri ini sudah pasti sangat memuaskan hasil jepretan kamera Anda.Selain berfoto ria, aktivitas yang juga bisa dilakukan di Hutan Pinus Imogiri ini seperti ber-camping dan bermain hammock

Berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan, dahulunya merupakan kawasan hutan yang tandus.

Lihat juga beberapa kawasan wisata hutan pinus ala Eropa yang terkenal di indonesia, dimana anda dapat melihat link nya di sini : 11 Wisata Hutan Pinus ala ala Eropa Terkeren & Hits di Indonesia!

Kawasan hutan yang tandus ini terjadi karena adanya ekploitasi kayu besar-besaran beberapa puluh tahun silam. Hingga tanah tandus inilah yang kemudian direboisasi (penanaman kembali).

Memiliki luas lahan sekitar 500 Ha, Hutan Pinus Mangunan tidak hanya ditumbuhi tanaman pinus, tapi ada pula jenis pohon lain seperti mahoni, kemiri, akasia dan kayu putih.Hutan Pinus Mangunan, sekarang tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung saja. Kawasan ini juga dikelola sebagai salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Mungkin masih sering dijumpai banyak orang yang menyebut hutan pinus ini dengan istilah hutan pinus Imogiri. Mungkin ini dikarenakan jalur wisata yang satu arah dengan Makam Raja-Raja Imogiri, meskipun sebenarnya bukan termasuk dalam kawasan Imogiri.

Sesuai namanya, Lokasi Hutan Pinus Mangunan termasuk dalam kawasan Resort Pengelolaan Hutan yang berada di daerah Mangunan. Tepatnya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju titik lokasi ini lumayan mudah, jika Anda dari pusat kota Yogyakarta ambil saja arah ke Jl. Imogiri Timur. Terus saja lurus sampai menemukan pertigaan Imogiri, ambil arah kiri menuju Makam Raja-raja Imogiri.

Selanjutnya Anda akan kembali menjumpai pertigaan dan ambil arah kanan menuju Mangunan.Sebenarnya mudah kok menuju lokasi ini sebab banyak papan petunjuk yang membawa Anda kesana.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan fitur GPS di smartphone Anda. Atau jika tidak ingin bernavigasi melalu GPS, Anda bisa bertanya-tanya ke penduduk setempat.Penduduk bantul terkenal ramah-ramah kok, Anda tidak perlu ragu jika masih kebingungan menuju titik lokasi Hutan Pinus Mangunan ini.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Tidak ada HTM (Harga Tiket Masuk) yang harus Anda bayar untuk memasuki kawasan indah nan keren ini. Pengunjung cukup membayar parkir kendaraan yang mereka bawa. Untuk motor roda dua dikenai biaya parkir Rp. 3000,- untuk mobil Rp. 10.000,- sementara Bus Rp. 20.000.

Namun bila Anda berkeinginan berfoto menggunakan hammock, Anda bisa menyewanya hanya dengan Rp. 10.000 saja. Selain itu bila digunakan untuk sebagai lokasi shooting film, iklan, video klip dan pengambilan foto pre-wedd dikenai biaya minimal Rp. 50.000. OH, ya, bagi para pengunjung yang berkeinginan mendirikan tenda dan bermalam disana juga dikenakan tarif berbeda yakni Rp, 20.000 dengan parkir Rp, 5000 untuk motor dan dua kali lipat untuk kendaraan jenis lain.

Jam operasional atau jam buka hutan pinus dibuka setiap hari dari hari senin sampai dengan minggu mulai pukul 06.00-17.30 WIB.

Waktu terbaik berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan

Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini tergantung dari tujuan pengunjung, jika pengunjung ingin mendapatkan spot foto ala film Twilight di sarankan pagi hari ketika kawasan masih diselimuti kabut tipis. Jika pengunjung ingin merasakan sejuknya suasana hutan pinus dengan suasana cerahnya tentu saja di siang hingga sore hari.

Oh ya,untuk jam buka atau jam operasionalnya, tempat ini tidak memberlakukan itu. Jadi pengunjung bebas mau berkunjung kapan saja.

Fasilitas Wisata Hutan Pinus Mangunan

Anda tak perlu khawatir ketika berwisata ke sini karena fasilitas Hutan Pinus Mangunan cukup memanjakan para pengunjungnya. Mulai dari tempat ibadah (mushola), warung-warung kecil, kamar mandi yang memadai, dan area parkir yang luas. Ketika menyusuri langkah demi langkah kawasan hutan ini pun pengunjung tak perlu susah payah mencari tempat beristirahat karena bangku-bangku banyak tersedia di sudut-sudut hutan.

Selain itu tersedia juga beberapa gubuk sederhana untuk beristirahat. Bagi pengunjung yang berniat camping, juga telah tersedia camping ground yang bagus. Dilengkapi pula dengan outbound area.

Tidak hanya ada tanaman pinus disini, namun terdapat juga jenis pohon yang seperti akasia, mahoni, kayu putih dan kemiri. Tanaman-tanaman itu ditanam di lahan dengan luas 500 hektare. Tapi kini, kawasan Mangunan, khususnya yang ditanami pinus tidak cuma berguna untuk hutan lindung saja

Kawasan ini pun kini telah dikelola menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikenal orang, yaitu Hutan Pinus Mangunan, terdapat banyak fasilitas pendukung yang ada di kawasan wisata ini, seperti kamar mandi umum, gardu pandang hingga pangsung pertunjukan yang menyatu bersama alam. Terdapat pula mushola hingga warung-warung kecil yang menyediakan beragam makanan ringan dan minuman.

Tips Berwisata di Hutan Pinus Imogiri

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi wisata Hutan Pinus Imogiri di Jogja ini, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Apasaja tips-tips nya? Simak baik-baik ya.

  • Karena jarang ditemui warung yang menjajakan makanan di lokasi hutan pinus, sebaiknya bawa makanan atau minuman dari rumah.
  • Demi menjaga keindahan dan kebersihan kawasan Hutan Pinus Imogiri, pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Bagi Anda yang merokok sebaiknya berhati-hati dalam membuang puntung rokok ataupun batang korek api dan sejenisnya yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. Alangkah baiknya jika tidak merokok di kawasan ini.
  • Jika berkunjung ke tempat wisata Hutan Pinus ini, sekalian saja berkunjung juga ke tempat wisata di dekatnya seperti Kebun Buah Mangunan dan Puncak Becici


Itulah sedikit gambaran tentang objek wisata Hutan Pinus Mangunan Imogiri tempat asyik untuk berlibur. Selain bisa mendapatkan foto-foto dengan spot terbaik, di sana Anda juga bisa menimati sejuknya udara di sekitar kawasan hutan pinus.

Tertarik untuk mengunjunginya? Jika iya, semoga kunjungan Anda ke sana bisa berkesan dan menyanangkan tentunya. Happy Travelling!