Hutan Pinus Imogiri Bantul Yogyakarta – Anda tengah kebingungan dalam mencari spot foto yang indah dan menawan? Tidak perlu khawatir karena anda bisa datang ke tempat wisata alam Hutan Pinus Mangunan yang terkenal akan spot foto terbaik yang berada dikawasan Yogyakarta. Belum hits rasanya, jika anda belum mengupload foto di instagram dengan foto berlatar hutan pinus ini. Nah, jika anda penasaran ingin berkunjung ke hutan pinus di Yogyakarta ini? Simak ulasan kami tentang lokasi dan rute menuju Hutan Pinus Mangunan berikut ini.

Anda tertarik untuk pergi berwisata ke Hutan Pinus di Yogyakarta ini? Tidak sulit untuk anda bisa mencari alamat taman wisata alam ini. Jangan pula anda takut untuk tersasar, karena alamat dari tempat wisata Hutan Pinus Mangunan ini sangat mudah dijangkau.

Sebetulnya, tempat wisata ini berada di kawasan Resort Pengelolaan Hutan yang ada di Mangunan. Namun hutan pinus ini juga dikenal dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Hal ini karena untuk menuju lokasi ini ditempuh searah dengan situs maka dari raja-raja Imogiri. Padahal berdasarkan administratif, hutan pinus ini bukan dari kawasan Imogiri.

Ya, hal ini karena lokasi Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta itu terletak di desa Mangunan, Kec Dlingo, Kab Bantul, Yogyakarta. Tak hanya di Mangunan, Bantul juga mempunyai obyek wisata serupa di sebelah Utara.

Untuk bisa menuju ke Hutan Pinus Mangunan ini, jika anda dari kota Jogja, anda bisa mengambil arah menuju Jl. Imogiri Timur. Lalu anda tinggal lurus saja hingga menjumpai pertigaan Imogiri dan belok kiri menuju arah Makam raja-raja Imogiri. Kemudian akan ada pertigaan dan belok kanan saja menuju arah Mangunan, dari pertigaan anda belok ke kiri menuju Hutan Pinus.

Letak dari Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul dari kota Yogyakarta sendiri berjarak sekitar 24km. Dan hanya akan menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit saja. Disepanjang perjalanan menuju arah perbukitan, anda bakal disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah.

Untuk bisa masuk ke Hutan Pinus Mangunan Imogiri Yogyakarta ini, anda Cuma perlu merogoh kocek senilai Rp. 3000 saja untuk parkir kendaraan motor dan Rp 5000 untuk parkir mobil. Tak ada tiket masuk yang dipatok oleh pihak pengelola wisata ini. Anda juga dapat berfoto ria sepuasnya secara cuma-Cuma alias gratis. Tempat wisata Hutan Pinus Mangunan ini buka pada pukul 07.00-00.00 WIB.

Tidak hanya ada tanaman pinus disini, namun terdapat juga jenis pohon yang seperti akasia, mahoni, kayu putih dan kemiri. Tanaman-tanaman itu ditanam di lahan dengan luas 500 hektare. Tapi kini, kawasan Mangunan, khususnya yang ditanami pinus tidak cuma berguna untuk hutan lindung saja

Kawasan ini pun kini telah dikelola menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikenal orang, yaitu Hutan Pinus Mangunan, terdapat banyak fasilitas pendukung yang ada di kawasan wisata ini, seperti kamar mandi umum, gardu pandang hingga pangsung pertunjukan yang menyatu bersama alam. Terdapat pula mushola hingga warung-warung kecil yang menyediakan beragam makanan ringan dan minuman.