Gunungkidul merupakan tempat wisata yang terkenal akan wisata pantainya yang banyak dan indah . Selain wisata pantai, ternyata Gunungkidul masih menyimpan banyak lokasi tempat wisata yang tidak kalah menariknya. Tempat wisata Gunungkidul sangatlah menarik untuk dikunjungi. Sebagai lokasi Gunung seribu Gunungkidul menyuguhkan lokasi wisata alam pegunungan yang tentunya bisa membuat para wisatawan terpesona. Salah satu wisata alam Jogja yang wajib dikunjungi adalah Puncak Gunung Ireng Patuk Gunungkidul. Pastinya anda sudah terbayang akan pegunungan yang indah dan tentunya sesuai dengan namanya, wisata pegunungan ini menyuguhkan pemandangan alam dan pegunungan yang berwarna hitam.

Lokasi Gunung Ireng Pengkok Gunungkidul

Lokasi Gunung Ireng tepatnya berada di di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul. Sebagai wisata pegunungan, Gunung Ireng menawarkan pemandangan alam yang begitu luar biasa berupa pemandangan hamparan sawah luas yang nampak sangat menarik berada di tengah-tengah pedesaan yang tentu saja tidak kalah seru dengan wisata alam perbukitan di Gunungkidul yang lainnya. Puncak Gunung Ireng Pengkok Gunungkidul ini memiliki daya tarik untuk wisatawan yaitu sebagai tempat melihat sunrise atau matahari terbit. indahnya pemandangan langit yang seakan menyala dari ujung timur. Selain itu suasana kabut yang menyelimuti Gunung Ireng serta udara yang masih sangat sejuk menjadikan pengunjung betah bersantai di atas Puncak ini.

Sejarah Gunung Ireng Pengkok

Ada cerita yang tersebar di lingkungan masyarakat Gunung Ireng ini yang menarik untuk didengarkan. Katanya pembentukan Gunung Ireng ini sebab Batuan Gunung Merapi yang di tendang oleh Raden Bratasena ataupun Bima. Tokoh pewayangan Raden Bratasena atau Bima ini termasuk tokoh yang kuat dan juga gagah perkasa. Konon katanya Bima merasa marah sebab di Gunung Merapi banyak terdapat monyet nakal di atas puncak Merapi tujuannya untuk mengusir monyet nakal tersebut dengan cara menendang. Namun, ternyata tendangan tersebut meleset serta terkena batuan Gunung Merapi hingga akhirnya batuan tersebut melayang sampai Gunungkidul. Yang akhirnya batuan tersebut membentuk Gunung yaitu Gunung Ireng.

Untuk nama Gunung Ireng ini diambil dari bentuk batuan yang terdapat di puncak Gunung ini. Di puncak Gunung Ireng ini juga hanya ditumbuhi sedikit tanaman atau pepohonan sebab hanya bebatuan yang berwarna hitam. Sehingga bebatuan hitam ini diberi nama Gunung Ireng dalam bahasa jawanya.

Rute Menuju Gunung Ireng Pengkok Patuk Gunung Kidul

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Gunung Ireng, pengunjung dari arah mana saja untuk menjumpai perempatan Radio GCD. Selanjutnya belok kiri untuk yang datangnya dari arah Wonosari, atau bisa juga belok kanan untuk yang datang dari arah Yogyakarta. Dan dari arah perempatan Radio GCD, arahkanlah ke Desa Pengkok untuk berikutnya bertemu dengan Balai Desa Pengkok. Sesudah itu ke pertigaan Kebonkuning ambil arah kanan sehingga menjumpai gapura Gunung Ireng dengan warna hijau. Obyek wisata Gunung Ireng ini dikelola oleh penduduk sekitar, walaupun begitu tempat ini sangatlah bersih sehingga pengunjung ini disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Agar lingkungan di tempat wisata ini tetap lestari dan terjaga kebersihannya.

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng Pengkok

Untuk pengunjung yang masuk ke area tempat wisata baru  Gunung Ireng ini diharuskan membayar tiket sebesar Rp 5000, yang merupakan tiket masuk sekaligus biaya parkir. Cukup murah untuk obyek wisata menarik seperti Gunung Ireng ini. Dengan biaya murah anda sudah dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dan bisa berfoto selfie dengan pemandangan yang indah.