Gunung Bunder merupakan obyek wisata alam yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Di Gunung Bunder terdapat beberapa air terjun atau curug yang indah dan asik untuk Anda berekreasi bersama keluarga.

Selain itu, Gunung Bunder juga terkenal dengan bumi perkemahannya yang sering dijadikan tempat camping oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi Gunung Bunder

Lokasi Gunung Bunder berada di ketinggian 1.050 meter dpl, yaitu terletak di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Wisatawan yang ingin menuju ke wana wisata Gunung Bunder tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasinya.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, suhu udara di Gunung Bunder sangat sejuk dan segar khas alam pegunungan. Di lokasi Gunung Bunder juga terdapat beberapa curug yang bisa Anda kunjungi, antara lain Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, dan Curug Seribu.

Rute Gunung Bunder

Rute Gunung Bunder sangat mudah dituju. Keluar dari pintu tol Bogor, wisatawan dapat mengikuti rambu petunjuk arah menuju Kampus IPB Dramaga. Lurus terus sampai melewati Pasar Ciampea. Tidak jauh dari sana Anda akan segera tiba di lokasi obyek wisata Gunung Bunder.

Ikuti terus petunjuk arah yang banyak terdapat di sepanjang jalan menuju Gunung Bunder. Jangan malu bertanya, agar tidak tersesat dalam perjalanan.

Sesudah melewati kawasan pemukiman, pemandangan indah akan tersaji selama perjalanan. Anda akan melintasi ladang, kebun, pegunungan, dan sungai. Santai saja saat berkendara, enggak usah ngebut, nikmati pemandangan indah yang ada.

Bumi Perkemahan Gunung Bunder

Bumi perkemahan Gunung Bunder lumayan terkenal, dan banyak wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke tempat ini untuk menikmati sensasi berkemah di alam Gunung Bunder.

Bagi wisatawan yang masuk melalui pintu Taman Nasional Halimun Salak diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp 50.000 untuk 5 orang atau satu mobil.

Setelah melanjutkan perjalanan sekitar 2 kilometer Anda akan sampai di area bumi perkemahan Gunung Bunder.

Gunung Bunder Bogor Camping Ground

Di Gunung Bunder terdapat banyak area camping Ground yang bisa Anda pilih untuk berkemah dan memasang tenda di area tersebut.

Camping Ground paling favorit biasanya yang terletak di dekat Curug Cihurang. Anda bisa berkemah di area camping ground tersebut ditemani suara gemericik air terjun. Jarak camping ground dekat Curug Cihurang ini sekitar 50 meter dari pintu masuk Taman Nasional Halimun Salak.

Suasana berkemah di dekat curug Cihurang ini sangat asik, ada sebuah perosotan kecil untuk anak-anak bermain dan terjun ke air. Curug ini tidak terlalu besar dan kondisinya cukup aman bagi wisatawan yang ingin berenang dan bermain di kolam air terjun.

Harga Tiket Masuk Gunung Bunder

  • Nama Obyek Wisata: Gunung Bunder Bogor
  • Harga Tiket Masuk: Rp 17.500 per motor untuk 1 orang, dan Rp 30.000 per motor untuk 2 orang
  • Jam Operasional: buka jam 07.00 WIB, tutup jam 17.00 WIB
  • Telp: 0266621256 / 085624140863

Villa Gunung Bunder Bogor

Wisatawan yang ingin menginap di area wisata Gunung Bunder tidak perlu bingung mencari hotel maupun penginapan. Pasalnya, di tempat ini terdapat villa Gunung Bunder Bogor dengan fasilitas dan pelayanan yang nyaman.

Anda bisa memilih cottage ataupun villa yang tersedia. Beberapa villa Gunung Bunder Bogor yang tersedia di antaranya Green Villa, The Michael Resort, Centhini Resort, Kekke Rai Valey Resort, Villa November, dan Pondok Rasamala.

Anda bisa memilih salah satu dari villa-villa tersebut, tentunya sesuaikan pula dengan budget yang tersedia.

Curug di Gunung Bunder

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Gunung Bunder terdapat sejumlah spot wisata curug yang indah.

Curug Cihurang adalah yang paling dekat dengan jalan masuk di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Curug ini memiliki ketinggian hanya beberapa meter saja dan terdapat dua aliran air yang jatuh ke kolam air terjun.

Ukurannya yang tidak begitu besar membuat Curug Cihurang ini cukup aman untuk berenang dan bermain bagi anak-anak.

Kemudian ada juga Curug Ngumpet yang letaknya agak tersembunyi. Meski lokasinya tersembunyi, curug ini mudah ditemukan karena ada beberapa petunjung arah yang bisa Anda jadikan panduan untuk menuju ke Curug Ngumpet.

Curug Ngumpet memiliki ketinggian sekitar 45 meter, lebih besar dan tinggi dibandingkan Curug Cihurang. Airnya sangat jernih dan sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berendam dan menyegarkan badan di pinggiran kolam.

Berikutnya ada Curug Cigamea yang memiliki pemandangan yang indah dan cocok dijadikan spot foto bagi wisatawan. Saat berada di Curug Cigamea, wisatawan harus berhati-hati karena banyak terdapat batu besar yang tajam dan licin.

Terakhir adalah Curug Seribu yang merupakan air terjun tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 100 meter. Tingginya curug Seribu tentu menciptakan pemandangan alam yang mengagumkan.

Ditambah lagi suara gemuruh air terjun yang bahkan dapat terdengar dari kejauhan, membuat wisata Anda di Gunung Bunder semakin penuh sensasi.

Nah, itulah sejumlah informasi mengenai wisata Gunung Bunder yang bisa Anda jadikan referensi sebelum menuju ke lokasi. Selamat berwisata ke Gunung Bunder!