Guci Tegal merupakan wisata pemandian air panas alami yang terletak di kaki Gunung Slamet. Selain karena pemandian air panasnya yang menyegarkan, pesona keindahan di Guci Tegal juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi Guci Tegal

Lokasi Guci Tegal berada di ketinggian sekitar 1050 meter dari atas permukaan laut. Hawa dingin khas alam pegunungan akan menerpa Anda ketika tiba di obyek wisata yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Slawi, Kab Tegal, Jawa Tengah ini.

Guci Tegal berlokasi tepatnya di Desa Guci, Kec Bumijawa, Kab Tegal, Prov Jawa Tengah. Letaknya tepat berada di kaki Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 meter dari atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Jalur ke Guci Tegal

Jalur ke Guci Tegal dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Ada dua rute yang bisa Anda lalui untuk menuju ke Guci Tegal, yaitu rute melalui kota Tegal, dan melalui kota Pemalang.

Bagi wisatawan yang berasal dari arah kota Tegal dapat rute yang dapat ditempuh adalah melalui pusat kota Slawi, terus ke selatan hingga melewati Kecamatan Lebaksiu.

Sesampainya di pertigaan Yomani, Anda akan menjumpai rambu petunjuk arah menuju ke Guci Tegal, ikuti petunjuk tersebut. Jarak dari pertigaan Yomani masih sekitar 25 kilometer lagi menuju Guci Tegal.

Anda akan tiba di Desa Tuwel setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit. Dari sini lokasi sudah dekat, Anda cukup mengikuti rambu petunjuk yang mengarah ke Guci Tegal, tidak lama lagi Anda segera sampai ke lokasi.

Rute kedua adalah melalui jalur dari arah kota Pemalang yang menuju ke Purbalingga. Dari kota Pemalang, lurus terus ke selatan hingga melewati Bantarbolang, hingga tiba di Randudongkal.

Kemudian arahkan kendaraan Anda menuju ke Kecamatan Moga, sesampainya di Moga, ada pertigaan lampu merah, beloklah ke kanan. Terus ikuti jalan tersebut hingga menjumpai pertigaan yang terdapat papan petunjuk menuju ke arah Guci Tegal.

Ikuti rambu tersebut, sekitar 30 menit berkendara Anda akan segera tiba di lokasi wana wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal.

Tiket Masuk Wisata Guci Tegal

Setibanya di gerbang masuk Guci Tegal, wisatawan diharuskan membayar retribusi tiket masuk ke lokasi wisata. Harga tiket masuk wisata Guci Tegal pada hari biasa adalah Rp 5.000 untuk dewasa, dan Rp 4.500 untuk anak-anak. Harga tiket masuk ini belum termasuk asuransi jasa raharja.

Sementara di akhir pekan dan hari libur nasional harga tiket masuk wisata guci tegal sebesar Rp 7.000 untuk dewasa dan Rp 6.500 untuk anak-anak.

Waterboom Guci

Di kawasan Guci Tegal juga terdapat wisata hot waterboom yang akan memuaskan Anda bermain sambil berendam di air panas. Namanya Hot Water Boom Guciku. Liburan Anda bersama keluarga akan semakin seru saat bermain di waterpark dengan air panas alami ini.

Di dalamnya terdapat banyak kolam renang yang airnya hangat, bersih, dan jernih. Sambil bermain air, Anda bisa menikmati indahnya panorama alam perbukitan hijau yang mengelilingi Hot Waterboom Guci.

Waterboom Guciku Tegal juga menyediakan fasilitas hotel dan villa mewah di sekitar kolam renang. Tidak perlu jauh-jauh mencari penginapan bila ingin bermalam dan menikmati suasana khas pegunungan di Guci Tegal.

Fasilitas wisata di Waterboom Guci Tegal juga sangat lengkap. Mulai dari fasilitas utama hingga fasilitas tambahan seperti wahana outbond, lapangan tenis, lapangan sepakbola, dan juga bumi perkemahan.

Villa di Guci Tegal

Bagi wisatawan yang ingin berwisata dan bermalam di kawasan Guci Tegal, ada baiknya mencari referensi villa yang harganya terjangkau, dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang memuaskan.

Berikut ini kami berikan daftar villa di Guci Tegal yang menawarkan fasilitas lengkap, pelayanan memuaskan, dengan harga terjangkau.

Villa Puri Mutiara Guci

Lokasinya berada di belakang Kantor UPTD Pariwisata Guci Tegal. Fasilitas yang ditawarkan mulai dari televisi, peralatan dapur, ruang keluarga, kolam renang, teras, area parkir, hingga laundry. Tarif menginap di Puri Mutiara Guci relatif terjangkau, mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 1.700.000.

Villa Anandha

Berlokasi di Kompleks Wisata Guci, Jalan Raya Objek Wisata Guci No 35, Ds Rembul, Bojong, Tegal. Fasilitas yang ditawarkan di antaranya restoran, dapur, aula, area parkir, televisi, dan lain-lain. Tarif menginapnya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 500.000.

Wisma Pelangi

Berlokasi di Komplek Wisata Guci, Jalan Lingkar Objek Wisata Guci, Tegal.

Wisma Srikandi Guci

Berlokasi di Jl Pertiwi, Dk Pekandangan RT 10/02, Objek Wisata Guci, Rembul, Bojong, Tegal.

Villa Citra Family Guci

Berlokasi di Jl Objek Wisata Guci, Rembul, Bojong, Tegal. Telp 081326901581.

Wisma Puspa Tiara Syari’i Guci

Berlokasi di Kawasan OW Guci, Tegal. Telp 087730003934.

Hotel di Guci Tegal

Sementara untuk wisatawan yang ingin menginap di hotel juga banyak tersedia hotel di Guci Tegal. Berikut ini kami berikan daftar hote yang representatif di Guci Tegal:

Hotel Duta Wisata

Berlokasi di Jalan Lingkar OW Guci, Rembul, Bojong, Tegal. Tarif menginap berkisar Rp 300.000 sampai Rp 850.000 per malam.

Hotel Sankita Guci

Berlokasi di Jalan Lingkar Guci Barat Nomor 3, Guci, Tegal. Tarif menginap di sini berkisar mulai dari Rp 368 ribuan.

Hotel Guci-Ku

Berlokasi di area wahana wisata Hot Waterboom Guci-Ku. Ada dua pilihan menginap di sini, yaitu hotel dengan tarif Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Dan juga Villa dengan tarif menginap Rp 650.000 sampai Rp 1.250.000.

Hotel Grand Mega Guci

Berlokasi di Jl Objek Wisata Guci, Rembul, Bojong. Telp 085101322568.

Brahma Lestari Hotel

Berlokasi di Kawasan Wisata Guci, Jalan Raya Pertiwi, Tegal. Telp (0283) 352249.

Hotel Guci Kencana

Berlokasi di Jalan Raya Pertiwi II No 4, RT 009 RW 002, OW Guci, Tegal. Telp (0283) 352232.

Pondok Cempaka Indah

Berlokasi di OW Guci, RT 010 / RW 002, Guci, Tegal. Telp 081326856449.

Itulah daftar hotel dan villa di Guci Tegal. Semoga dapat membantu Anda menyiapkan akomodasi saat liburan nanti.