Di setiap daerah yang  mempunyai hawa sejuk selalu erat dengan adanya hutan pinus, begitu juga di Malang. Pesona hijau pegunungan disertai udara yang sejuk menjadi ciri khas dari kota batu malang ini. Kota malang memang memang terkenak sebagai kota wisata, sebab lokasinya yang berada di perbukitan. Malang juga selalu menyuguhkan obyek wisata yang sangat menarik perhatian para wisatawan. Dan tak heran apabila banyak spot-spot menarik yang menyuguhkan pesona alam dari ketinggian yang bermunculan seperti halnya wisata bukit bulu, dan juga omah kayu.

Sekarang ini muncul tempat wisata baru di kota Malang bernama Goa Pinus. Wisata Gua pinus Batu Malang ini berbeda dengan goa lain yang memiliki stalagtit dan stalagmit. Akan tetapi gua ini merupakan goa bekas galian penambangan pasir yang sudah lama ditinggalkan. Goa Pinus ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru beberapa waktu lalu mulai dikembangakan. Goa Pinus sangat disarankan untuk anda yang sedang mencari tempat santai adem yang asyik di Malang. Tidak hanya itu saja, di tempat tersebut juga didirikan gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan pegunungan dan view kota Malang dari atas ketinggian.

Lokasi, Rute dan Akses Menuju wisata Goa Pinus Batu Malang

Untuk lokasi dari wisata Goa Pinus terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Rute lokasinya searah dengan obyek wisata paralayang dan omah kayu. Akan tetapi, untuk menuju ke wisata Goa Pinus, pertigaan sebelum naik ke wisata Paralayang, sebelah kiri jalan terdapat petunjuk arah yang bertuliskan Goa Pinus. Apabila anda berangkat dari kota Batu Malang hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit atau setengah jam. Untuk lebih jelasnya, rutenya sendiri, bisa ditengok dari google maps.

Untuk akses jalan ke wisata Goa Pinus Batu Malang sendiri untuk saat ini sudah aspal. Akan tetapi ada beberapa meter yang aspalnya rusak, untuk itu harap anda selalu berhati-hati. Untuk kendaraan, Mobil roda 4 dan juga sepeda motor bisa melintasi dengan mudah. Untuk mencapai ke tempat lokasi belum tersedia transportasi umum yang menuju lokasi ini, jadi disarankan anda menggunakan kendaraan pribadi dan berangkat bersama teman, sahabat dan keluarga tercinta anda.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata Goa Pinus sendiri adalah gratis, tidak dipungut biaya untuk menikmati wisata alam yang indah dan sejuk ini. Karena tempat ini masih tergolong sangat baru serta masih dalam tahap pembangunan. Tunggu apa lagi, cepat kunjungi tempat wisata Goa Pinus Batu Malang ini untuk mengisi liburan anda bersama keluarga dan teman anda. Apabila kesini kita harus menjaga kebersihan tempat wisata supaya tempat wisata ini tetap indah dan juga banyak pengunjung yang penasaran ke tempat wisata Malang ini.

Fasilitas Goa Pinus Batu Malang

Untuk saat ini wisata Goa Pinus Batu Malang ini sudah direnovasi dan juga mengalami banyak sekali pengembangan-pengembangan dari segi fasilitas. View alam serta udara yang sejuk masih menjadi daya tarik dari obyek wisata Goa Pinus ini. Tak hanya itu saja, selain pemandangan hutan pinus yang hijau dan masih alami, di lokasi wisata Goa Pinus ini juga terdapat gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan kota Batu Malang dari atas gunung. Landscape kota Malang terlihat jelas dari spot gardu pandang Goa Pinus ini.

Demikianlah info lengkap mengenai harga tiket masuk, rute dan juga lokasi goa pinus yang tak jauh dengan tempat wisata batu lainnya yaitu paralayang dan omah kayu yang berada di batu malang jawa timur. Semoga bermanfaat bagi anda semua.