Goa Pinus Batu sekarang ini tengah menjadi tempat wisata yang tengah populer di media sosial. Beberapa spot foto yang ditawarkan membuat banyak netizen penasaran dan ingin menyambangi Goa Pinus Batu ini.

Dulunya, Goa Pinus Batu ini merupakan lokasi penambangan pasir yang telah disulap menjadi tempat wisata yang kreatif dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang berkunjung ke tempat ini.

Foto IG:@elisabethayudya

Lokasi Goa Pinus Batu

Alamat Goa Pinus Batu berada di kawasan Pujon, Ds Gunungsari, Kec Bumiaji, Kota Batu, Prov Jawa Timur. Goa Pinus Batu atau juga dikenal dengan Goa Pinus Pujon ini memiliki akses yang agak sulit karena belum ada transportasi umum yang menuju ke lokasi, sehingga hanya bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi.

Terdapat beberapa spot foto yang menarik bagi wisatawan dengan panorama alam nan indah dari atas perbukitan. Selain itu, udaranya yang segar dan sejuk akan merelaksasi pikiran kita setelah seminggu disibukkan dengan pekerjaan.

Di Goa Pinus Batu terdapat gardu pandang yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto atau menikmati pemandangan Gunung Arjuno yang kokoh dan indah.

Rute Goa Pinus Batu

Bagi wisatawan yang ingin ke lokasi, rute menuju Goa Pinus Batu berjarak sekitar 11,6 kilometer dari pusat kota Batu. Wisatawan dapat mengikuti arah menuju ke kawasan Pujon melalui Jalan Brigjend Abdul Manan Wijaya. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 25 menit.

Setelah tiba di kawasan Pujon, Anda akan menjumpai sejumlah rambu petunjuk arah yang menuju ke Goa Pinus Pujon lokasinya pun sudah tidak begitu jauh. Anda dapat bertanya pada penduduk sekitar jika kebingungan.

Harga Tiket Masuk Goa Pinus Batu

Wisatawan yang ingin masuk ke lokasi wisata Goa Pinus Pujon atau Goa Pinus Batu akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Begitu pula dengan beberapa spot wisata yang berada di sekitar kawasan Pujon, seperti Taman Kelinci dan Rumah Papua. Harga tiketnya pun sama, hanya Rp 5.000.

Keindahan Goa Pinus Batu

Masih dalam satu kawasan Goa Pinus, terdapat spot wisata lainnya seperti Rumah Papua, spot memanah, dan aneka spot foto untuk selfie yang sangat instagramable.

Dari area depan, terdapat pintu masuk menuju Goa Pinus yang terbuat dari pepohonan kering. Sepanjang jalan di sekitar goa terdapat rumah joglo yang biasa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Rumah Joglo ini dindingnya terbuat dari bahan kekayuan dengan desain yang unik.

Melewati rumah joglo, pengunjung akan menjumpai replika perahu yang menjorok ke arah luar tebing hutan pinus. Tempat ini juga menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Sesampainya di Goa Pinus, ternyata goa itu adalah sebuah lubang yang menjorok ke dalam tanah dengan panjang sekitar 5 meter. Ketinggian mulut goa hanya sekitar 1,5 meter sehingga Anda harus agak membungkuk untuk masuk ke dalamnya.

Di depan mulut goa dihiasi dengan berbagai ornamen yang memberi kesan menyeramkan, namun tidak menakutkan. Konon, dulunya Goa Pinus Batu merupakan bekas galian tambang peninggalan zaman Jepang yang tidak terpakai lagi dan kemudian ditinggalkan.

Pesona Rumah Papua di Goa Pinus Batu

Rumah Papua di Goa Pinus Batu merupakan spot wisata yang sangat mengasikkan. Spot ini berupa replika rumah-rumah kecil yang terbuat dari kayu dengan atap bulat yang terbuat dari bahan mirip ilalang.

Rumah-rumah kecil tersebut berjejer di sepanjang pinggiran tebing hutan pinus. Spot wisata satu ini memiliki visualisasi yang menarik untuk difoto dari berbagai sisi.

Foto IG:@teguhyunius

Di area Rumah Papua banyak terdapat gardu pandang yang disediakan untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati indahnya pemandangan kawasan perbukitan dengan udaranya yang sejuk.

Dari spot Rumah Papua, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit yang muncul dari balik kaki Gunung Arjuno yang seolah sedang membelah bukit-bukit di sekitarnya.

Berbagai pengalaman wisata yang menarik bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Goa Pinus Batu. Akan tetapi, sangat disayangkan karena fasilitas yang tersedia belumlah lengkap.

Selain itu, belum tersedianya transportasi umum yang melewati kawasan Goa Pinus Batu juga akan membuat kesulitan para backpacker yang ingin melancong ke lokasi ini.