Goa Jomblang merupakan salah satu goa dari sekitar 500 goa yang terletak di wilayah pegunungan karts yang ada di Gunungkidul. Mulut goa ini memiliki jarak vertikal antara bibir goa dengan dasar yang bervariasi. Jarak vertikal di Goa Jomblang ini bahkan ada yang hingga sedalam 80 meter.

Lokasi Goa Jomblang

Lokasi Goa Jomblang berada di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jaraknya cukup dekat dengan kota Wonosari, yaitu sekitar 10 kilometer.


sumber : http://www.seratus.id

Letaknya berada di wilayah pegunungan karts dan menjadi salah satu dari sekitar 500-an Goa yang ada di wilayah pegunungan ini.

Rute Menuju Goa Jomblang

Rute menuju Goa Jomblang bagi Anda yang berkendara dari arah Yogyakarta adalah dengan melewati arah Piyungan hingga ke Patuk. Selanjutnya terus ke arah Gading, kemudian Wonosari dan Semanu.

Hingga Anda menjumpai rambu petunjuk arah yang menuju ke lokasi Wisata Kali Suci, masih terus hingga menemukan rambu petunjuk arah yang menuju ke lokasi Goa Jomblang.

Sedangkan rute untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum bisa menaiki bus tujuan Wonosari, kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan minibus hingga tiba di terminal Semanu. Dari terminal Semanu, perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan naik ojek motor menuju ke rumah Kadus Jetis.

Bila Anda tidak ingin repot naik-turun angkutan, bisa juga dengan menyewa sepeda motor atau mobil harian yang ada di dekat Stasiun Lempuyangan.

Di rumah Kadus Jetis Wetan tadi, Anda dapat menitipkan barang bawaan dan menyewa barang-barang yang diperlukan untuk masuk ke Goa Jomblang. Perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer untuk sampai di bibir Goa Jomblang.

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Goa Jomblang dapat Anda kunjungi sendiri atau menggunakan jasa paket tour yang banyak tersedia di internet. Harga tiket masuk Goa Jomblang sendiri sebenarnya gratis, tapi Anda hanya boleh sampai di depan bibir goa.

Namun demikian, bagi pengunjung yang ingin masuk dan merasakan sensasi caving di Goa Jomblang maka akan dikenakan biaya untuk persewaan alat-alat caving dengan standar safety untuk teknik single rope. Harga sewanya untuk sekali caving adalah Rp 450 ribu.

Harga sewa tersebut sebenarnya relatif terjangkau bila melihat berbagai fasilitas tambahan yang akan Anda dapatkan, di antaranya makan siang, asuransi IAG, dan beberapa pemandu (guide) yang akan mengantarkan dan menarik Anda secara manual dari dalam gua.

Rumah Kepala Dukuh Jetis sering dijadikan sebagai tempat singgah bagi para pengunjung. Di sana pengunjung dapat menitipkan barang-barang atau membersihkan lumpur yang melekat di sepatu.

Meski tidak dikenai biaya, namun para pengunjung merasa terbantu dengan adanya rumah Kepala Dukuh sehingga banyak yang memberi uang tip sebagai balas jasa secara sukarela.

Menjelajahi Goa Jomblang

Agar upaya pelestarian ekosistem di Goa Jomblang maupun di sekitarnya tetap stabil, jumlah pengunjung dalam satu hari yang diperbolehkan masuk maksimal hanya 25 orang saja.

Foto IG:@jordhammond

Sebaiknya Anda tidak datang saat musim penghujan karena tanah di sekitar lokasi akan sangat licin dan berlumpur. Belum lagi kondisi air bawah tanah yang ada di dalam Goa Jomblang akan bertambah deras dengan debit air yang besar. Tentunya hal ini cukup berisiko pada keselamatan Anda.

Datanglah pada jam 10-12 siang hari karena cahaya yang masuk dapat lebih maksimal dan Anda dapat menikmati keindahan Goa Jomblang dengan lebih jelas.

Untuk memasuki dasar Goa Jomblang, terdapat empat jalur yang dapat dilalui oleh penjelajah. Jalur pertama sering disebut jalur VIP dan merupakan jalur yang paling mudah untuk dilewati.

Pada jalur VIP Anda akan melewati lintasan terjal pada 15 meter pertama dari bibir gua, lintasan ini masih dapat ditapaki dengan kaki. Meski begitu, peralatan SRT lengkap tetap harus digunakan guna menjamin keselamatan penjelajah.

Sisa jarak dengan dasar gua sekitar 20 meter hanya dapat ditempuh menggunakan SRT (Single Rope Teknik). Sementara untuk ketiga jalur lainnya memiliki medan yang lebih sulit dan hanya bisa dilalui menggunakan SRT dengan jarak ke dasar gua masing-masing yaitu 80 meter untuk Jalur A, 60 meter Jalur B, dan 40 meter untuk Jalur C.

Setibanya di dasar goa, penjelajah akan menjumpai sejumlah tumbuhan subur yang merimbun. Di dasar goa, Anda dapat beristirahat pada sebuah bilik yang terbentuk secara alami.