Goa Jatijajar – Di Kebumen terdapat tempat wisata gua yang cukup terkenal dan favorit, namanya Goa Jatijajar. Letaknya di Desa Jatijajar, Kec Ayah, Kab Kebumen.

Goa Jatijajar merupakan sebuah gua yang terbentuk dari batu kapur. Dengan lebar gua sekitar 15 meter, dan tinggi 12 meter, Goa Jatijajar memiliki panjang sekitar 250 meter dari pintu masuk menuju ke pintu keluarnya.


Goa Jatijajar merupakan tempat wisata yang indah dan bernuansa legenda. Bila Anda sedang berkunjung ke Kebumen atau Gombong, maka tempat wisata satu ini sangat patut untuk dikunjungi.

Lokasi Goa Jatijajar

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, Goa Jatijajar berlokasi di Ds Jatijajar, Kec Ayah, Kab Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Jaraknya sekitar 8 kilometer dari Gombong.

Bila Anda dari arah timur atau kota Gombong, terus ke Barat sampai tiba di depan gapura yang ada di kiri jalan menuju Goa Jatijajar, lalu belok ke arah selatan.

Misteri Goa Jatijajar

Goa Jatijajar memiliki daya tarik yang unik, karena di dalamnya terdapat 7 sungai atau sendang yang konon katanya sungai-sungai tersebut khasiatnya masing-masing.

Tetapi hanya ada 4 sungai yang bisa dengan mudah Anda capai, yaitu Sungai Puser Bumi, Jombor, Mawar, dan Sungai Kantil.

Menurut kepercayaan penduduk setempat, masing-masing sungai tersebut memiliki khasiat sebagai perantara untuk segala macam tujuan.

Seperti mitos yang ada pada Sendang Mawar, konon bila Anda menggunakannya untuk cuci muka atau mandi, maka bisa membuat Anda awet muda.

Sementara mitos pada Sendang Kanthil, bila Anda cuci muka atau mandi di sungai tersebut, maka dapat dengan mudah untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.

Sekarang ini, Sendang Mawar dan Sendang Kanthil telah dibangun menjadi lebih baru. Sedangkan pada Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi, masih dibiarkan alami.

Tiket Masuk Goa Jatijajar

Tiket masuk ke Goa Jatijajar saat ini masih senilai Rp 15 ribu. Dengan harga segitu, Anda tidak akan kecewa saat masuk ke dalamnya.

Dengan tiket masuk seharga Rp 15 ribu, tentunya Anda akan merasa puas untuk mengunjungi tempat wisata gua yang satu ini.

Terlebih lagi ada nilai sejarah atau legenda di dalamnya. Goa Jatijajar kebumen merupakan tempat wisata yang cocok bagi Anda yang ingin berekreasi dan mendapatkan edukasi.

Di dalam gua yang panjangnya sekitar 250 meter ini terdapat puluhan patung yang menceritakan kisah raden Kamandaka atau yang juga dikenal dengan Lutung Kasarung.

Keindahan di Dalam Goa

Seperti gua-gua pada umumnya yang banyak terdapat stalagtit dan stalagmit di dalamnya. Begitu pula dengan Goa Jatijajar, selain stalagtit dan stalagmit, di dalamnya juga ada sungai yang mengalir deras dengan air yang sejuk dan segar.

Di area pintu masuk gua, Anda akan berjumpa dengan patung dinosaurus yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Goa Jatijajar merupakan tempat wisata yang sudah tertata rapi dan dikelola dengan baik.

Di dalam gua ada anak tangga yang akan membantu Anda untuk berpijak. Pada sisi kanan dan kiri jalan juga terdapat pegangan yang memudahkan pengunjung saat berjalan menyusuri gua.

Anda juga tidak memerlukan alat bantu penerangan karena sudah ada lampu penerangan di dalam gua yang cukup terang.

Di pintu keluar gua, sebelum pulang Anda bisa mendekati kolam yang mengalir air di dalamnya. Biasanya ada anak-anak yang mandi dan minta untuk dilempari uang koin. Ketika Anda melempar koin ke dalam air, mereka akan menyelam dan mencari koin yang dilemparkan tersebut.

Beberapa Souvenir Yang Menarik

Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh atau souvenir untuk kerabat di rumah. Di depan pintu gua banyak terdapat pedagang yang menjajakan beragam souvenir seperti kalung, tas, asbak, hingga blangkon.

Harganya sangat terjangkau dan enggak bikin ‘kantong bolong’ kok. Hehe…

Contohnya asbak dengan bentuk yang unik, Anda bisa membelinya seharga Rp 5 ribu. Atau ada juga kerajinan tas yang bisa Anda beli dengan harga Rp 10 ribu, serta blangkon seharga Rp 30 ribu.

Bagaimana, menarik bukan? Goa Jatijajar memang menjadi alternatif wisata yang seru untuk Anda saat ingin berakhir pekan. Kondisi alam selama perjalanan juga sangat indah dan asik untuk dinikmati.