Goa Gelatik merupakan salah satu goa di Gunungkidul yang berusia ribuan tahun. Goa dengan panjang sekitar 400 meter ini, zaman dahulu sering digunakan oleh orang-orang untuk bertapa.

Namun, kini Goa Gelatik sudah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dan sudah tidak ada lagi orang yang bertapa di sini.


Lokasi Goa Gelatik

Lokasi Goa Gelatik beralamat di Ds Bejiharjo, Kec Karangmojo, Kab Gunungkidul, DI Yogyakarta, dan letaknya tidak begitu jauh dari Goa Pindul.

Keberadaan Goa Gelatik yang indah semakin melengkapi wisata alam di Desa Bejiharjo. Tak kalah seru dengan Goa Pindul, di Goa Gelatik Anda juga akan menikmati sensasi petualangan susur goa di temani oleh pemandu dan peralatan lengkap untuk caving.

Di Goa Gelatik, Anda dapat menyusuri goa sepuas hati, karena di tempat ini tidak terdapat sungai bawah tanah seperti yang ada di Goa Pindul.

Beberapa orang pemandu akan mendampingi Anda saat menyusuri Goa. Wisatawan juga akan dilengkapi dengan perlengkapan keamanan berupa helm, sepatu, dan tabung oksigen untuk berjaga-jaga karena kondisi udara sangat minim saat Anda berada di dalam goa.

Sungguh dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan saat Anda masuk ke dalam Goa Gelatik. Serasa berpetualang seperti di film-film lho!

Rute Goa Gelatik

Bagi wisatawan yang datang dari arah pusat kota Yogyakarta, rute menuju Goa Gelatik lumayan mudah. Jaraknya sekitar 50 kilometer sebelah timur Yogyakarta dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Rute menuju Goa Gelatik apabila Anda menggunakan transportasi umum dari Yogyakarta adalah dengan memulai dari terminal Giwangan terlebih dahulu. Naiklah bus jurusan Wonosari, dan turun di perempatan Grogol. Tarif bus dari Giwangan menuju Grogol biasanya hanya Rp 10 ribu.

Sesampainya di perempatan Grogol, Anda masih harus naik ojek untuk menuju ke Goa Gelatik. Jaraknya masih sekitar 5 kilometer lagi, dengan lama perjalanan sekitar 10 menit.

Nah, setibanya di Desa Bejiharjo Anda mintalah untuk di antarkan ke pihak pengelola caving Goa Gelatik. Sebab, Anda tidak akan diizinkan masuk tanpa ditemani oleh pemandu dan perlengkapan keamanan yang sudah disediakan oleh pengelola.

sumber :https://travel.kompas.com

Harga Tiket Masuk Goa Gelatik

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke dalam Goa Gelatik akan dikenai biaya sebesar Rp 30 ribu per orang. Biaya ini sudah termasuk tiket masuk, biaya untuk pemandu, dan berbagai peralatan keamanan yang disediakan oleh pihak pengelola mulai dari helm, sepatu boots, tabung oksigen, dan lampu senter sebagai penerangan di dalam goa.

Goa Gelatik memiliki pintu goa yang sempit, dan semakin dalam Anda menjelajah, semakin gelap suasananya. Sensasi ini tentu akan menjadi pengalaman yang menarik bagi wisatawan.

Belum lagi Anda harus menunduk, merangkak sejauh 15 meter dari bibir goa sebelum dapat menyusuri goa dengan berjalan kaki seperti biasa.

Kondisi yang gelap, lembab, dan tanah goa yang becek akan membuat petualangan Anda di dalam Goa Gelatik semakin menantang dan tak mudah.

Lebih dalam Anda masuk ke dalamnya, kadar oksigen juga akan semakin menipis. Sungguh sensasi petualangan yang menegangkan dan takkan pernah dapat Anda lupakan.

Pemandangan di dalam Goa Gelatik sungguh menakjubkan, banyak terdapat stalaktit dan stalakmit yang masih aktif dan terus berkembang.

Pemandu akan mengingatkan pengunjung untuk tidak menyentuh stalaktit-stalakmit tersebut agar keberadaanya tetap lestari dan berkembang lagi menjadi stalaktit yang lebih besar dan indah.

Konon, air yang mengalir atau menetes dari stalaktit ini dapat membuat wajah Anda tampak awet muda dan cantik. Namun, Anda tidak diperbolehkan memegang langsung stalaktit-stalakmit tersebut, harus menunggu sampai air menetes dengan sendirinya dari stalaktit.

Di dalam Goa Gelatik juga banyak stalaktit dan stalakmit yang sudah tidak aktif atau sudah tidak meneteskan air lagi. Keberadaanya menjadi penghias dinding goa dengan kilauan yang indah ketika terkena sorot lampu.

Goa Gelatik berlokasi tidak begitu jauh dari Goa Pindul. Setelah puas berpetualang di dalam Goa Gelatik, Anda bisa langsung melanjutkan petualangan menuju ke Goa Pindul.