Embung Nglanggeran merupakan obyek wisata di Gunungkidul yang terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Embung Nglanggeran adalah obyek wisata alam yang memadukan, wisata kebun buah, dan kolam buatan dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Wisata ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan berwisata di alam perbukitan Kabupaten Gunungkidul.

Foto IG: @sativalicious

Lokasi Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Sebelum dibangun embung oleh pemerintah DI Yogyakarta, dulunya lokasi ini hanya sebuah daerah perbukitan.

Kini, bukit tersebut telah ‘dipoles’ menjadi area wisata yang indah dengan sebuah embung berada tepat di atasnya. Obyek wisata Embung Nglanggeran baru diresmikan pada 19 Februari 2013 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Rute Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 45 menit perjalanan berkendara. Anda dapat menuju ke lokasi Embung Nglanggeran Gunung Kidul menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Rute menuju Embung Nglanggeran Gunung Kidul bila Anda datang dari arah kota Jogja adalah dengan melintasi Jalan Jogja-Wonosari. Ikuti jalan tersebut sampai di lokasi Indomaret Piyungan, kira-kira sesudah Bukit Bintang dan sebelum jalan menanjak yang menuju ke gunung.

Jadi, untuk lebih jelasnya lagi berikut ini kami sampaikan rute menuju Embung Nglanggeran Gunung Kidul dari arah kota Jogja:

Dari kota Jogja, melintasi Jalan Wonosari sampai ke daerah Piyungan, melewati Bukit Patuk/Hargodumilah atau Bukit Bintang. Ada perempatan Patuk (Indomaret Piyungan), ambil arah ke kiri menuju Desa Ngoro-Oro.

Ada pertigaan sesudah Puskesmas Patuk II, ambil arah kanan hingga melewati Pendopo Kalisong, ikuti terus jalan aspal hingga tiba di SDN Nglanggeran ada pertigaan, kemudian beloklah ke kiri. Ikuti rambu petunjuk arah yang menuju ke Kebun Buah Nglanggeran, Embung Nglanggeran sudah tidak jauh lagi dan Anda akan segera tiba di lokasi.

Acuannya adalah Indomaret Piyungan, ikuti rambu petunjuk arah yang bertuliskan Embung Nglanggeran. Dari sini, Anda masih harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 25 menit lagi.

Anda tidak perlu bingung, rute menuju Embung Nglanggeran Gunung Kidul sangat mudah dijangkau. Sepanjang perjalanan dari titik Indomaret Piyungan sudah banyak dipasang papan petunjuk arah menuju ke lokasi.

Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi harus lebih berhati-hati dan sigap selama perjalanan menuju Embung Nglanggeran. Pasalnya, kondisi jalan masih kurang baik dan juga banyak terdapat tikungan maupun tanjakan.

Rute Embung Nglanggeran dari Klaten

Bagi wisatawan yang datang dari arah Klaten, silahkan menuju ke arah barat daya atau tepatnya ke arah Candi Prambanan. Setelah melewati gapura besar pintu gerbang wisata Candi Prambanan, sekitar 100 meter terdapat pertigaan, arah lurus menuju Jogja, dan belok kiri menuju Piyungan.

Belokkan kendaraan ke arah kiri, lalu lurus terus sekitar 9 kilometer sampai melewati rel kereta api dan jalan utama menuju Piyungan. Di penghujung jalan menuju Piyungan, ambillah arah yang menuju ke Bukit Patuk, atau dikenal juga dengan sebutan Hargodumilah atau Bukit Bintang.

Foto IG:@_frendyyulis

Sesudah melewati Bukit Bintang, ada perempatan lagi, belokkan kendaraan ke kiri menuju arah Desa Ngoro-Oro. Kondisi jalan di tempat ini memang agak sempit, Anda harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer pada jalan tersebut.

Nah, sesudah Anda melewati UPT Puskesmas Patuk II, belokkan kendaraan ke arah kanan menuju Pendopo Kalisong, lalu ikuti terus jalan aspal sampai tiba di SDN Nglanggeran, selanjutnya beloklah ke kiri atau lihat papan petunjuk yang mengarah ke Kebun Buah Nglanggeran. Dari sini lokasi sudah dekat dan Anda akan segera tiba di obyek wisata Embung Nglanggeran Gunung Kidul.

Tiket Masuk Embung Nglanggeran

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke lokasi wisata Embung Nglanggeran akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang. Ditambah pula dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Meski baru diresmikan pada 2013 lalu, wisata Embung Nglanggeran telah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap sebagai penunjang kenyamanan bagi para wisatawan.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di Embung Nglanggeran Gunung Kidul, diantaranya ialah lahan parkir yang luas, toilet umum, pendopo, dan juga warung-warung makanan.

Selain itu juga terdapat gazebo yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang indah di Embung Nglanggeran.