Eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran – Pulau Jawa memang memiliki banyak sekali pantai indah yang sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja. Akan tetapi, apabila Anda ingin mencoba wisata alam yang berbeda, silakan kunjungi Taman Nasional Baluran yang merupakan salah satu taman nasional yang ada di Pulau Jawa yang sangat menarik. Luar biasanya lagi, taman ini seringkali disebut sebagai Afrikanya Indonesia lho!


Taman Nasional Baluran ada di wilayah Banyuputih, Situbondo, dan juga Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Tepat di sebelah utara taman ini berbatasan langsung dengan selat Madura, sedangkan di sebelah timurnya berbatasan dengan selat Bali.

Taman-Nasional-Baluran image via http://www.wisataterindah.net/

Dan di tengah-tengahnya terdapat sebuah gunung baluran yang sekarang ini sudah bukan merupakan gunung aktif lagi. Selain hal tersebut, Taman Nasional ini juga diapit oleh gunung ijen dan gunung semeru.

Sekilas kondisi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan padang savana yang terluas di Pulau Jawa, dengan spesies hewan serta tumbuhan yang sangat beragam. Berkunjung ke tempat ini akan membuat Anda seolah-olah ada di negara Afrika. Itulah mengapa Taman Nasional ini seringkali disebut sebagai Afrikanya Indonesia.
Di sini Anda nantinya akan disuguhi dengan pemandangan kawanan rusa yang sedang berlarian yang menuju genangan air untuk minum, para merak pun yang melebarkan ekornya, gerombolan gajah dan kerbo, belasan elang yang sedang terbang, hingga monyet-monyet yang bergelantungan di pepohonan. Pemandangan di Taman Nasional ini sama persis seperti yang dapat Anda temukan di Afrika.

Hal menarik dan panorama indah Taman Nasional Baluran

Apabila Anda para pecinta fotografi, kami sarankan untuk memulai melakukan perjalanan menyusuri Taman Nasional Baluran ini di pagi hari, sekitar pukul 4.00 atau 5.00, agar Anda bisa menyaksikan matahari terbit yang sangat indah, disela-sela kabut dan pepohonan hijau. Kami jamin, hasil foto Anda akan jauh lebih dramatis, layaknya fotografi landcape di Afrika.

taman-nasional-baluran image via https://hello-pet.com

Tempat terbaik yang bisa Anda jadikan spot untuk melihat matahari terbit atau sunris adalah pantai bama. Di sekitar pantai ini merupakan kawasan konservasi dan hutan magrove, yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Selain itu, Anda juga bisa berkeliling Taman Nasional Baluran ini dengan menggunakan perahu yang telah disewakan di pesisir pantai, dengan berlayar ke laut yang lebih dalam lagi, maka Anda bisa melakukan snorkeling sembari menikmati keanekaragaman biota laut.

Itulah tadi eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran yang bisa kami informasikan, semoga bisa menginspirasi liburan Anda.