Danau Toba adalah danau tekto-vulkanik yang menyajikan pemandangan luar biasa indah dan mempesona. Danau Toba berukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, terletak di Provinsi Sumatera Utara dan merupakan danau terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

Terdapat banyak obyek wisata di sekitar Danau Toba yang sangat menarik untuk dikunjungi, baik karena keindahan pemandangan alamnya, maupun karena kebudayaannya yang unik.


sumber : https://tourtoba.com

Danau dengan luas lebih dari 1.130 kilometer persegi ini konon mulai terbentuk sejak 75 ribu tahun yang lalu akibat letusan gunung api super volcano yang begitu dahsyat.

Wisata Danau Toba

Seakan tak ada habisnya bila kita membahas tentang wisata Danau Toba. Banyak obyek wisata Danau Toba yang selalu menjadi incaran wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Pemandangannya yang indah dihiasi kawasan perbukitan yang hijau, berpadu dengan jernihnya air danau yang memukau, tentu membuat banyak wisatawan betah berlama-lama berwisata di Danau Toba.

Bahkan, tidak jarang wisatawan yang kemudian memilih untuk tinggal lebih lama di Danau Toba menjadi relawan yang turut melestarikan lingkungan dan kebudayaan yang ada di sekitar kawasan Wisata Danau Toba ini.

Danau Toba menawarkan begitu banyak obyek wisata yang bisa kita sambangi. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami sampaikan beberapa lokasi wisata Danau Toba yang menarik untuk dikunjungi.

Parapat

Salah satu tempat wisata di Danau Toba yang pemandangannya sangat indah terletak di Parapat. Pemandangan alam yang memukau siap ditampilkan untuk Anda di tempat ini.

Dalam perjalanan menuju ke Parapat, Anda juga akan berjumpa dengan sekumpulan monyet yang berkeliaran mencari makan. Lokasi wisata Danau Toba – Parapat sendiri berada di Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Jaraknya dari kota Medan sekitar 4-5 jam perjalanan berkendara.

Pulau Samosir

Banyak keunikan yang bisa kita temui di pulau yang letaknya di tengah Danau Toba ini. Pulau Samosir, atau sekarang menjadi Kabupaten Samosir merupakan pemekaran dari Kab. Toba Samosir.

Wisata Danau Toba di Pulau Samosir ini menawarkan beragam keunikan, banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Mulai dari wisata alam dengan pemandangannya yang menawan, hingga adat istiadatnya yang unik dan menarik.

Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai Lumban Silintong merupakan salah satu obyek wisata Danau Toba yang lokasinya berada di Kec Balige, Kab Toba Samosir, Prov Sumatera Utara.

Danau Toba yang begitu luas, membuatnya lebih mirip lautan ketimbang sebuah danau. Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba yang luas itu dari bibir pantai di Lumban Silintong.

Pulau Sibandang

Ternyata, di Danau Toba tidak hanya terdapat Pulau Samosir saja, tapi ada juga pulau lainnya yang bernama Sibandang. Pulau ini berada di tengah Danau Toba dan berlokasi tepatnya di wilayah Kec Muara, Kab Tapanuli Utara.

Pulau Sibandang dihuni oleh sekitar seribu kepala keluarga. Selain menyajikan pemandangan alam Danau Toba yang indah, di pulau ini juga terkenal dengan buah mangganya yang manis.

Saat musim panen mangga, wisatawan bisa berbelanja buah mangga yang enak dan manis dengan harga yang murah meriah.

Bakara

Bakara merupakan wisata Danau Toba yang berlokasi di Kec Baktiraja, Kab Humbang Hasundutan. Tempat ini adalah obyek wisata Danau Toba yang terkenal dengan tempat pemancingan ikannya dan sajian pemandangan alamnya yang indah.

Tongging

Tongging merupakan nama sebuah desa di kawasan wisata Danau Toba. Lokasi tepatnya berada di Kec Merek, Kab Karo, Provinsi Sumatera Utara. Dari Desa Tongging, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan Danau Toba yang eksotis dari atas bukit.

Ambarita

Ambarita merupakan lokasi wisata Danau Toba dengan adat istiadatnya yang sangat kental. Di Ambarita, Anda bisa menyusuri perkampungan dengan bangunan-bangunan tradisional yang unik.

Cerita menyeramkan tentang kanibalisme di zaman dahulu sempat merebak di daerah ini. Namun seiring berkembangnya peradaban banyak misionaris Kristen yang mulai berdatangan dan mengenalkan ajaran agama sehingga budaya kanibalisme kini sudah tidak ada lagi di daerah ini.

Simanindo

Simanindo adalah wisata Danau Toba yang terletak di Pulau Samosir, tepatnya di Dusun Huta Bolon. Di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan eksotisme kebudayaan Batak, mulai dari rumah adat suku Batak, penampilan Tari Tortor, dan barang-barang tradisional peninggalan para tetua suku Batak.

Pusuk Buhit

Keindahan pemandangan wisata Danau Toba salah satunya dapat Anda nikmati di tempat ini. Pusuk Buhit adalah daerah perbukitan yang letaknya berada di Pulau Samosir. Panorama alam Danau Toba yang begitu mengagumkan dapat Anda saksikan di Pusuk Buhit.

Tempat ini juga memiliki nilai budaya dan sejarah yang begitu kental, dimana menurut masyarakat sekitar, Pusuk Buhit menjadi tempat bersejarah asal mula orang Batak yang disebut dengan Mula Jadinabolon.

Tomok

Wisata Danau Toba selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Tomok. Di tempat ini Anda akan menyaksikan salah satu kesenian tradisional masyarakat Batak yang cukup terkenal bernama sigale-gale.

Sigale-gale adalah boneka yang dapat menari-nari dengan digerakkan oleh seseorang di belakangnya. Boneka tersebut terbuat dari bahan kayu yang diberi miniatur pakaian adat Batak.

Selain itu, di Tomok juga terdapat museum Raja Sidabutar yang di dalamnya terdapat makam tua terbuat dari batu pahatan yang unik.

Tuktuk

Tuktuk terletak di lokasi yang dapat kita jumpai pertama kali saat menyeberang ke Pulau Samosir dari Parapat. Pemandangan Danau Toba yang sangat indah dapat Anda nikmati dari tempat ini. Adat istiadat masyarakatnya pun masih sangat kental.

Beragam souvenir dan aksesoris khas Batak dapat Anda beli di sekitar tempat ini, mulai dari kain ulos, ukiran patung, hiasan dinding, hingga berbagai macam alat musik tradisional khas Batak seperti taganing, hasapi, dan seruling Batak. Tuktuk merupakan lokasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin membeli aneka oleh-oleh khas Batak.

Panguruan

Panguruan menjadi destinasi wisata Danau Toba berikutnya yang bisa Anda jadikan rujukan. Panguruan adalah salah satu kecamatan yang terletak di Pulau Samosir, Kab Samosir, Prov Sumatera Utara.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berenang bersama keluarga. Pemandangan yang disajikannya pun begitu mengagumkan sehingga Anda dapat menikmati wisata air dan pemandangan alam yang indah di satu tempat sekaligus.

Di Panguruan juga terdapat pemandian air panas alami yang akan menghangatkan tubuh Anda dari suhu udara yang cukup dingin di Pulau Samosir.

Danau Sidihomi

Ada danau di atas danau? Beneran tuh? Danau Sidihomi merupakan danau yang cukup spektakuler. Letaknya berada di Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir.

Danau Sidihomi memiliki air yang dapat berubah warna. Konon, perubahan warna di danau ini sering dikaitkan dengan kejadian-kejadian luar biasa yang tengah terjadi di Negara kita.

Danau Aek Natorang

Ternyata masih ada danau lainnya yang berada di Pulau Samosir. Danau Aek Natorang adalah salah satu danau yang lokasinya berada di Kecamatan Simanindo.

Sama seperti Danau Sidihomi, Danau Aek Natorang adalah danau yang letaknya di atas danau. Pemandangan alam di tempat ini sungguh indah dan mempesona.

Aek Sipitu Dai

Keunikan dari tempat wisata Danau Toba di Aek Sipitu Dai ini adalah keberadaan 7 pancuran air dari sumber air yang sama namun memiliki rasa yang berbeda-beda. Air yang keluar dari pancuran tersebut, konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Lokasi Aek Sipitu Dai berada di Kec Sianjur. Rute menuju ke tempat ini yang paling dekat dan mudah adalah melalui Panguruan Samosir.

Kampung Siallagan

Kampung Siallagan merupakan saksi sejarah dari kokohnya kerajaan Raja Laga Siallagan pada zaman dahulu. Di tempat ini Anda dapat menjumpai banyak bangunan rumah adat batak yang di sekelilingnya terdapat pagar terbuat dari batu-batuan dan bambu.

Di Kampung Siallagan terdapat tempat yang disebut sebagai Batu Persidangan yang merupakan lokasi untuk mengadili seseorang yang telah berbuat suatu kejahatan.

Desa Suhi Suhi

Di wisata Danau Toba Desa Suhi Suhi, wisatawan akan menjumpai perkampungan batak dengan adat istiadat yang masih kental. Di sini banyak terdapat bangunan rumah adat suku Batak yang menarik. Relief bangunannya pun sangat khas, dihiasi dengan gorga atau ukiran-ukiran bernilai seni tinggi.

Sebagian besar wanita di tempat ini berprofesi sebagai perajin Ulos. Rajutan kain Ulos-nya sangat baik dan rapi karena masih dibuat menggunakan peralatan tradisional.

Berbagai macam motif kain Ulos bisa Anda jumpai di sini. Harga jualnya pun tak main-main, bahkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah. Namun, ada pula yang seharga ratusan ribu rupiah. Harganya cukup bervariasi, tergantung bahan yang digunakan dan tingkat kerumitan dalam pembuatan.

Rumah Pengasingan Mantan Presiden RI Soekarno

Dari rumah yang memiliki nilai sejarah ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan pemandangan Danau Toba yang indah dan luas. Pemandangan tersebut dapat terlihat secara lepas dari atas bangunan Rumah Pengasingan Mantan Presiden Soekarno yang berada di sekitar kawasan wisata Danau Toba.

Lokasi Danau Toba

Ada sekitar 7 Kabupaten di Sumatera Utara yang mengelilingi lokasi Danau Toba yang merupakan danau terluas dan terdalam se-Asia Tenggara. Tujuh kabupaten tersebut antara lain Simalungun, Toba Samosir (Tobasa), Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir

Itulah mengapa lokasi Danau Toba dapat diakses dari berbagai arah. Keindahan pemandangannya pun dapat dilihat dari berbagai tempat dan sudut pandang.

Keragaman budaya masyarakat di sekitar lokasi Danau Toba menjadikannya semakin istimewa sebagai wisata alam dan budaya yang ada Sumatera Utara.

Di lokasi Danau Toba juga terdapat sebuah pulau cukup besar yaitu Pulau Samosir yang sekarang telah dilakukan pemekaran menjadi Kabupaten Samosir.

Danau Toba menjadi salah satu danau alam terbesar yang terbentuk akibat letusan supervulkan zaman purba sehingga banyak hal menakjubkan yang bisa kita saksikan di lokasi tersebut.

Keindahan Danau Toba

Pemandangan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk dan menyegarkan, serta keunikan budayanya yang mengagumkan, rasanya tidak ada tempat yang begitu istimewa di dunia selain Danau Toba.

Foto:[email protected]_situmorang92

Danau raksasa yang berada di ketinggian 900 meter dari atas permukaan laut ini dikelilingi oleh pegunungan yang ditengahnya terdapat pulau bernama Samosir dengan luas yang sebanding dengan negara Singapura.

Dibandingkan danau pada umumnya, Danau Toba memang lebih mirip seperti lautan. Danau Toba bahkan menjadi danau terluas di Asia Tenggara dan terluas kedua di dunia setelah Danau Victoria yang ada di benua Afrika.

Sementara kedalaman Danau Toba sendiri hampir mencapai 450 meter, dan disebut-sebut sebagai danau terdalam di dunia.

Wisata Danau Toba menyajikan banyak sekali keindahan yang tak akan bosan oleh mata. Wisata paling populer terletak di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Bahkan, di tengahnya Pulau Samosir juga masih terdapat danau lagi dengan pemandangan yang sangat indah.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa kita lakukan di sekitar Danau Toba, mulai dari mendaki gunung, berenang, berendam di pemandian air panas, berlayar mengelilingi Danau Toba, hingga menyaksikan keragaman dan keunikan wisata budaya yang ada di sekitarnya.

Sejarah Danau Toba

Para ilmuwan memperkirakan terbentuknya Danau Toba mulai terjadi sekitar 73.000 sampai 75.000 tahun yang lalu. Sebuah letusan gunung api purba supervolcano mengakibatkan dampak cekungan yang sangat luas di permukaan bumi.

Menurut para peneliti dari Michigan Technological University bernama Bill Rose dan Craig Chesner, jumlah total material yang dimuntahkan oleh letusan supervolcano tersebut diperkirakan sebanyak 2.800 kilometer kubik.

Sebagian besar yaitu sekitar 2000 km kubik berupa material Ignimbrit yang mengalir di atas tanah. Sebagian kecil lainnya sekitar 800 km kubik berupa abu vulkanik yang jatuh ke wilayah barat dari lokasi Danau Toba.

Dampak letusan berupa aliran piroklastik dari letusan memusnahkan area seluas 20.000 kilometer persegi, dengan deposito abu setebal 600 meter dari kawah utama. Kejadian ini juga mengakibatkan kematian massal dan kepunahan dari sejumlah spesies mahluk hidup.

Setelah letusan supervolcano tersebut, kemudian terbentuk kaldera yang terus terisi oleh air hingga menjadi sebuah danau yang kita kenal sekarang ini sebagai Danau Toba.

Sementara itu, tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar dari supervolcano membentuk sebuah pulau di tengah danau yang sekarang kita kenal sebagai Pulau Samosir.

Diungkapkan oleh tim peneliti dari Oxford University bahwa letusan supervolcano gunung Toba telah mengakibatkan dampak yang sangat luas, penyebaran debu hasil erupsinya hampir ditemukan di seluruh dunia bahkan hingga Kutub Utara.

Para peneliti bahkan sulit membayangkan bagaimana dahsyatnya letusan supervolcano Gunung Toba pada saat itu.

Kisah Danau Toba

Beberapa mitos dan cerita rakyat banyak mengisahkan bagaimana terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir. Salah satu yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar Danau Toba adalah kisah seorang pemuda yang bernama Toba.

Toba adalah pemuda yang menikahi seorang gadis jelmaan dari seekor ikan emas bernama Nauli, kemudian dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai seorang anak bersama Samosir.

Oleh karena Toba melanggar janjinya kepada Nauli, hujan deras melanda daerah tempat tinggal Toba tanpa henti hingga menenggelamkannya bersama desa tempat tinggal Toba.

Nauli kembali berubah menjadi ikan, namun anaknya yang bernama Samosir selamat karena sebelum air menenggelamkan desa, Ia telah disuruh oleh ibunya untuk naik ke atas bukit yang tinggi.

Daratan yang tenggelam membentuk sebuah danau yang sangat besar, sementara bukit tempat Samosir berada menjadi sebuah pulau yang berada di tengah danau tersebut. Begitulah asal-usul kisah Danau Toba yang berkembang dalam tradisi masyarakat sekitar Danau Toba.

Pulau di Tengah Danau Toba

Samosir merupakan pulau di tengah Danau Toba yang menurut penelitian terbentuk akibat tekanan magma dari perut bumi yang tak bisa keluar sejak letusan supervolcano Gunung Toba ribuan tahun silam.

Di Pulau Samosir banyak terdapat tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya wisata alam dengan pemandangannya yang indah, tapi juga wisata budaya di mana Anda akan menjumpai bangunan-bangunan rumah adat masyarakat Batak Toba serta beragam jejak masa lampau yang unik dan bersejarah.

Danau Toba Hotel

Bagi Anda yang ingin berwisata dan menginap di Danau Toba hotel, berikut ini kami berikan rekomendasi sejumlah hotel dengan fasilitas yang nyaman tapi dengan tarif menginap yang relatif terjangkau.

Hotel Sedayu

Beralamat di Jalan Sisingamangaraja No 171 A, Parapat. Menawarkan pelayanan superior dengan sejumlah fasilitas yang akan menunjang kenyamanan para tamu hotel. Tarif menginap mulai dari Rp 130 ribuan per malam.

Melissa Palace

Beralamat di Jalan Nelson Purba No 28, Tigaraja, Parapat, Sumatera Utara. Banyak fasilitas yang akan menunjang kenyamanan para tamu. Tarif menginap mulai dari Rp 170 ribuan per malam.

Lekjon Cottage

Beralamat di Jalan Lingkar Tuktuk Siadong, Samosir Timur, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi para tamu. Tarif menginap mulai dari Rp 190 ribuan per malam.

Carolina Hotel

Beralamat di Jalan Lingkar Tuktuk, Tuktuk Siadong, Simanindo, Sumatera Utara. Menawarkan 60 kamar dengan desain yang indah serta berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para tamu. Tarif menginap di tempat ini mulai dari Rp 185 ribuan per malam.

Anju Cottage

Beralamat di Jalan Lingkar Tuk-Tuk, Samosir Barat. Hotel ini menyediakan pelayanan dan fasilitas terbaik namun dengan harga terjangkau. Tarif menginap di tempat ini mulai dari Rp 188 ribuan per malam.

Samosir Cottages

Beralamat di Jalan Lingkar Tuk Tuk, Samosir Barat, Kabupaten Samosir. Dilengkapi fasilitas wi-fi gratis, kolam renang, pemancingan, dan bilyard. Tarif menginap di tempa ini mulai dari Rp 206 ribuan per malam.

Pandu Lakeside Parapat Hotel

Beralamat di Jl TPR Sinaga No 12, Simalungun, Parapat. Menyediakan sejumlah hiburan tambahan seperti kolam renang, dan olahraga air. Tarif menginap di tempat ini mulai dari Rp 217 ribuan per malam.

Tuk Tuk Timbul Bungalows

Beralamat di Jl Lingkar Tuktuk, Samosir Timur, Kabupaten Samosir. Hotel murah yang berada di Pulau Samosir ini menawarkan beberapa fasilitas terbaik untuk memuaskan semua tamu. Tarif menginap di tempat ini mulai dari Rp 235 ribuan per malam.

Hotel Rosse

Beralamat di Jalan Kolam Renang, Berastagi. Fasilitas super dan lokasi yang istimewa akan membuat Anda betah berwisata di Danau Toba. Tarif menginap di tempat ini mulai dari Rp 247 ribuan per malam.

Rindu Alam Resort

Beralamat di Jalan Jenderal Jamin Gintings KM 56,4, Ds Semangan Gunung, Berastagi, Kabupaten Karo. Menawarkan fasilitas unggulan yang akan memuaskan para tamu. Tarif menginap di tempat ini mulai dari Rp 270 ribuan per malam.

Paket Wisata Danau Toba

Ada begitu banyak agen perjalanan yang menawarkan beragam paket wisata Danau Toba, dari yang murah, sampai yang paling mahal. Sebagai tambahan informasi untuk Anda, kami akan sampaikan beberapa paket wisata Danau Toba yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi waktu liburan.

Paket Wisata Danau Toba 6 Hari 5 Malam

Harga paket wisata Danau Toba untuk 6 hari 5 malam ini berkisar Rp 2,5 juta – Rp 4,1 juta. Program tour yang didapat wisatawan, antara lain:

  • Hari pertama: KNO Airport, Siantar, dan Parapat.
  • Hari kedua: Parapat, Samosir tour, dan kembali ke Parapat.
  • Hari ketiga: Samosir, Simarjarunjung, Taman Simalem Resort, dan Berastagi tour.
  • Hari keempat: Berastagi, dan Medan City tour.
  • Hari kelima: Medan city tour, dan shopping.
  • Hari keenam: Hotel, belanja oleh-oleh, dan transfer airport.

Layanan yang termasuk dalam paket wisata ini di antaranya kamar hotel, makan, transportasi full AC, driver merangkap guide, ferry penyeberangan, tiket masuk berbagai objek wisata Danau Toba, parkir kendaraan, dan air mineral.

Paket Wisata Danau Toba 5 Hari 4 Malam

Harga paket wisata ini berkisar Rp 1,8 juta hingga Rp 3,2 juta. Program tour yang akan didapat wisatawan antara lain:

  • Hari pertama: KNO Airport, Siantar, dan Parapat Danau Toba.
  • Hari kedua: Parapat, Samosir tour, Simarjarunjung, dan Berastagi.
  • Hari ketiga: Berastagi, dan Medan city tour.
  • Hari keempat: Medan full day tour, dan shopping.
  • Hari kelima: Hotel, belanja oleh-oleh, dan transfer airport.

Layanan yang termasuk dalam paket ini di antaranya menginap di hotel, makan, transportasi full AC, ferry penyeberangan, driver merangkap guide, tiket masuk ke obyek wisata, parkir kendaraan, dan air mineral.

Paket wisata Danau Toba 4 Hari 3 Malam

Harga paket wisata ini mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,6 juta per orang. Program paket wisata yang akan didapatkan wisatawan antara lain:

  • Hari pertama: Penjemputan di airport, Siantar, dan Parapat.
  • Hari kedua: Parapat, Samosir, dan Berastagi.
  • Hari ketiga: Berastagi, dan Medan City Tour.
  • Hari keempat: Hotel, belanja oleh-oleh, dan transfer airport.

Layanan yang termasuk dalam paket ini antara lain hotel, makan, transportasi full AC, pemandu wisata, ferry charter, driver, tiket masuk ke obyek wisata, parkir kendaraan, dan air mineral.

Paket Wisata Danau Toba 3 Hari 2 Malam

Harga paket wisata ini mulai dari Rp 1,2 juta sampai dengan Rp 1,9 juta. Program yang akan didapatkan wisatawan, antara lain:

  • Hari pertama: KNO Airport, Siantar, dan Parapat.
  • Hari kedua: Parapat, Samosir, Simarjarunjung, Berastagi, dan Medan City Tour.
  • Hari ketiga: Medan City Tour, Belanja oleh-oleh, dan transfer airport.

Layanan yang termasuk dalam paket wisata ini di antaranya menginap di hotel, makan sesuai program, transportasi full AC, driver merangkap guide, ferry penyeberangan, tiket masuk obyek wisata, parkir kendaraan, dan air mineral.

Paket Wisata Danau Toba 2 Hari 1 Malam

Harga paket wisata ini mulai dari Rp 830 ribu hingga Rp 1,5 juta. Program tour yang akan didapatkan antara lain:

  • Hari pertama: Hotel, Berastagi tour, Simarjarunjung, dan Parapat.
  • Hari kedua: Parapat, Samosir tour, Siantar, dan Medan.

Layanan yang sudah termasuk dalam paket tour ini antara lain hotel, makan, transportasi full AC, Ferry penyeberangan, pemandu wisata, ferry charter, driver, tiket masuk obyek wisata, parkir kendaraan, dan air mineral.

Foto Danau Toba

Rasanya, tidak ada tempat lain yang begitu istimewa layaknya di Danau Toba ini. Nah, sudah siap berlibur ke Danau Toba? Tunggu apalagi, segera pesan tiket ke agen perjalanan favorit Anda!