Curug Nangka – Bogor memang memiliki banyak tempat wisata air terjun yang indah dan patut dikunjungi. Salah satunya adalah Curug Nangka, wisata alam air terjun yang satu ini masih asri dan sejuk karena dikelilingi hutan yang lebat.

Siapkan diri Anda untuk berpetualang ke Curug Nangka karena medan yang akan dilewati cukup menantang.


Letaknya yang berada di area pegunungan dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah akan membuat perjalanan Anda serasa makin nikmat.

Lokasi Curug Nangka

Bagi Anda yang tertarik berwisata ke Curug Nangka, alamatnya berada di Ds Warung Loa, Kec Tamansari, Kab Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Tempat ini aksesnya mudah dijangkau, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk menuju ke Curug Nangka.

Misteri Curug Nangka

Ketika Anda berkunjung ke Curug Nangka, pastikan melihat batu yang menyerupai kepala anjing. Konon, menurut legenda batu tersebut adalah jelmaan Tumang, ayahnya Sangkuriang yang dikutuk menjadi anjing. Boleh percaya, boleh tidak karena cerita itu memang berdasarkan mitos dan legenda.

Menyusuri area wisata Curug Nangka dengan berjalan kaki memiliki tantangan tersendiri. Hati-hati saat berjalan sehabis hujan agar langkah Anda tidak terpeleset.

Menurut sang juru kunci Curug Nangka, barang siapa yang melewati area tersebut tanpa jatuh atau terpeleset menandakan bahwa orang itu memiliki kecintaan terhadap lingkungan. Dan semestinya alam lingkungan akan ramah pula terhadapnya. Itulah mitos lain di Curug Nangka.

Bila Anda berada di lokasi wisata Curug Nangka Bogor ini, disarankan agar jangan melamun dan pikiran tidak kosong. Pasalnya, dikabarkan cukup banyak pengunjung yang datang pernah mengalami kerasukan secara mendadak.

Bagian sebagian orang yang tinggal di sekitar Curug Nangka masih menganggapnya sebagai tempat keramat. Bahkan, kadang kala masih digunakan untuk ritual dan bersemedi.

Asal mula penamaan Curug Nangka karena dulunya ada sebuah pohon Nangka yang tumbuh di dekat situ. Pohon nangka itu memiliki buah yang sangat besar dan misterius. Itulah mengapa air terjun ini kemudian dinamakan Curug Nangka.

Peta Curug Nangka

Curug Nangka berjarak sekitar 67 kilometer dari Jakarta. Waktu tempuhnya dari Jakarta diperkirakan 1 jam 37 menit. Dengan titik koordinat Curug Nangka, Ciapus, Bogor dalam peta berada di -6.668341,106.726557.

Rute Curug Nangka

Rute menuju Curug Nangka dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jalannya sudah beraspal dan cukup bagus meski agak sempit. Namun semua kendaraan bisa melalui jalan tersebut.

Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, dari arah pusat Kota Bogor jaraknya tidak begitu jauh, waktu tempuh perjalanannya sekitar 30 menit.

Namun, Anda hanya bisa naik kendaraan hingga di pintu gerbang saja. Untuk menuju ke lokasi memang hanya dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki. Jarak menuju ke lokasi air terjun dari pintu gerbang sekitar 1,5 kilometer.

Bila Anda menggunakan kendaraan umum, naiklah angkot jurusan Ramayana – Ciapus dari Bogor Trade Mall. Jaraknya diperkirakan 25 kilometer dengan lama waktu perjalanan sekitar 45 menit.

Anda bisa turun di pertigaan dekat pintu masuk ke Curug Nangka. Kemudian ambil jalan ke kiri menuju pintu masuk, jaraknya sekitar 1 kilometer. Bila Anda ingin lebih cepat sampai bisa naik ojeg yang biasanya mangkal di dekat pertigaan tadi.

Sesampainya di pintu masuk wisata Curug Nangka, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Medan yang harus dilalui bisa dibilang cukup menantang dan menguras tenaga.

Ada keseruan tersendiri saat Anda berjalan kaki menuju lokasi sambil menikmati keindahan pemandangan alam sekitar, sesekali Anda akan berjumpa dengan monyet-monyet yang melintas dari atas pohon.

Udara yang sejuk dengan kualitas yang segar pastinya tidak akan membuat perjalanan Anda begitu melelahkan. Tidak terasa tahu-tahu sudah sampai di lokasi. Medan mendaki yang dikelilingi tebing dan pepohonan rindang pastinya akan sangat menantang bagi Anda yang berjiwa petualang.

Harga Tiket Masuk ke Curug Nangka

Bagi Anda yang merasa tertarik untuk berwisata ke Curug Nangka,

Silahkan datang dan merasakan sendiri berbagai keseruan wisata alam yang menantang di tempat ini.Harga tiket masuk ke Curug Nangka sangat terjangkau lho, yaitu hanya senilai Rp 15 ribu Anda sudah dapat menikmati petualangan yang seru di tempat ini.

Nah, selamat menikmati wisata air terjun di Curug Nangka, semoga Anda terkesan dengan pemandangan dan petualangan yang disajikan tempat ini.