Curug Malela – Bicara soal tempat wisata di Bandung memang seakan tidak ada habisnya untuk terus dijelajahi.

Curug Malela merupakan salah satu tempat wisata air terjun di Bandung yang menyajikan keindahan panorama alam yang mempesona.


Dengan tinggi sekitar 60 meter dan lebar 70 meter, Curug Malela memiliki 5 titik air terjun yang indah. Bahkan, curug ini disebut-sebut sebagai Niagara mini asal Indonesia.

Curug Malela sekarang ini tengah menjadi tempat wisata alam yang cukup favorit di Bandung. Keindahan alam yang disajikan begitu menggoda sehingga tempat wisata ini kian ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun dari luar daerah Bandung untuk mengisi waktu liburan mereka.

Lokasi Curug Malela

Lokasi Curug Malela terletak di Ds Cicadas, Kec Rongga – Gununghalu, Kab Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Hulu sungai yang mengalir ke Curug Malela berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, dan mengalir melalui Sunga Cidadap – Gununghalu.

Misteri Curug Malela

Ada sejumlah mitos dan misteri yang berkembang terkait keberadaan Curug Malela. Letaknya yang terisolir dan jauh dari pemukiman terkesan misterius dan disebut pula sebagai ‘surga yang tersembunyi’.

Bahkan, tidak jarang pula masyarakat sekitar yang belum tahu keberadaan dari tempat wisata Curug Malela ini. Jadi, bila ingin tahu dan berkunjung ke Curug Malela, sebaiknya bertanyalah pada tukang ojeg.

Sunyinya suasana di sekitar air terjun, menimbulkan kesan mistis di tempat ini. Apalagi setelah ditemukannya orang yang tenggelam di tempat ini. Tentu menambah kesan misteri dan angker di sekitar Curug Malela.

Rute Curug Malela

Lokasi Curug Malela memang agak jauh dari pusat Kota Bandung. Alamat lengkap Curug Malela berada di Kampung Manglid, Ds Cicadas, Kec Rongga, Kab Bandung, Jawa Barat.

Meski lokasinya agak jauh, namun Anda tidak akan bosan menyaksikan keindahan yang disajikan oleh air terjun yang berjulul ‘Niagara Mini’ ini.Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Malela, bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Rute bagi Ada yang menggunakan kendaraan pribadi ialah dari Cimahi ke Batujajar, dilanjutkan ke Cihampelas, Cililin, Sindang Kerta, Gunung Halu, lalu masuk ke daerah Buni Jaya, dan Anda akan segera tiba ke lokasi Curug Malela.

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik bila ingin menuju ke Curug Malela karena kondisi jalan menanjak, berbatu, dan cenderung licin. Sampai di Gerbang menuju Curug Malela, warga sekitar akan menyarankan Anda untuk memarkirkan kendaraan di dekat perkebunan teh.

Dari gerbang Curug Malela Anda masih harus berjalan kaki menuju lokasi atau menyewa ojeg dengan tarif sekitar Rp 50 ribu pulang-pergi. Bila ingin berjalan kaki juga bisa, tapi jaraknya masih cukup jauh dan kondisi jalan juga cukup licin dan terjal.

Sedangkan rute bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, ialah dimulai dari terminal Leuwipanjang. Naik angkutan kota (angkot) jurusan Cililin.

Sampai di Cililin lanjutkan dengan bus 3/4 jurusan Gunung Halu – Buni Jaya. Nah, setelah sampai di terminal Buni Jaya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyewa ojeg.

Harga Tiket Masuk Curug Malela

Tiba di pintu masuk Curug Malela, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu per orang. Dari pintu masuk Anda bisa berjalan kaki menuju ke lokasi air terjun.

Jaraknya memang agak jauh, sekitar 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Tentunya lama waktu tempuh dan jarak yang agak jauh tidak akan terasa bila kita berjalan sambil menikmati suasana alam serta udara yang segar dan sejuk di tempat ini.

Dari kejauhan Curug Malela sudah terlihat dan tampak begitu spesial. Semakin melihatnya dari dekat, Anda akan takjub dengan keindahan dan kemegahan dari Curug Malela. Air yang mengalir cukup deras, sebaiknya jangan berenang di sini bila Anda tidak ingin hanyut terbawa arus sungai.

Selain biaya retribusi atau tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya parkir dengan tarif Rp 2 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.Dari pintu masuk sudah dibangun jalan setapak dan petunjuk arah yang rapi sehingga pengunjung tidak akan tersesat saat menuju ke lokasi Niagara Mini.