Curug Luhur – Wisata Curug Luhur Bogor terletak di Ds Gunung Malang, Ciomas, Bogor. Curug ini masih termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun – Salak.

Di sekitar kawasan wisata Curug Luhur terdapat sebuah kolam renang yang cukup luas. Ada kolam yang untuk dewasa dan ada juga kolam yang khusus untuk anak-anak.Kolam renang ini disediakan oleh pihak pengelola untuk para pengunjung yang ingin menikmati renang di kolam air pegunungan yang sejuk dan menyegarkan.


Curug Luhur memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan kedalaman kolam sekitar 7 meter. Mulanya kolam memiliki kedalaman 15 meter, tapi demi keamanan pengunjung dasar kolam ditimbun dengan berton-ton material, sehingga jarak kedalamannya berkurang menjadi 7 meter.

curug luhur image by https://sibokpranoto.wordpress.com

Di Curug Luhur Anda juga akan menjumpai air terjun yang ukurannya lebih kecil di sebelah kiri curug utama. Air terjun kecil ini merupakan buatan penduduk sekitar Curug Luhur sebagai spot tambahan bagi para wisatawan yang datang ke sini.

Lokasi Curug Luhur

Curug Luhur adalah air terjun yang letaknya berada di kaki Gunung Salak. Lokasi Curug Luhur tepatnya berada di Desa Ciapus, Kec Ciomas, Kab Bogor.

Jaraknya sekitar 24 km dari pusat kota Bogor dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Bila dilihat menggunakan GPS, lokasi Curug Luhur berada di koordinat 6 39’ 38.59 s 106 42’ 21.71’ e.

Wisata ke Curug Luhur bisa menjadi pilihan tepat di akhir pekan bagi Anda yang ingin melepas penat dan galau setelah beraktivitas di hari-hari kerja.

Rute Menuju ke Curug Luhur

Rute menuju ke Curug Luhur lebih mudah bila menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor ataupun mobil. Bagi wisatawan yang datang dari arah Jakarta, dapat menuju ke Curug Luhur melalui 2 rute jalur.

Rute pertama melalui Kebun Raya, Empang, Cikaret, dan sampai Ciapus. Sedangkan rute kedua dapat melalui Jalan Soleh Iskandar, Jalan Ciomas, Laladon, Simpang Pagelaran lalu belokan kanan, lurus terus sampai tiba di Curug Luhur.

Jarak kedua rute tersebut hampir sama. Hanya saja pada rute kedua kondisi kendaraan tidaklah terlalu padat karena melalui jalur alternatif lewat jalan perkampungan.

Selanjutnya, bagi backpacker yang ingin menuju ke Curug Luhur menggunakan kendaraan umum bisa naik dari depan Bogor Trade Mall atau Museum Zoologi. Angkutan umum (angkot) No 03, dengan trayek Ramayana – Ciapus.

Akan tetapi, angkot hanya sampai di perempatan Ciapus dan jaraknya dari lokasi Curug Luhur masih sekitar 7 kilometer lagi. Sayangnya, tidak ada angkutan umum untuk terus menuju ke Curug Luhur.Namun, bila kondisi angkot banyak wisatawan yang ingin ke Curug Luhur, supir akan melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi wisata, tentunya penumpang harus membayar ongkos tambahan.

Perjalanan ke Curug Luhur menggunakan kendaraan pribadi memang lebih nyaman dan mudah. Tetapi Anda juga harus berhati-hati karena medan yang dilalui sedikit sulit, jalurnya agak sempit dengan banyak tikungan, tanjakan, dan turunan.

Tidak usah ngebut, santai saja sambil menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan tentunya akan lebih aman dan menyenangkan. Jalur Ciapus ini memiliki pemandangan yang eksotis dengan hiasan bukit-bukit yang membiru, sungai-sungai yang jernih, dan hamparan padi yang luas.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur

Harga tiket masuk bagi pengunjung yang datang ke Taman Wisata Curug Luhur sebesar Rp 40 ribu per orang, ditambah biaya parkir Rp 8 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 20 ribu untuk mobil.

Banyak yang mengatakan kalau Taman Wisata Curug Luhur sekarang ini sudah tidak seperti dulu. Tidak lagi mengandalkan keindahan alam dan pesona air terjun yang alami. Di kawasan ini sekarang sudah dibangun ‘waterpark’ yang tersedia berbagai macam kolam buatan untuk segala usia.

Air pada kolam renang berasal dari aliran air yang sama dengan air terjunnya, sehingga terasa sejuk dan segar. Sementara air terjun alaminya sendiri sudah dipagari dan pengunjung tidak diperbolehkan bermain air di dalam kolam alami di bawah curug dengan alasan keamanan.

Uniknya, meskipun hujan deras mengguyur Ciapus, air yang berasal dari Curug akan tetap jernih tidak keruh sedikit pun. Namun, sayangnya keindahan alami dari wisata Curug Luhur telah tergantikan dengan banyaknya bangunan yang berdiri di sini.

Meskipun demikian wisata Curug Luhur tetap menjadi referensi tempat wisata di Bogor yang layak untuk dikunjungi.