Curug Leuwi Hejo  – merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan air terjun dan panorama alam yang asri dan mempesona.Meskipun di Bogor banyak terdapat wisata air terjun yang terkenal, namun pesona Curug Leuwi Hejo tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Musibah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu sempat membuat Curug Leuwi Hejo ditutup untuk umum. Namun, sekarang objek wisata ini telah dibuka kembali untuk umum dan beberapa fasilitas juga telah ditambahkan oleh pihak pengelola untuk memanjakan para pengunjung.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Wisata air terjun Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Ds Karang Tengah, Kec Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

curug leuwi hejo image by http://distromurahku.com

Curug Leuwi Hejo lebih dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Curug Bengkok. Curug ini tidak tergolong besar, di bawahnya hanya ada sebuah kolam kecil berwarna hijau yang airnya sangat jernih dan dingin hingga menusuk tulang.

Dari Curug Leuwi Hejo inilah asal muasal aliran sungai Cileungsi. Air terjun dengan kolam yang jernih ini tengah populer di kalangan pecinta wisata alam dan menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit yang ada di Bogor.

Misteri Curug Leuwi Hejo

Beberapa kejadian aneh pernah terjadi di Curug Leuwi Hejo sehingga memunculkan banyak cerita misteri di tempat ini, mulai dari ditemukan mayat pemuda depresi, musibah tanah longsor, hingga batu besar yang tiba-tiba menimpa pengunjung dan membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit.

Namun, dari semua kisah misteri yang beredar mengenai Curug Leuwi Hejo, hal yang pasti bahwa keindahan pemandangan alam yang tersaji di tempat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan para pecinta alam.

Curug Leuwi Hejo dan Little Green Canyon

Tidak jauh dari Curug Leuwi Hejo terdapat sebuah lokasi wisata yang hampir mirip dengan Green Canyon. Tempat wisata tersebut bernama Leuwi Liyet.

Lokasinya berada tidak jauh atau di atas Leuwi Hejo dan Curug Barong. Bila Curug Leuwi Hejo berada di spot paling bawah, Curug Barong di tengah, maka Leuwi Liyet terletak di spot paling atas dengan jalur perjalanan yang berbeda.

Wisata di sekitar wilayah Sentul yang hampir mirip dengan Green Canyon tersebut terdapat tebing yang tidak terlalu tinggi dan berbentuk huruf U. Di bawahnya mengalir air yang warnanya hijau toska tetapi sangat jernih.

Anda juga akan menjumpai aliran air seperti air terjun mini di sisi kanan tebing dengan hiasan pepohonan yang tumbuh secara alami di sekitar tebing.

Medan untuk menuju ke Leuwi Liyet sangat menantang. Dibutuhkan tenaga ekstra dan keberanian untuk mencapai lokasi tersebut. Pasalnya, trekking yang harus dilalui berupa jalan yang sedikit menanjak dengan tekstur yang agak licin.

Jalan Menuju Leuwi Hejo Naik Motor

Rute menuju ke Curug Leuwi Hejo dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Bagi wisatawan yang datang dari arah Jakarta, bisa lewat Tol Jagorawi dan keluar di Tol Sentul City.

Kemudian belok kiri ke arah Sentul City. Jika Anda sudah melewati Giant Department Store, belok ke arah rainbow hills golf dan polsek babakan madang. Ikuti terus jalan tersebut sampai tiba di pertigaan, ambil arah kanan.

Lurus terus hingga tiba di pertigaan karang tengah – gunung pancar, ambil arah ke kiri dan ikuti jalan tersebut, dari situ lokasi Curug Leuwi Hejo sudah dekat. Terdapat papan nama Curug Leuwi Hejo di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Bagi pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan di wisata Curug Leuwi Hejo diharuskan membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Harga tiketnya sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 15 ribu per orang. Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan juga dikenakan biaya parkir senilai Rp 8 ribu per kendaraan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk liburan akhir pekan ke Curug Leuwi Hejo? Tentunya dengan harga tiket masuk yang murah, lokasi yang mudah dijangkau, dan keindahan alam air terjun yang eksotis, Curug Leuwi Hejo bisa menjadi referensi tujuan wisata yang menarik bagi para pecinta alam.

Silahkan datang ke Curug Leuwi Hejo. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan sore hari pukul 17.00 WIB.