Curug Cikaso – Satu lagi wisata air terjun di Jawa Barat yang patut dikunjungi, tepatnya berada di Kabupaten Sukabumi ada tempat menarik bernama Curug Cikaso.

Air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug Luhur ini memiliki 3 titik curahan air, dengan masing-masing titik diberi nama Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.


Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 m dan lebar 100 m. Curug ini bermuara ke Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. Tersaji pemandangan alam yang indah dari curahan tiga air terjun yang terletak di pepohonan hijau yang rimbun dan asri ini.

Air terjun ini tercurah hingga ke bawah kolam yang berwarna biru kehijauan, menampilkan tempias dan kabut air yang segar dan menyejukkan.

Ketika debit air sedang banyak, curug ini akan terlihat semakin indah karena curahan air yang lebih deras dan suara gemuruh yang lebih dahsyat.

Anda juga dapat berenang di sekitar kolam Curug Cikaso, namun tetap harus hati-hati karena kedalaman kolam mencapai sekitar 15 meter, dan terdapat pusaran air di bawah kolam yang cukup kuat.

Sebelum memutuskan untuk berenang, Anda bisa bertanya dulu kepada penjaga curug bagian mana saja yang aman untuk berenang bagi pengunjung.

Mitos Curug Cikaso

Banyak tempat wisata di Indonesia yang memang masih memiliki cerita mistis dan legenda di dalamnya, begitu juga dengan Curug Cikaso. Konon, curug ini memiliki ‘penunggu’ yang bersemayam di tiga titik curah air terjun di Curug Cikaso.

Menurut legenda, masing-masing penunggu tersebut antara lain Nyi Blorong di Curug Aseupan, Eyang Santang di Curug Meong, dan Prabu Siliwangi di Curug Aki.

Oleh karena itu, Anda sebagai pengunjung Curug Cikaso harus selalu berhati-hati, terutama bila ingin berenang di sini. Mintalah pendapat dari penjaga curug bila ingin berenang untuk mengantisipasi dari kejadian yang tidak diinginkan.

Banyak pengunjung yang telah melihat sejumlah penampakan di tempat ini. Selalu waspada dan hati-hati saat berwisata ke Curug Cikaso Sukabumi, dan ikuti setiap himbauan maupun peringatan dari para penjaga di sini.

Alamat Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso merupakan objek wisata air terjun yang beralamat di Kampung Ciniti, Ds Cibitung, Kec Surade, Kab Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Lokasinya berjarak sekitar 8 km dari Surade, 15 km dari Jampang Kulon, 32 km dari Ujung Genteng, 70 km dari Pelabuhan Ratu, dan 110 km dari kota Sukabumi.

Rute ke Curug Cikaso

Rute ke wisata air terjun Curug Cikaso cukup mudah diakses. Jika Anda dari arah kota Sukabumi, maka jalurnya searah menuju Pantai Ujung genteng. Dengan rute Sukabumi – Jampang Kulon – Surade – sampai ke Jalan Cikaso.

Di Jalan Cikaso, kondisi jalan menuju air terjun memang agak sulit. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik, karena akan melewati tanjakan dan turunan curam, serta tikungan tajam. Beberapa ruas jalan juga masih ada yang rusak, sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat perjalanan menuju ke Curug Cikaso.

Bila Anda backpacker dan ingin naik angkutan umum, bisa menggunakan bus dari Bandung atau Sukabumi dengan tujuan kota Surade. Sampai di kota Surade, naik lagi angkutan umum tujuan Cikaso dengan tarif berkisar Rp 6 ribu – Rp 10 ribu.

Selanjutnya turun di Jalan Raya Cikaso, persisnya di simpang tiga menuju curug. Dari pertigaan ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati area persawahan dan ladang dengan jarak tempuh sekitar 2 km.

Setibanya di lokasi parkir khusus wisatawan, Anda masih harus menempuh jarak 1 kilometer untuk sampai ke lokasi air terjun.Anda bisa berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar, atau naik perahu menyusuri jalur sungai dengan tarif sewa Rp 60 ribu per perahu (kapasitas 10 orang).

Bila ingin menyewa pemandu, ada biaya tambahan yang harus dibayar, yaitu sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu seharian.

Tiket Masuk Curug Cikaso

Berapa harga tiket masuk ke objek wisata Curug Cikaso? Pengunjung yang hendak masuk ke kawasan wisata Curug Cikaso diharuskan membayar retribusi atau tiket masuk seharga Rp 3 ribu di tambah biaya kebersihan Rp 2 ribu per orang.

Sedangkan bila Anda datang bersama rombongan menggunakan mobil, tarifnya dihitung per mobil sebesar Rp 27 ribu ditambah uang parkir Rp 6 ribu.