Curug Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul – Selama ini kita mengenal Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta sebagai salah satu daerah gugusan bukit kapur yang tandus dan gersang. Tak ada yang salah akan persepsi tersebut pada daerah yang satu ini.

Namun, justru di daerah Gunungkidul tersebut terdapat kurang lebih 15 pantai yang begitu indah dan menawan, obyek wisata goa yang unik dan indah, hingga pemandangan alam air terjun yang menyejukan mata.


Air terjun sri gethuk image via http://yogyatrip.com

Gunungkidul memang masih banyak menyimpan potensi alam indah berupa aliran sungai yang membelah tebing-tebing tinggi disana. Salah satu wisata air terjunnya adalah air terjun curug sri gethuk. Ya, air terjun ini juga terkenal unik karena meamng aliran airnya tak mengenal musim, baik itu musim hujan atau musim kemarau panjang, air tetap mengalir tanpa henti ke air terjun ini.

Air terjun Curug Sri Gethuk Gunungkidul sendiri merupakan keunikan alam yang memang sayang untuk anda lewatkan, terlebih lagi saat anda berkunjung ke kota Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi, anda cukup menaiki kendaraan kemudian melewati hutan kayu putih milik perhutani didaerah itu.

Terdapat juga sebuah area pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, dan untuk sampai ke air terjun anda perlu melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Terdapat dua pilihan jalur yang bisa anda lalui, jalur pertama adalah menyusuri jalan setapak dan disepanjang perjalanan, anda akan disuguhi hamparan pesawahan milik warga sekitar.
Sedangkan jalur kedua bisa dibilang cukup ekstrim, anda perlu melewati sungai Oya yang memiliki arus cukup deras menggunakan rakit sederhana yang terbuat dari papan serta drum bekas.

Perjalanan ke tempat wisata air terjun Sri Gethuk Gunungkidul sendiri akan begitu menyenangkan kalau dilakukan saat pagi hari, ditambah lagi jika anda memilih untuk melaluli sungai Oya. Saat pagi hari, arus sungai oya tidak begitu deras dan cenderung tenang, jadi perjalanan akan terasa nyaman sambil menikmati hangatnya terpaan mentari pagi.

Saat melewati sepanjang aliran sungai, terlihat belukar serta perdu yang sangat hijau berada ditengah kokohnya tebing tinggi yang melindunginya di kedua sisinya. Suara rakit yang membelah kejernihan air, seolah-olah berkombinasi dengan suara alam yang sangat menenangkan jiwa.

Alamat Air Terjun Curug Sri Gethuk: Bleberan Playen, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta atau anda bisa mencarinya lewar GPS dengan Koordinat : -7.945841,110.487665

Rute Menuju Air Terjun Curug Sri Gethuk Gunungkidul

Jika memulai perjalanan dari kota Yogyakarta, anda bisa mengambil arah menuju Wonosari. Anda bisa mengikuti terus jalan Jogja-Wonosari hingga menjumpai pertigaan Gading. Dipertigaan itu, ada papan penunjuk arah dan ikuti terus jalan sesuai petunjuk untuk sampai didaerah Playen.

Didaerah Playen tersebut, ada banyak petunjuk arah ke lokasi Curug Sri Gethuk Gunungkidul dan obyek wisata lain yang bisa anda kunjungi. Anda baiknya anda mengambil arah melewati ajalan aspal walau jaraknya akan lebih jauh ketimbang anda melalui jalur off-road. Jalur off-road tersebut wajib anda hindari, menyusul kondisinya yang cukup buruk atau cenderung jalanan berbatu.