Cara Hemat Baterai Saat Travelling – Mungkin saja bagi sebagian orang, namanya ponsel atau handphone bagai nyawa yang kedua. Sehari-hari sudah terbiasa asyik dengan ponsel, pastinya begitu pun saat Anda travelling. Tidak hanya dipakai untuk berfoto, ponsel ini juga dapat Anda manfaatkan ketika mencari arah dengan cara memanfaatkan aplikasi peta digital.

Akan tetapi, kira-kira apa jadinya bila baterai ponsel Anda low batt ketika travelling? Ngecharge pastinya akan sangat susah sekali sebab travelling umumnya dihabiskan seharian penuh di luar ruangan. Nah, supaya Anda bisa terhindar dari masalah, berikut ini ada beberapa cara menghemat baterai saat travelling.

sumber :https://jalantikus.com

Cara hemat baterai saat travelling

Non aktifkan beberapa fitur

Supaya baterai ponsel atau handphone Anda lebih hemat lagi, sepertinya ada beberapa fitur yang harus di non aktifkan tanpa mengganggu kinerja ponsel Anda. Matikan juga wifi sebab tidak semua daerah memiliki jaringan wifi, apalagi bila Anda travelling ke pantai atau pun gunung. Selain hal itu, non aktifkan juga fitur location service dan juga bluetooth dan buatlah ponsel Anda dalam keadaan silent.

Pakai ponsel seperlunya saja

Cara utama supaya baterai ponsel Anda lebih hemat pastinya dengan meminimalisir penggunaannya. Kurangi penggunaan ponsel Anda untuk hal yang memang tidak perlu, contohnya saja mendengar musik, atau pun bermain games. Bila rasa bosan melanda pada saat di perjalanan, silakan atasi dengan berbincang bersama teman travelling Anda. Bagi solo traveler, Anda juga dapat menghibur diri dengan cara menikmati indahnya pemandangan sekitar, membaca novel, atau pun beristirahat supaya tubuh jadi lebih bugar saat travelling dimulai.

Manfaatkan peta

Hari gini liburan tanpa pemandu wisata bukan menjadi masalah. Anda dapat memanfaatkan aplikasi peta digital pada ponsel Anda untuk mencari arah tempat tujuan wisata yang akan Anda tuju, semudah sentuhan jari, akan tetapi pastinya aplikasi tersebut akan menghabiskan banyak daya baterai. Untuk itulah Anda bisa memanfaatkan peta konvensional dan bertanya pada penduduk kolak ketika Anda kesulitan mencari alamat.

Mengganti model 3G ke 2G

Salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan baterai ponsel Anda agar tetap hemat adalah mengubah jaringan 3G jadi 2G. Meskipun koneksi internet jaringan 2G tersebut lebih lambat, akan tetapi energi baterai yang dipakai jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan jaringan 3G.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara yang jauh lebih ekstrem yakni dengan mengaktifkan fitur airplane mode, sehingga ponsel Anda tidak bisa melakukan kontak apa saja yang menggunakan data selular. Bedanya dengan ponsel yang sudah dimatikan, Anda di sini masih dapat menggunakan ponsel Anda untuk berfoto, kalkulator, atau apa saja fitur yang tidak menggunakan data selular.
Itulah cara hemat baterai saat travelling yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat.