Bukti Sejarah dan Berkah di Objek Wisata Pantai Sundak Yogyakarta – Objek wisata pantai sundak yang ada di Yogyakarta ini ternyata tidak hanya memiliki pemandangan alam yang sangat megasyikkan, akan tetapi juga menyimpan cerita. Nama sundak sendiri ternyata mengalami evolusi yang bukti-buktinya dapat dilacak secara geologis.
Agar Anda tahu bagamana sih evolusinya, maka Anda mesti tahu dulu kondisi pinggiran pantai sundak dulu dan kini. Pada bagian pinggi barat pantai saat Anda berkunjung terdapat sebuah masjid dan juga ruangan kososng yang sekarang telah dimanfaatkan sebagai tempat parkir.
Sementara itu di sebelah timurnya lagi, terdapat gua yang terbentuk dari bebatuan karang dengan ketinggian kurang lebih 12 meter. Jika Anda memasuki gua ini, akan dijumpai sebuah sumur alami tempat warga mendapatkan air tawar.
Fenomena alam unik di pantai sundak Yogyakarta
Terdapat fenomena alam yang cukup unik yang ada di pantai sundak Yogyakarta ini, sehingga menjadi titik tolah penamaan pantai tersebut. Apabila musim hujan tiba, maka akan ada banyak air dari daratan yang mengalir menuju lautan, sehingga akibatnya daratan yang ada di sebelah timur pantai membelah sampai membentuk bentikan seperti sungai.
Air yang mengali ini bagaikan membelah pasir. Fenomena alami inilah yang menjadi penyebab nama pantai menjadi wedibedah. Perubahan namanya berlangsung hingga beberapa puluh tahun kemudian, sekitar tahun 1976 silam ada sebuah kejadian menarik, yang mana di suatu siang ada seekor anjing sedang berlarian di daerah pantai serta memasuki gua karang dengan bertemu seeokor landak laut.
Karena lapar, sih anjing tersebut bermanksud untuk memakan landak laut itu, akan tetapi sih landak menghindarinya. Sehingga terjadilah sebuah perkelahian yang pada akhirnya dimenangkan sih anjing. Perbuatan sih anjing ini telah diketahui pemiliknya, yang bernama Arjasangku, sejak itulah nama pantai wedibedah telah berubah menjadi sundak, singkatan dari asu (anjing) dan landak.
Tidak disangka-sangka jika perkelahia itu membawa berkah bagi penduduk setempat, setelah lama kekurangan air, akhirnya penduduk bisa menemukan mata air. Awalnya sih pemilik anjing juga terheran-heran sebab anjingnya keluar gua dengan basah kuyup. Hipotesanya di gua tersebut terdapat mata air dan anjingnya setempat tercebur saat mengejar landak.
Selain menawarkan saksi bisu sejarahnya, pantai sundak juga menawarkan suasana malam yang sangat menyenangkan, Anda dapat menikmati angin malam serta bulan sembari memesan ikan mentah untuk dibakar ramai-ramai bersama keluarga maupun sahabat Anda.
Demikianlah tadi beberapa hal yang dapat kami informasikan untuk Anda tentang bukti sejarah dan berkah di objek wisata pantai sundak Yogyakarta, semoga bermanfaat.