Kenapa Dinamakan Bukit Cinta?

Di namakan Bukit Cinta, karena dulunya konon ada yang berkunjung ke Bromo  dan menemukan jodoh di tempat tersebut. Setelah keduanya menikah, pasangan tersebut akhirnya kembali mengunjungi tempat yang dulu pernah mempertemukan keduanya dan memberi nama tempat tersebut dengan nama “Bukit Cinta”.

View yang ditawarkan di Bukit yang satu ini sama elegannya dengan view yang ditawarkan oleh Bukit Pananjakan, meski Bukit Cinta memiliki ketinggian yang lebih rendah dibanding Bukit Pananjakan namun kamu masih dapat menikmati keindahan sunrise dengan background gunung-Gunung eksotis, seperti Gunung bromo, Gunung Semeru dan Gunung Batok.

Selain itu, kamu juga bisa menimkati keindahan lanskap kaldera Bromo atau samudera pasir, Gunung semeru serta pemandangan kota Probolinggo dan Pasuruan.

Nah, Buat kamu yang suka selfie, di Bukit Cinta ada sejumlah titik yang rokemended untuk kamu ajak selfie, salah satunya yaitu spot selfie patung legenda Roro Anteng dan Joko Seger.

Mitos Bukit Cinta Bromo

Bukit Cinta menurut mitos yang beredar yaitu merupakan tempat bertemunya sepasang kekasih yaitu Joko Seger dan Roro Anteng. Mereka berdua disebut sebagai asal muasal atau moyang terbentuknya suku Tengger di kawasan Gunung Bromo.

Mitos lainnya dari Bukit Cinta yaitu jika kita memikirkan seseorang yang kamu cintai saat memulai pendakian menuju Bukit Cinta  maka kamu dan seseorang yang sedang kamu pikirkan tersebut bisa berjodoh alias bisa menjadi sepasang kekasih.

Jalur Lokasi Bukit Cinta Bromo

Bukit Cinta Bromo Tengger terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Ds. Wonokitri, Kec. Tosari, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 48,9 km dari pusat kota Pasuruan.

Jarak dari Pananjakan menuju Bukit Cinta kurang lebih 5 km. Untuk sampai puncak bukit Cinta, kamu bisa memanfaatkan jasa sewa jeep, tarifnya sekitar Rp250.000.

Jadi, buat kamu yang tidak ingin berlelah-lelah dalam perjalanan menuju puncak Bukit Cinta, kamu bisa memanfaatkan jasa sewa jeep ini.

Klik angka “3” berikutnya di bawah ini untuk melihat spot cantik yang tidak kalah menariknya yaitu Bukit Kingkong Bromo. 🙂