Bukit Cinta  Ambarawa – adalah salah satu spot wisata yang terletak tak jauh dari kawasan danau Rawa Pening. Spot yang satu ini menyajikan view alam sekitar yang sungguh elegan, bahkan spot wisata ini selama dua dekade pernah menjadi destinasi wisata unggulan. Namun, beberapa tahun belakangan ini jumlah pengunjung obyek wisata Bukit Cinta kian menueun.

Hal tersebut disebabkan, salah satunya yaitu karena kawasan wisata Bukit Cinta kurang terawat. Sejak saat menurunnya jumlah pengunjung, pengelola setempat berusaha untuk terus memperbaiki hal-hal yang berikaitan dengan Bukit Cinta Ambarawa, salah satunya dengan menambah spot-spot menarik untuk para wisatawan yang berkunjung.


Sejarah  Bukit Cinta Ambara Semarang

Bukit Cinta ini dulunya merupakan sebuah tempat yang dimanfaatkan oleh Pemerintahan Belanda di masa penjajahan sebagai Gardu Pantau Pertumbuhan tanaman  Enceng Gondog di kawasan Rawa Pening. Awal tujuan dibangunanya tempat ini yaitu untuk mengendalikan pertumbuhan tanaman enceng gondog.

bukit cinta ambarawa image by http://asianblognews.blogspot.co.id

Tahun 1975, pemerintah kabupaten Ungaran (Semarang) mengubah Gardu Pantau Pertumbuhan Enceng Gondog tersebut menjadi Spot Gardu Pandang di  Rawa Pening. Tahun 1983, tempat tersebut mulai populer dikalangan masyarakat luas dan resmi berganti nama  “Bukit Cinta”. Dinamakan Bukit Cinta karena tempat tersebut karap dimanfaatkan oleh pemuda-pemudi sebagai tempat untuk memadu kasih.

Mitos Bukit Cinta Ambarawa Semarang

Mitos Rawa Pening yang menjadi pemandangan indah di Bukit Cinta berawal dari Legenda Baru Klinting yang merupakan putra dari jelmaan ular naga. Pada suatu ketika dia mencabut lidi yang membuat bekas cabutannya tersebut memunculkan sebuah sumber mata air hingga membanjiri dan menenggelamkan sebuah pedesaaan yang kini kita kenal dengan nama Rawa Pening.

Sementara mitos patung seekor ular raksasa yang berada di kawasan Bukit Cinta yaitu karena konon katanya dulu ada seekor ular yang menanti Ibunya untuk diakui sebagai anak hingga badan ular tersebut melingkari sebuah gunung. Namun, ternyata takdir berkata lain,  dia malah mati terbunuh dengan cara dipotong.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Cinta

Bukit Cinta terletak tak jauh di kawasan danau Rawa Pening, tepatnya di Salatiga-Ambarawa, Ds. Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis dan kondisi jalannya pun juga sangat baik sehingga mudah diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja, pada beberapa titik masih terdapat sejumlah lubang dan tentunya hal tersebut cukup menganggu para wisatawan yang akan berkunjung ke Bukit Cinta. Sementara untuk papan petunjuk arah sudah tersedia di beberapa titik untuk membantu para wisatawan  yang kan berkunjung ke lokasi Bukit Cinta.

Untuk sampai lokasi, ada dua rute yang bisa kamu pilih jika kamu menemupuh perjalanan dari pusat kota Semarang. Pertama, melalui Jl. Tol Ungaran-Bawen dengan jarak tempuh sekitar 47,9 km atau memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 1 menit dari pusat kota Semarang. Kedua, melalui jl. Semarang-Surakarta/Jl. Semarang-Yogyakarta dan Jl. Tol Ungaran-Bawen dengan jarak tempuh sekitar 46, 2 km atau memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 17 menit. Sementara bila kamu berasal dari Kota Salatiga, jarak yang kamu tempuh sekitar 10 km atau memakan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan untuk sampai lokasi Bukit Cinta.

Fasilitas yang Bisa Kamu Nikmati Di Bukit Cinta

Beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di kawasan Bukit Cinta yaitu spot selfie, pemandangan indah danau Rawa Pening, area parkir yang luas, toilet dan tempat ibadah. Nah, disekeliling area parkir, kamu akan menjumpai deretan kios yang menjajakan berbagai macam kerajinan khas ambarawa, seperti: makanan dan minuman.

Kerajinan yang paling populer yaitu kerajinan yang berbahan dasar enceng gondog mulai dari vas hiasan dinding, bunga, tas, tempat tisu, kursi dan kerajian-kerajinan menarik lainnya. Selain itu, kamu juga akan menjumpai warung makan yang menyajikan masakan air tawar. Kalau kamu kesini, jangan lupa beli oleh-oleh khas Bukit Cinta Rawa Pening dan jangan lupa icip-icipin makanan khasnya.

Demikianlah informasi mengenai Bukit Cinta Ambarawa Semarang. Semoga informasi ini bermanfaat. Oh iya, jangan lupa membawa kamera dan pastikan kamera yang kamu bawa sudah full batrai. Oke deh, selamat jalan-jalan. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar.