Budaya Lombok Sebagai Teman Wisata Anda Di Lombok – Setelah sekian lama hadir dengan pesona gili dan pantainya yang menjadi daya tarik utama kemudian disusul dengan Gunung Rinjani selanjutnya dan juga air terjun – air terjun Lombok, kini Lombok kembali muncul ke permukaan dengan informasi desa wisatanya.
Setidaknya ada tiga desa wisata yang saat ini menjadi salah satu warisan wisata Lombok yang masih dilestarikan dan semakin diperbarui tentang keunikan didalamnya. Salah satu yang menjadi ciri khas keunikan yang bisa Anda dapatkan tentang desa wisata Lombok adalah soal budayanya. Budaya sasak dan budaya khas daerah Lombok yang sejak dulu dipelihara akan bisa Anda temukan di desa wisata Lombok tersebut. Inilah yang juga menjadi alasan banyak wisatawan mancanegara yang ingin tahu soal budaya khas Lombok yang masih lestari berwisata ke desa wisata Lombok. Tentang budaya khas tersebut, informasi di bawah ini bisa Anda simak 
Budaya Lombok Di Desa Wisata Lombok
Budaya male’an sampi
Kalau Anda ingin tahu budaya ini yang seperti apa, budaya Male’an Sampi ini merupakan suatu budaya khas Lombok seperti halnya balapan sapi. Atraksi ini biasanya diselenggarakan setelah panen dan juga menjelang waktu tanam padi yang berikutnya. Dan kemudian hal ini merupakan sebuah apresiasi dan juga rasa syukur petani atas kesuksesan panen mereka.
Dan budaya yang satu ini juga dilaksanakan di lapangan tanah sawah yang datar dan panjang kurang lebih sekitar 100 meter dengan kondisi yang terbenam dengan air. Kegiatan male’an sampi sendiri selalu menjadi salah satu aktivitas budaya khas Lombok yang sampai saat ini sangat digemari oleh orang – orang di Lombok. Biasanya para petani dan juga para peternak menjadi penyelenggara dari kegiatan budaya yang ditonton banyak orang dan turis ini.
Budaya gendang beleq
Budaya yang satu ini merupakan budaya yang bersifat tradisional dalam bentuk seni kreatif yang memadukan antara unsur musik dan tarian tradisional yang menggunakan sarana alat musik pentatonik tradisional Lombok berupa gendang besar dengan dipadukan seperangkat alat musik pukul. Budaya yang satu ini pada awalnya juga merupakan suatu jenis ritual yang digunakan dalam mengantar semua prajurit yang akan pergi ke medan perang dan budaya asli Lombok ini sampai saat ini masih dilestarikan.
Budaya pawai ogoh – ogoh
Upacara yang satu ini merupakan suatu upacara yang dilaksanakan pada saat Tilem sasih kesanga sehari sebelum pelaksanaan hari raya Nyepi dilangsungkan. Dan di kabupaten Lombok Barat serta juga kota Mataram upacara Tawur kesanga dirangkaikan dengan menggunakan pawai ogoh – ogoh. Pawai ini merupakan suatu kreativitas umat Hindu yang berada di kawasan Bali dan juga Lombok. Banyak yang bilang kalau upacara ini sebenarnya dilakukan untuk dijadikan visualisasi buthaa uala.
Budaya presean
Budaya yang satu ini merupakan salah satu tradisi yang berkembang di Pulau Lombok dan menontonkan pertarungan diantara dua petarung yang saling menyerang sampai kemudian salah satu diantara para petarung meneteskan darah dari bagian tubuhnya dan kemudian dinyatakan bahwa dirinya mengalami kekalahan. Dan ketika pertarungan dilangsungkan, nantinya akan diberikan iring – iringan berupa musik gamelan yang punya suasana khas dengan dunia pertarungan.
Mungkin Anda ingin menonton budaya khas Lombok tersebut? Kalau iya dapat Anda langsung datang saja ke desa wisata Lombok. Selamat berlibur seru di Lombok dan semoga informasi diatas tentang Budaya Lombok Di Desa Wisata Lombok bermanfaat.