Lokasi dan Rute Brujul Adventure Park Kebumèn

Sejauh mata memandang terlihat jelas bentang alam yang eksotis pada saat kaki melangkah. Deretan batu yang besar yang termasuk situs batuan dasar laut akan kerap kita jumpai diantara lebatnya hutan pinus. Dan itulah yang disebut kawasan Taman Sejuta Batu. Pada saat ini salah satu wisata Kebumen yang terkenal adalah Brujul Adventur Park. Meskipun masih baru, akan tetapi Brujul sudah kaya dengan panorama alam. Terdapat beberapa titik batuan yang nantinya akan dikembangkan dengan menambahkan berbagai macam spot selfi yang begitu menantang.

Mendengar nama Brujul, tentunya pada pikiran kita masih tertuju pada karavan sapi yang ada di Probolinggo. Nama Brujul awalnya muncul gagasan masyarakat menggali potensi desa yang sebelumnya belum tergali. Salah satunya icon Gunung Brujul sepengetahuan orang adalah gunung Srandil atau Gunung gadung. Pada peta kontur lazim dikenal oleh para pendaki gunung lokasi Brujul Adventure Park 12 km dari pusat kota Kebumen, Jawa tengah. Sebuah destinasi wisata masyarakat yang sangat unik. Namun, kali ini masyarakat desa Peniron menggelar sebuah ritual Slametan dalam rangka memulai pemolesan pada kawasan Brujul Adventure Park. Slametan dilakukan dengan sederhana dengan acara makan dan doa bersama pada lokasi hutan Brujul. Semua ini dilakukan bertujuan agar pekerja dan pengelola diberikan keselamatan oleh Tuhan.

Brujul Adventure Park Kebumen

Brujul Adventure Park merupakan sebuah kawasan bentang alam yang begitu luar biasa, tetapi belum terdapat fasilitas apapun sebagai pelayanan obyek wisata di sana, ini berarti kondisinya masih bisa dikatakan nol. Ini adalah progam besar dengan modal keyakinan masyarakat jika potensi kawasan Brujul layak untuk dijadikan lokasi wisata alam yang begitu luar biasa. Banyak venue dan banyak terdapat situs yang dapat disulap sedemikian rupa. Terdapat ratusan batu besar-besar yang begitu unik dan juga indah yang tidak dipunyai oleh hutan lain, terdapat tiga lubang gua, ada juga sumur bergayung emas yang penuh penuh misteri. Selain itu ada situs tepak banteng, ada juga bukit pandang yang lapang, dan puncak Brujul yang menantang, terdapat juga beberapa curug dll.

Lokasi Brujul Adventure Park

Brujul Adventure Park letaknya berada di pedukuhan Klapasawit, desa Peniron, kecamatan Pejagoan, kabupaten Kebumen. Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dengan rimbunnya hutan pinus dengan bentang alam yang indah. Terdapat juga puluhan batuan besar. Antara lain adalah bernama Watu Tumpang, watu Pesujudan, watu Buaya dan berbagai batuan besar lainnya yang menambah keeksotisan hutan pinus bukit Brujul. Sejuknya udara pegunungan dengan suara khas serangga yang bernamaa gareng sejenis serangga hutan menemani perjalanan akan menambahkan sensasi rileks untuk anda yang mungkin jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Terdapat juga beberapa wahana menarik, diantaranya adalah sepeda gantung, seperti di wisata Lodge Maribaya, ada juga hammock, dan batu pandang untuk menikmati sejuknya Brujul Adventure Park dengan jajaran pegunungan berkabut dari kejauhan.

Rute Brujul Adventure Park

Rute yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi yaitu dari alun-alun Kebumen ke utara arah perempatan Mertakanda. Selanjutnya lurus ke arah Jembatan Tembana, pada arah barat jembatan terdapat pertigaan ke utara arah desa Peniron. Kemudian terus saja berkendara hingga SMP 2 Pejagoan. Sesudah itu anda menemui pertigaan dengan banner Brujul Adventure Park, ikutilah petunjuk yang sudah ada. Untuk mencapai Brujul Adventure Park anda harus melewati jalan setapak yang cukup curam, berhati-hatilah dan tetap utamakan keselamatan.

Add Comment