facebook_pixel

Bingung Memilih Kelas Kereta Api? Baca Tips Ini

Bagaimana penjelasannya dan apa perbedaan ketiga kelas yang dimaksud di atas? Yuk, simak ulasan berikut ini:

1.Harga tiket
Berbeda kelas maka berbeda pula harga yang ditetapkan untuk tiketnya. Harga kereta eksekutif antar kota jauh lebih mahal dibandingkan kereta ekonomi. Namun, kereta ekonomi memiliki harga yang tidak jauh berbeda dibandingkan kereta kelas bisnis. Jika kamu menginginkan biaya yang sangat murah untuk satu kali perjalanan, maka kamu bisa memilih kereta bisnis dan ekonomi. Namun, jika kamu tidak mempedulikan masalah harga, maka melakukan perjalanan dengan kereta eksekutif juga perlu kamu coba.

2. Fasilitas
Ketiga kelas kereta api ini memiliki fasilitas yang relatif sama. Meski begitu, beberapa fasilitas tidak bisa dirasakan oleh penumpang kereta kelas yang berbeda. Bahkan, tingkat kenyamanan antar kelas juga berbeda-beda.

Kereta kelas eksekutif memiliki fasilitas yang secara tidak langsung membuat para penumpangnya lebih nyaman ketimbang kereta kelas ekonomi atau bisnis. Jarak kursi yang lebih luas serta kualitas pendingin ruangan (AC) yang lebih baik bisa kamu temukan di kereta eksekutif. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan selimut dan bantal gratis tanpa harus menyewa di kereta kelas eksekutif.

3.Waktu perjalanan
Berbeda kelas maka berbeda pula waktu tempuh. Meski memiliki jarak tempuh yang sama, nyatanya ketiga kelas kereta ini memakan waktu tempuh yang bervariasi.

Kereta kelas eksekutif memiliki waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan dua kelas kereta lainnya. Kereta ini sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu seperti saat melakukan perjalanan dinas.

4.Stasiun
Berbeda kelas maka berbeda pula stasiun tempat sebuah kereta berada atau singgah. Meskipun umumnya berangkat dan singgah di stasiun-stasiun besar, ada kalanya kereta tidak berhenti di tempat yang sama.

Kereta kelas eksekutif umumnya berhenti pada stasiun-stasiun favorit dan cenderung besar. Sedangkan kereta kelas bisnis dan ekonomi akan berhenti di setiap stasiun yang dijumpai selama perjalanan menuju tempat tujuan. Itulah mengapa kereta eksekutif memiliki waktu tempuh yang relatif singkat dibandingkan dua kereta lainnya.

5.Tempat duduk
Meskipun memiliki fasilitas yang hampir serupa, tempat duduk di kereta berbeda-beda tergantung kelasnya. Jika kamu memilih kereta kelas eksekutif atau bisnis maka kamu akan menemukan kursi dengan posisi 2-2, sedangkan kereta ekonomi memiliki susunan tempat duduk 2-3 atau 3-3.

Tempat duduk di kelas kereta eksekutif dan bisnis cenderung lebih empuk dan nyaman dibandingkan kelas ekonomi. Jarak kaki antar tempat duduk dan jarak tempat duduk dengan lorong jarang juga lebih luas dibandingkan kereta ekonomi.

Itulah lima pembeda antar kelas kereta api. Setelah membaca ulasan tersebut di atas, yang manakah yang akan kamu gunakan untuk perjalanan wisata kamu kali ini?