Berikut Tempat Belanja Oleh-Oleh di Pulau Lombok – Memang benar sekali ya, jika traveling tanpa belanja oleh-oleh itu ibaratnya sayur tanpa garam. Rugi sekali kan, jalan-jalan ke tempat yang jauh hanya pulang membawa cerita dan juga setumpuk foto tanpa harus membeli oleh-oleh khasnya. Setiap daerah yang ada di Indonesia pastinya akan memiliki kerajinan tangan atau pun souvenir khas yang telah dijual sebagai oleh-oleh untuk wisatawan yang berkunjung. Nah, pada saat traveling bisa dijadikan kesempatan yang baik untuk membeli oleh-oleh khas tersebut sebagai salah satu media kenang-kenangan selain foto. Jika Anda berlibur ke Pulau Lombok berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat belanja oleh-oleh yang harus Anda sambangi.
Tempat belanja oleh-oleh di Lombok
Labuapi
Ada di sebuah desa Labuapi, Lombok barat akan mengajak kepada Anda semuanya untuk berkunjung ke kawasan sentra pembuatan ukiran kayu yang sangat beragam jenisnya. Yang mana di sepanjang jalan desa tersebut ada banyak sekali galeri seni dan juga toko-toko yang tengah memajang kerajinan ukir kayu yang berbentuk topeng, gitar, almari, dan juga bentuk lainnya. Dan yang paling mencolok adalah ukuran kayu di Labuapi ini yang merupakan corak tradisional Lombok yang sangat kental.
Baleka dan Loyok
Untuk Anda yang sedang mencari beragam kerajinan yang terbuat dari rotan dan juga bambu, Anda dapat berkunjung ke Baleka dan juga Loyok. Baleka memang cukup terkenal sebagai sentra kerajinan rotan yang ada di kecamatan Praya timur, yang mana di sinilah Anda dapat memilih beragam jenis kerajinan rotan, seperti tas, hiasan dinding, dan lain-lain. Sedangkan di Loyok juga tersedia beragam kerajinan serupa dengan bahan dasar bambu.
Dusun Sade
Dusun Sade ini merupakan desa wisata yang paling terkenal di Lombok. Yang mana di dalamnya tinggalah suku Sasak, ini suku asli Pulau Lombok. Tak hanya bisa melihat kehidupan tradisional suku Sasak, Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Lombok yang berupa pernak-pernik kerajinan tangan. Sebagian besar wanita di suku Sasak ini sangat pandai sekali menenun. Maka sebelum Anda pulang, bisa mampir terlebih dulu ke artshop yang ada di dusun Sade.
Desa Sukarara
Desa Sukarara ini hampir sama dengan dusun Sade yang juga jadi desa wisata yang mayoritas warganya pintar sekali dalam menenun kain. Di desa ini cukup terkenal sebagai sentar penghasil kain songket dengan kualitas tinggi yang terkenal hingga ke mancanegera. Desa Sukarara ini bisa Anda jumpai di kecamatan Jonggot, kabupaten Lombok tengah.
Demikianlah tadi sekilas informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda semuanya tentang tempat belanja oleh-oleh di Pulau Lombok. Semoga saja informasinya bisa bermanfaat dan menginspirasi.