Bendungan Wonorejo merupakan tempat wisata di Kabupaten Tulungagung yang menyajikan pemandangan indah sebuah waduk dan perbukitan.

Di Bendungan Wonorejo inilah Anda bisa menikmati sisi lain dari indahnya kawasan perbukitan di Kabupaten Tulungagung.

Bendungan Wonorejo juga menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia dengan luas permukaan air mencapai 3,85 juta meter persegi, dan sanggup menampung volume air hingga 6,05 juta meter kubik.

Lokasi Bendungan Wonorejo

Lokasi Bendungan Wonorejo terletak di Desa Wonorejo, Kec Pagerwojo, Kab Tulungagung, Prov Jawa Timur. Siapapun pasti akan takjub saat melihat besarnya Bendungan Wonorejo yang indah.

Di salah satu sisinya terdapat gunung batu besar yang bertuliskan “Bendungan Wonorejo”, dihiasi bukit-bukit hijau yang mengelilingi hamparan air nan luas menambah pesona eksotis pemandangan di tempat wisata Bendungan Wonorejo ini.

Bendungan Wonorejo Tulungagung mampu menampung volume timbunan air hingga mencapai 6,05 juta meter kubik dengan luas permukaan air maksimal sekitar 3,85 juta meter persegi.

Panjang Bendungan Wonorejo ini mencapai 545 meter, dan elevasi titik puncaknya setinggi 188 meter dengan ketinggian bendungan sekitar 100 meter.

Kapasitas bendungan yang luas, dihiasi kawasan perbukitan yang terdapat di sekelilingnya membuat pemandangan di sekitar area Bendungan Wonorejo semakin indah dan mempesona.

Rute Waduk Wonorejo Tulungagung

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke lokasi, rute Waduk Wonorejo Tulungagung sangat mudah dijangkau. Terletak di sebelah barat kota Tulungagung, Waduk Wonorejo berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan berkendara.

Waduk Wonorejo sudah lumayan terkenal di Tulungagung, Anda tidak akan kebingungan karena sebagian besar warga kota ini pasti tahu di mana lokasinya.

Selain itu juga tersedia banyak papan petunjuk arah di sepanjang jalan menuju ke Bendungan Wonorejo yang semakin memudahkan wisatawan untuk menuju ke lokasi.

Untuk menuju ke lokasi Bendungan Wonorejo, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil.

Kondisi jalannya cukup mulus, dan tidak terlalu banyak tanjakan curam sehingga dapat dilalui kendaraan jenis apapun. Tetapi untuk bus besar mungkin akan mengalami sedikit kesulitan karena lebar jalannya memang tidaklah terlalu besar.

Rute paling mudah menuju Waduk Wonorejo Tulungagung bila dari arah pusat kota ialah dengan melalui jalan yang mengarah ke Desa Wonorejo. Terus ikuti jalan yang mengarah ke Desa Wonorejo, hingga tiba di pintu masuk Waduk Wonorejo.

Selanjutnya lurus terus hingga bertemu SD, lalu belok ke kanan untuk menuju ke arah Waduk Wonorejo. Bila mengambil arah lurus, maka Anda akan menuju ke tempat wisata Ranu Kumbolo.

Rute menuju Waduk Wonorejo lebih disarankan bila Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor karena untuk sementara ini belum ada angkutan umum yang melintas di lokasi tersebut.

Jika Anda ingin naik kendaraan umum bisa turun di terminal bus Kecamatan Pagerwojo dan melanjutkan perjalanan ke lokasi Bendungan Wonorejo menggunakan ojek motor yang banyak tersedia sekitar terminal.

Sejarah Waduk Wonorejo Tulungagung

Waduk Wonorejo diresmikan oleh wakil presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001 silam. Bendungan ini tercatat menjadi salah satu paling besar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Di sekitar bendungan terdapat sebuah monumen untuk mengenang jasa para pekerja yang konon banyak meninggal saat menggali terowongan untuk Bendungan Wonorejo.

Waduk ini juga berfungsi untuk mencegah banjir yang dahulu kerap melanda Tulungagung dengan pengendalian untuk daerah seluas 1.479 hektar.

Selain itu Bendungan Wonorejo juga difungsikan untuk berbagai keperluan, antara lain:

  • Pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas hingga 6,5 Mega Watt
  • Irigasi pertanian untuk sawah penduduk seluas 1.200 hektar
  • Sumber air yang diolah kembali oleh PDAM
  • Sekaligus menjadi tempat wisata dengan pemandangan yang indah dan mempesona

Fasilitas Wisata Bendungan Wonorejo

Bendungan Wonorejo yang begitu besar dan luas menciptakan pemandangan sangat indah di sekitar area tersebut. Para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis sebuah waduk besar yang dikelilingi bukit-bukit hijau nan asri.

Bendungan Wonorejo telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang akan menunjang kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

Sejumlah fasilitas tersedia mulai dari area parkir kendaraan, tempat istirahat, toilet/kamar mandi, hotel dan penginapan hingga warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Itulah sejumlah informasi mengenai wisata Bendungan Wonorejo yang dapat Anda jadikan referensi sebelum berwisata ke tempat ini. Semoga liburan Anda menyenangkan!