Baturaden – Merupakan objek wisata alam pegunungan yang letaknya berada di bagian selatan Gunung Slamet. Kondisi udara di tempat ini sangat segar dan sejuk, apalagi bila malam tiba, udara bisa semakin bertambah dingin.

Lokasi wisata Baturaden menyajikan panorama alam yang indah.


Tak hanya itu, tempat ini juga lekat dengan legenda Lutung Kasarung. Seperti apa keasikan yang ditawarkan oleh objek wisata Baturaden ini? Simak ulasan kami berikut ini sampai selesai yah!

Lokasi Baturaden

Wisata Baturaden berlokasi di sebelah selatan Gunung Slamet, Kab Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ketinggiannya sekitar 640 meter dari atas permukaan laut. Jaraknya hanya sekitar 6 kilometer dari puncak Gunung Slamet.

Jarak dari kota Purwokerto sekitar 14 kilometer ke arah utara dengan waktu tempuh diperkirakan 28 menit dari pusat kota Purwokerto.

Bila kita melihat dip eta, titik koordinat Baturaden berada di -7.313205,109.229000.

Rute Baturaden

Rute menuju Baturaden dapat diakses dengan mudah. Wisatawan yang ingin menuju ke lokawisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum bagi para backpacker.

Bila Anda menggunakan transportasi umum, dapat menuju ke lokasi dengan naik angkutan kota dari terminal Purwokerto dengan trayek jurusan Baturaden. Langsung turun di terminal lokawisata Baturaden.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, jaraknya dari pusat kota Purwokerto sekitar 14 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 15 menit bila jalan dalam keadaan lancar atau tidak macet.Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya lebih berhati-hati saat melintas di jalan menuju lokawisata Baturaden.

Pasalnya, banyak jalan dengan kondisi menanjak yang tingkat kemiringannya mencapai 30 derajat. Hal ini tentu akan berbahaya bila Anda tidak terbiasa berkendara pada medan pegunungan seperti di tempat ini.

Bila Anda dari arah pusat kota Purwokerto, silahkan melaju lurus ke utara dengan rute yang dapat dilalui antara lain Taman Andhang Pangrenan, Kebondalem, Hotel Aston, dan Unsoed, terus lurus ke utara mengikuti 1 jalan hingga tiba di terminal atas Baturaden.

Taman Bunga Baturaden

Taman Bunga Baturaden atau yang lebih dikenal dengan Kebun Raya Baturaden letaknya masih di satu kawasan lokawisata Baturaden. Tepatnya ada di Desa Kemutuk Lor, Kec Baturaden, Kab Banyumas.

Tempat ini sudah berada di ketinggian 600-700 meter dari permukaan laut, sehingga udaranya memang terasa segar dan sejuk.

Posisi Taman Bunga Baturaden persis sebelum pintu masuk, belok kanan  ke arah lokawisata Wanawisata. Pengunjung yang ingin masuk diharuskan membayar tiket seharga Rp 10 ribu, dan parkir kendaraan Rp 3 ribu untuk sepeda motor.

Kebun Raya Baturaden adalah wisata edukasi yang menyajikan berbagai jenis tanaman mulai dari Liliana, Perdu, Rambat, Anggrek, dan masih banyak lagi jenis tanaman lainnya. Tempat wisata ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan LIPI dan Kementerian Kehutanan.

15 persen dari luas keseluruhan Kebun Raya, diberdayakan sebagai Taman Bunga Baturaden. Banyak bunga-bunga nan cantik bisa Anda temui di sini. Namun, sayangnya beberapa waktu lalu taman ini sempat rusak oleh ulah orang-orang yang ingin ber-foto selfie tepat di atas Taman Bunga.

Sekarang ini telah banyak wahana lain yang dibangun di Kebun Raya Baturaden mulai dari rumah pohon, hingga arena permainan anak.Di sebelah Kebun Raya terdapat jalan akses menuju lokasi wisata Pancuran 7 Baturaden yang sangat terkenal. Namun, jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 36 kilometer lagi.

Jarak yang jauh dikarenakan bila Anda melewati jalan ini, akan langsung sampai di Pancuran 7 tanpa harus melewati Pancuran 1,2,3,4,5, dan 6 secara berurutan. Apakah Anda ingin mencobanya?

Pancuran Tujuh Baturaden

Baturaden Pancuran 7 atau Pancuran Pitu merupakan spot wisata yang sangat terkenal di Baturaden. Di tempat ini terdapat sumber air panas alami dengan pipa saluran yang berjumlah tujuh buah. Itulah sebabnya area ini dinamakan Pancuran Pitu (tujuh).

Banyak orang yang meyakini kalau air panas alami di Pancuran Pitu memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, bahkan juga penyakit dalam.

Caranya, Anda cukup mandi atau berendam di lokasi air panas tersebut, maka penyakit Anda akan sembuh secara berangsur. Kembali lagi pada keyakinan masing-masing, Anda boleh percaya boleh tidak. Tapi bila Anda penasaran, bisa langsung datang dan mencobanya sendiri!

Tiket Masuk Baturaden

Bagi Anda yang ingin menikmati serunya berwisata ke kawasan Baturaden, harga tiket masuk yang ditawarkan senilai Rp 14 ribu per orang. Belum termasuk tiket ke Wahana Theater Alam seharga Rp 5 ribu, dan Pancuran Telu seharga Rp 10 ribu.

Sejumlah fasilitas telah disediakan bagi pengunjung, antara lain sepeda air, air mancur, kolam air hangat belerang, kolam renang dan seluncuran, flying fox, dan masih banyak lagi.

Jam buka wisata Baturaden Purwokerto dimulai pukul 6 pagi, dan tutup pada pukul 5 sore.Anda tidak perlu khawatir kemalaman saat berada di lokasi, karena banyak terdapat penginapan dan hotel dengan harga menginap yang bervariasi.

Spot Wisata Terbaik di Baturaden

Meskipun kawasannya jauh dari keramaian kota, namun disana menyimpan banyak sekali spot wisata menarik yang wajib di kunjungi seperti wisata alam, curug, dan lainnya. Berikut ini beberapa spot wisata terbaik baturaden yang bisa anda kunjungi saat berlibur kesana.

Baturraden Adventure forest

harga paket outbound baturaden, tarif baturraden adventure forest, tiket masuk baturraden adventure forest, wisata outbound di purwokerto
Baturaden forest

Berpetualang merupakan hal yang menarik dan menantang. Di tempat ini, kita bisa merasakan bagaimana berpetualang di alam yang dapat memacu adrenaline kita. Berikut daftar kegiatan menantang yang dapat anda lakukan disana:

  • Canyon Adventure : kita harus menelusuri Sungai dengan terdapat jurang dan lembah di area
  • River Boarding : dengan meluncur bersama air sungai.
  • Rapperlling : Menuruni tebing yang curam dengan tali atau abseiling.

Selain itu, masih banyak daftar kegiatan berpetualang lainnya seperti:

  • Forest traeking, Circuit bike mini, Night Adventure, Longside dan banyak lainnya.

Melakukan kegiatan menarik diatas tentu membutuhkan banyak energi. Namun jangan khawatir guys, ada Forest Canteen yang menyuguhkan berbagai makanan lezat. Ada juga tempat lainnnya seperti Gathering area, first aid station (sebagai P3K) dan Bonfire spot.

  • Tiket masuk:
    Orang dewasa: Rp. 200.000,-
    Anak-anak: Rp. 100.000,-

 

Small World Taman Miniatur Dunia

harga tiket small world purwokerto, denah lokasi small world purwokerto, tiket masuk small world purwokerto, taman miniatur dunia baturaden, jalan menuju small world purwokerto, denah small world purwokerto
smallworld baturaden

Ternyata banyak sekali ide kreatif yang dimiliki oleh pemerintah setempat Banyumas, sampai-sampai mereka membuat miniatur Dunia lho. Tujuan dari tempat wisata ini, adalah selain sebagai tempat rekreasi yang menarik, sekaligus sebagai tempat edukasi untuk anak-anak yang ingin mengenal lokasi-lokasi yang berada di negara lain.

Terdapat diantara lain adalah:

  1. Colosseum Italia
  2. Patung Liberty
  3. Menara Eiffel
  4. Menara Pisa
  5. Patung Merlion singapura
  6. Bunga tulip Kincir angin
  7. Piramida
  8. Tower Petronas

Dan tak ketinggalan miniatur dari Patung Monas dari negara kita sendiri Indonesia.

Tempat ini sangat menarik untuk spot selfie di Jawa tengah. Harganya cukup murah untuk masuk ke tempat wisata ini adalah:

  • Tiket masuk
    Hari biasa Rp. 15.000,-
    Hari weekend Rp. 25.000,-

Telaga Sunyi

telaga sunyi, wisata baturaden

Salah satu tempat di pusat Baturaden adalah Telaga sunyi. Tempat wisata ini merupakan sebuah wisata tempat alam yang dingin dan asri. Dengan dikelilingi pepohonan besar yang menjulang tinggi, tempat ini sangat cocok untuk melepas pegal-pegal dengan mandi. Dapat dibayangkan dinginnya air Telaga sunyi karena lokasinya dekat dengan Pegunungan.

Meskipun dapat bermandian ditempat ini, anda tidak diperbolehkan untuk berenang di tempat tertentu, karena cukup dalam dan memiliki arus yang berbahaya pada lokasi bawah. Terdapat termasuk tempat ganti/ bilas dan Musholla.

Lokasi Telaga Sunyi
Untuk pergi ke tempat ini, anda bisa menuju Desa Limpakuwus, Kecamatang Sumbang, Banyumas. Tempatnya berada sekitar 2-3 km dari Lokawisata Baturaden.

Tiket masuk Telaga Sunyi
Untuk masuk dan mandi ke dalamnya, anda harus merogoh kocek Rp. 13.000 / orang. Ditambah Rp. 3.000 untuk parkir sepeda motor.

Taman Kaloka Widya Mandala

Taman Kaloka Widya Mandala

Kalau di Surabaya bernama KBS (Kebun Binatang Surabaya) maka di Baturaden Jawa barat ini dinamakan Taman Kaloka Widya Mandala / Kebun binatangnya baturaden. Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh sekeluarga, terutama bagi anda yang masih memiliki anak kecil. Selain berwisata, anda juga dapat mengenalkan pada si kecil berbagai jenis hewan yang membuatnya bertambah pengetahuan akan satwa yang ada di Indonesia.

Lokasi Taman Kaloka Widya Mandala

Ketenger, Baturraden, Banyumas Regency, Central Java 53151

Berada di koordinat: -7.311985, 109.225540

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Baturaden

Rp. 2.500 / orang

Bumi Perkemahan Baturraden

bumi perkemahan

Lokasi Baturraden yang dekat dengan pegunungan, membuatnya disulap menjadi beberapa lokasi wisata yang strategis dan khas dengan alam. Bagi anda yang ingin menikmati nuansa alam di Baturraden, maka lokasi ini sangat cocok untuk anda. Bumi Perkemahan Baturraden adalah salah satu kawasan wisata yang dikembangkan oleh Pengelola kota setempat sebagai wahana camping yang mengasikkan dan menantang.

Bumi Perkemahan biasa di kunjungi oleh Mahasiswa / pelajar dari kota terdekat pada tahun ajaran baru.

Lokasi Bumi Perkemahan

Jl.Raya Baturraden KM 10 Purwokerto, Banyumas, Jawa tengah
Titik Koordinat: 7°18’20.9″S 109°14’43.5″E

Fasilitas Bumi Perkemahan

  • Wisma
  • Tempat tenis
  • Gedung Pertemuan
  • Peralatan kemah
  • Fasilitas Air bersih dan MCK

Harga tiket masuk Bumi Perkemahan Baturraden
Rp. 5.000

Wisata curug / air terjun di baturaden

Wisata air terjun – atau lebih dikenal dengan istilah “curug” oleh orang Jawa tengah / Jawa barat merupakan salah satu spot selfie favorit saat ini oleh anak-anak muda. Alangkah serunya ketika kita dapat memamerkan foto ketika kita sedang berada dibawah air terjun yang eksotik.

Terdapat banyak wisata curug yang menjadi spot selfie terbaik di Kawasan Baturraden. Mau tau Tempatnya? simak berikut ini beberapa spot selfie terbaik air terjun / curug di baturaden yang favorit:

Pancuran Telu 3 dan Pancuran Pitu 7

pancuran pitu, sejarah pancuran 3 baturaden pancuran 7 bidadari pancuran pitu magelang pancuran 7 baturaden kabupaten banyumas jawa tengah

Memiliki nama yang mirip, lokasi air panas ini, merupakan salah satu tempat favorit bagi orang yang ingin menghilangkan penat karena pekerjaan setiap hari. Disana kita disuguhkan pemandian air panas yang dapat membuat rasa lelah menjadi hilang. Kandungan belerangnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasi Pancuran Telu 3

Dengan berjalan kaki, Anda harus masuk ke Lokawisata Baturraden terlebih dahulu. Setelah itu, jalan terus samai melewati Curug Gumawang sambil menyusuri jalan setapak untuk menuju kesana. Terdapat batu tanda Selamat datang di Pancuran 3.

Lokasi Pancuran Pitu 7

Lokasinya sekitar 2-3 km dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tempatnya di Desa Kalipagu dengan melewati Kolam Tando PLTA.

Curug Telu 3

curug 3 purwakarta curug yang ada di baturaden curug tiga purwakarta lokasi curug 3 purwakarta
Curug Telu

Curug telu atau air terjun telu memiliki nama seperti itu karena dalam satu tempat, memiliki lokasi 3 air terjun yang indah. Pemandangan yang eksotis dan menarik membuat banyak wisatawan seringkali meluangkan waktu untuk pergi kesana ketika berada di kawasan Baturaden.

Air jernih dan dingin khas pegunungan membuat lokasi ini sangat enak untuk dipakai berendam dan berfoto ria.

Lokasi Pancuran Curug Telu 3

Tempat curug telu tepatnya berada pada Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.Akses jalan menuju kesana: dapat menggunakan kendaraan apa saja karena tempatnya cukup dekat di perkampungan.

Curug Bayan

harga villa curug bayan baturaden, harga sewa villa curug bayan, wisma curug bayan
curug bayan

Curug bayan merupakan salah satu curug / air terjun yang terkenal di Baturaden. Bagi anda yang memiliki anak kecil dapat mengajak berwisata ke air terjun Bayan ini.Lokasi air yang mengalir cukup dangkal dan tidak memiliki arus yang kuat sehingga cukup aman bagi anak-anak untuk berendam disana.

Selain itu terdapat bekas peninggalan sejarah yakni Dam Jepang dan Jembatan yang dibuat pada jaman Penjajahan Belanda yang dapat menjadi spot selfie menarik bagi anda.

Lokasi Curug Bayan

Curug ini berlokasi di Desa Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas. Akses jalan menuju kesana: Dapat menggunakan motor atau mobil karena lokasinya dekat dengan perkampungan.

Curug Bidadari

gambar curug bidadari, rute curug bidadari sentul, harga tiket masuk curug bidadari 2016, curug bidadari pekalongan, rute curug bidadari dari bekasi
curug bidadari

Apakah kita bisa melihat bidadari saat berada di lokasi air terjun ini? tidak. Lantas kenapa curug ini dinamai dengan Bidadari. Konon katanya, saking bagusnya spot wisata ini, dinamai dengan nama demikian.

Lokasi Curug Bidadari

Pintu masuk curug yang juga disebut curug lawang ini seperti gua, dan kita serasa berpetualang untuk menuju kesana. Hal tersebut karena jalan akses menuju kesana cukup sulit.

Curug Jenggala

Curug jenggala merupakan salah satu dari curug yang berada di kawasan Desa Ketenger, sama halnya seperti Curug Bayan. Terdapat spot selfie menarik berupa Papan kayu berbentuk Hati / Love yang menghadap membelakangi tepat pada Air terjun, sehingga sangat bagus untuk bersefie ria.
Harga tiket masuk: Rp. 5000

Lokasi Curug Jenggala

Untuk mencapai tempat ini, anda harus berjalan kaki sekitar 300 meter dari tempat parkir menuju kesana ketika cuaca masih cerah. Tapi ketika musim hujan, sulit untuk kesana sehingga anda harus berjalan kurang lebih 1 km dari lokasi parkiran atau bisa naik ojek dengan ongkos Rp.5000/ orang.

Itulah spot wisata curug di Baturraden yang cocok dijadikan tempat selfie bersama keluarga. Untuk spot-spot lainnya, nantikan update berikutnya.