Batu Karas merupakan nama sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Ciamis. Bagi Anda wisatawan yang hobi berselancar (surfing), Pantai Batu Karas dapat menjadi alternatif yang seru untuk Anda memuaskan hobi tersebut.


Lokasi Batu Karas

Lokasi wisata Pantai Batu Karas beralamat di Jalan Batu Karas, Kec Cijulang, Kab Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Ciamis, dan sekitar 30 kilometer dari Pantai Pangandaran.

sumber : http://wisatakuliner09.blogspot.co.id

Pantai berpasir hitam ini memang tak seramai Pantai Pangandaran, namun menawarkan ombak yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang suka berselancar. Belum lagi, suasana pantai yang tak seramai Pangandaran ini bisa membuat aktivitas Anda di Pantai Batu Karas makin leluasa.

Pantai Batu Karas tak hanya sering dikunjungi wisatawan domestik, ada juga beberapa turis asing bisa Anda jumpai di sini.

Rute Menuju Batu Karas

Rute menuju Batu Karas sangat mudah ditempuh. Wisatawan dapat menuju dari berbagai arah, dari Jakarta, Bandung, maupun dari arah Jogja. Berikut kami berikan rute menuju Batu Karas dari beberapa kota:

Rute dari Jakarta

Rute menuju Batu Karas dari Jakarta dapat ditempuh dengan melewati: Jakarta >> Cileunyi >> Rancaekek >> Baypass Parakanmuncang >> Nagreg >> Lembang >> Ciawi >> Ciamis >> Kalipucang >> Pangandaran >> Cijulang >> Pantai Batu Karas.

Rute dari Bandung

Rute menuju Batu Karas dari Bandung dapat ditempuh dengan melewati: Bandung >> Cileunyi >> Rancaekek >> Baypass Parakanmuncang >> Nagreg >> Lembang >> Ciawi >> Ciamis >> Kalipucang >> Pangandaran >> Cijulang >> Pantai Batu Karas.

Rute dari Jogja

Rute menuju Batu Karas dari Jogja dapat ditempuh dengan melewati: Jogja >> Wates >> Purworejo >> Kutoarjo >> Kebumen >> Wangon >> Karangpucung >> Majenang >> Kalipucang >> Pangandaran >> Parigi >> Cijulang >> Pantai Batu Karas.

Tiket Masuk Batu Karas

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke lokasi wisata Pantai Batu Karas akan dikenai biaya tiket masuk. Berikut ini keterangan harga tiket masuk Batu Karas secara terperinci:

  • Retribusi Pejalan kaki: 5.000 per orang
  • Sepeda motor: Rp 4.000 per kendaraan
  • Jeep atau sedan: Rp 10.000 per kendaraan
  • Mobil Carry: Rp 18.000 per kendaraan
  • Mobil kapasitas besar: Rp 23.000 per kendaraan
  • Bus ukuran mini: Rp 33.000 per kendaraan
  • Bus ukuran 3/4: Rp 50.000 per kendaraan
  • Bus besar: Rp 81.000 per kendaraan

*) Harga tiket masuk Batu Karas di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Penginapan di Batu Karas

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pantai Batu Karas dapat mencari penginapan yang banyak tersedia di sekitar lokasi. Sekarang ini sudah terdapat banyak cottage atau homestay dengan fasilitas yang representatif di sekitar Pantai Batu Karas.

sumber : http://alchoriahayu.blogspot.co.id

Ada berbagai tipe penginapan yang bisa dijadikan pilihan. Begitu pula dengan hotel, Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya di sekitar lokasi Pantai Batu Karas.

Sebagian besar penginapan di Batu Karas berupa homestay yang dikelola oleh warga sekitar. Adapun tarif yang ditawarkan cukup beragam, rata-rata di kisaran ratusan ribu rupiah per malamnya.

Berikut ini kami berikan informasi sejumlah harga penginapan di Batu Karas yang bisa menjadi referensi Anda saat berwisata di pantai ini:

Hotel Teratai

Kamar Standard: mulai Rp 150 ribu per malam
Kamar Bungalow: mulai Rp 250 ribu per malam
Kamar Bungalow (AC): mulai Rp 300 ribu per malam

Hotel Pondok Putri

Standard room: Rp 250 ribu – Rp 450 ribu per malam
Deluxe room: Rp 275 ribu – Rp 450 ribu per malam
Super deluxe room: Rp 350 ribu – Rp 650 ribu per malam
Family room: mulai Rp 650 ribu ke atas

Hotel Bintang

Kamar standar: Rp 300 ribu per malam
Kamar standar deluxe: Rp 400 ribu per malam
Kamar keluarga: Rp 500 ribu per malam
Kamar keluarga deluxe: Rp 600 ribu per malam

Hotal Java Cove

Kamar Ocean View Mini: Rp 500 ribu per malam
Kamar Ocean View Deluxe: Rp 700 ribu per malam
Kamar Terence Deluxe: Rp 900 ribu per malam

Penginapan Bumi Perkemahan (PEMDA)

Bungalow 1 kamar: mulai Rp 400 ribu per malam
Bungalow 2 kamar: mulai Rp 450 ribu per malam