Air Terjun Sendang Gile Lombok Utara – Tak cuma terkenal lewat Pantai Senggigi serta Gili Trawangan yang begitu terkenal sampai ke benua Eropa dan mampu memberi nuansa romantis untuk para pasangan yang tengah berbulan madu, Lombok juga mempunyai sisi alam yang begitu sejuk dan mempesona. Tempat tersebuta antara lain adalah air terjun Sendang Gile yang bisa anda kunjungi jika ingin mencari ketenangan dan kesejukan khas alam pegunungan.

Air terjun Sendang Gile Lombok sendiri yang begitu eksotis ini adalah salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat berkunjung ke Lombok. Lokasi dari air terjun yang indah ini berada di wilayah Kecamatan Bayan yang termasuk kedalam bagian daerah Kabupaten Lombok Utara. Air terjun Sendang Gile ini sangat sejuk dan dingin, karena memang asal airnya dari mata air gunung Rinjani.

Tidak hanya ada air terjun Sendang Gile, ternyata masih ada beberapa obyek wisata lain yang terdapat di kecamatan Bayan. Beberapa obyek wisata tersebut antaralain adalah pos pendakian Gunung Rinjani, obyek wisata sejarah Masjid Kuno Bayan serta desa produksi kain khas Lombok. Jika anda berangkat dari pusat kota Mataram, jaraknya seitar 60km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Jika anda menggunakan kendaran umum, dari kota Mataram anda hanya akan sampai di daerah Bayan. Setelah sampai di Bayan, lanjutkan perjalanan dengan ojek menuju Senaru, kemudian anda akan melewati ratusan anak tangga untuk sampai kelokasi. Harga tiket masuk ke air terjun Sendang Gile ini cukup murah, yakni Rp 5.000/orang. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Berdasarkan cerita yang turun temurun dimasyarakat sekitar, nama Sendang Gile sendiri karena air terjun di Lombok Utara ini ditemukan oleg seorang warga yang tengah mengejar seekor singan gila yang masuk ke perkampungannya dan tak sengaja menemukan air terjun tersebut. Singa gila tersebut akhirnya lari menuju tengah hutan, tempat ditemukannya air terjun Sendang Gile tersebut yang begitu indah.

Masyarakat sekitar sendiri menyebut singa gila tersebut dengan nama sengang gile, tapi pelafalannya lama kelamaan berubah jadi kata sendang sehingga air terjun ini dinamai air terjun Sendang Gile.

Untuk bisa mencapai lokasi dari air terjun sendang gile ini, anda harus mengeluarkan tenaga ekstra dengan melewati 500 buah anak tangga terlebih dulu. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas oleh indahnya air terjun sendang gile ini, apalagi suasana yang tenang, sejuk dan masih asri akan membuat anda betah berlama-lama ditempat wisata air terjun ini.

Ketinggian dari air terjun Sendang Gile ini sekitar 30 meter dan berada di ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan air laut. Air yang keluar dari air terjun ini berasal dari atas tebing tinggi yang langsung jatuh ke sebuah sungai yang tepat berada dibawahnya. Anda bisa bermain air ataupun berenang di air terjun ini, tapi pastikan dulu anda membawa baju ganti.