Air Terjun Nyarai Padang Sumatera Barat – Mungkin yang kita tahu selama ini tentang lokasi wisata air terjun yang terkenal di Sumatera Barat hanya Air Terjun Lembah Anai dan Air Terjun Sarasah Banyak Gariang, akan tetapi di daerah Sumatera Barat tersebut masih ada surga tersembunyi yang masih banyak orang belum ketahui, yakni Air Terjun Nyarai yang letaknya persis di Lubuk Alung, Kab Pariaman.

Lokasi dari air terjun yang satu ini memang terdapat di pelosok desa, dan perjalanan untuk menjangkaunya harus melewatu hutan sepanjang sekitar 3,5km dan harus menyebrangi sungai yang dangkal sekitar 50 meter. Jangan takut tersesat, karena akan ada pemandu wisata yang akan membatu dari tempat registrasi dan anda hanya cukup membayar tarif sekitar Rp 20.000, rasa lelah dan cape seketika hilang usai anda melihat pemandangan alam yang begitu eksotis dari air terjun Nyarai ini.

Di air terjun Nyarai ini anda akan melihat sebuah kolam dengan warna hijau yang tepat berada di bawah air terjun tersebut, jika anda datang ke lokasi saat musim panas, maka air terjunya akan terlihat kecil tapi kolam dibawahnya begitu indah dan berwarna hijau. Tapi jika anda datang saat musim hujan, maka air terjunya begitu deras dan kolamnya keruh.

Air Terjun Nyarai sendiri dikelilingi oleh banyak pepohonan yang rindang serta bebatuan besar, sehingga anda akan merasa betah dan nyaman saat berada di air terjun ini. Ditambah air kolam yang begitu jernih dan segar karena berasal langsung dari mata air alami, sehingga anda akan tergoda untuk mandi dikolam tersebut. Kalaupun anda sangat hobi memancing, kolam air terjun ini juga sangat pas untuk anda, karena memang keberadaan ikannya cukup banyak dan besar sehingga bisa dijadikan santap siang anda setelah lelah bermain air.

Tips Menuju Air Terjun Nyarai Sumatera Barat
Jika ingin menghabiskan waktu libur panjang atau libur akhir pekan anda berasa keluarga di air terjun ini, anda perlu menyiapkan semua hal secara baik dari jauh-jauh hari, entah itu untuk kesehatan, pakaian, peralatan yang diperlukan. Nah, disini kami akan mencoba membagikan tips agar perjalanan menuju air terjun nyarai ini lebih seru dan aman tentunya.

1. Pertama adalah memakai sndal atau sepatu anti licin, misalnya sendal gunung karena memang anda akan menempuh perjalanan yang cukup licin, tidak baik tentunya jika anda hanya memakai sendal jepit saat menuju air terju Nyarai ini.2. Membawa bekal makanan berat dan minuman, karena disekitar air terjun tidak terdapat warung makan atau minimarket atau lainnya. Memang anda bisa memancing di kolam air terjun tersebut, namun belum tentu akan dapat ikan, jadi kami sarankan untuk membawa bekal makanan yang cukup.3. Perhatikan pakaian, kami sarankan untuk anda memakan celana training, karena jalur yang dilewati berupa sungai dan bebatuan yang cukup licin, jadi akan kurang pas jika memakai jeans, karena anda akan kesulitan bergerak.

Tidak seperti tempat wisata yang berada dekat dari pinggir jalan, perjalanan menuju air terjun nyarai ini memerlukan sedikit perjuangan, untuk itu anda perlu menyiapkan kesehatan dan mental anda. Untuk anda yang ingin ke tempat wisata air terjun ini bisa dengan kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum, dari kota padang menuju posko air terjun hanya sekitar 20 km, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit jika perjalanan lancar dan tidak macet. Sesampainya di posko air terjun tersebut, untuk sampai ke lokasi, anda perlu melanjutkan perjalanan kembali sekitar 2-3 jam, melewati sungai dan hutan.

Lokasi Air Terjun Nyarai
Lokasi Air Terjun Nyarai ini ada di Sumatera Barat, tepatnya ada di kawasan Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec Lubuk Alung, Kab Padang Pariaman, Sumatera Barat.