Air Terjun Madakaripura – Tak perlu diragukan lagi, air terjun Madakaripura adalah sebuah wisata air terjun yang menawarkan keindahan pemandangan alam yang mengesankan.

Suasana di tempat ini sangat asri dan teduh oleh rindang pepohonan di sekitarnya. Namun, lokasinya yang berada di lereng kaki Gunung Bromo Tengger membuat tempat ini kian terpencil.

Di Air terjun Madakaripura selalu ramai pengunjung, terlebih lagi saat akhir pekan atau masa liburan tiba. Tak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan asing.

air terjun madakaripura image by https://tempatwisataunik.com

Tak hanya menawarkan pemandangan alam nan indah, Air Terjun Madakaripura juga merupakan kawasan wisata yang bernuansa sejarah.

Mitos Air Terjun Madakaripura

Derasnya air yang jatuh menghasilkan butiran-butiran air, memantulkan cahaya matahari dan membiaskannya menjadi pelangi, bagaikan tangga warna yang menuju Nirwana.

Air yang turun deras dan memantulkan bianglala tersebut dikenal pula dengan sebutan air suci “Tirta Sewana”. Konon, air ini diyakini memiliki khasiat luar biasa yang dapat membuat kita awet muda dan menyembuhkan penyakit.

Terlepas dari mitos tersebut, Air Terjun Madakaripura juga dikenal sebagai obyek wisata alam menyuguhkan pemandangan indah dari air terjun setinggi kurang lebih 200 meter. Air yang jatuh dari atas berkumpul di kolam sempit yang hanya berdiameter 25 meter.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Secara administratif masuk dalam wilayah Desa Sapih, Kec Lombang, Kab Probolinggo, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi, ada baiknya Anda membawa kendaraan pribadi karena letaknya agak jauh dari jalan utama.

Kondisi jalannya pun cukup menyulitkan karena Anda harus melewati jalanan berbatu dengan adanya tebing di sisi kiri, dan jurang di sisi kanan. Jalan dengan medan yang sulit ini harus Anda tempuh sekitar 15 – 20 menit.

air terjun madakaripura image by https://www.tripadvisor.com

Di sekitar kawasan wisata terdapat sejumlah fasilitas pendukung seperti area parkir untuk mobil dan motor, kamar ganti, kamar mandi, dan toilet, serta warung-warung yang menjajakan makanan. Namun, cukup disayangkan karena kondisinya agak kurang terawat.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali berwisata ke Air Terjun Madakaripura umumnya akan terpesona melihat kecantikan air terjun yang mengalir di antara 2 bebatuan dinding tebing. Kedua tebing ini seakan berupaya mencegah sinar matahari untuk menyinari hingga ke bawah kolam air terjun.

Kawasan wisata Air Terjun Madakaripura berada di kawasan Tengger, tak jauh dari kawasan wisata Gunung Bromo, letaknya berada di ketinggian 620 meter dari atas permukaan laut. Wisata ini juga sering dimasukkan satu paket tujuan dengan wisata Bromo oleh sejumlah agen travel.

Terdapat Spot 5 Air Terjun

Menurut salah seorang warga yang tinggal di sekitar air terjun, sebenarnya di kawasan ini terdapat 5 spot air terjun. Tiga di antaranya dapat kita temukan dengan mudah, namun kedua air terjun lainnya tersembunyi di balik air terjun lain.

Sementara air terjun yang paling besar berada di tengah tebing, di situ terdapat rongga menganga yang melintang secara horisontal. Di lubang inilah penduduk sekitar percaya Sang Patih Gadjah Mada biasa melakukan semedi.

Saat musim penghujan, wisatawan dilarang turun dan mendekat ke air terjun karena di daerah ini sangat rawan banjir dan longsor sehingga pengunjung hanya dapat menikmati pemandangan air terjun dari lokasi yang agak jauh.

Rute ke Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura memang menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang menakjubkan, bagi pelancong yang ingin menuju ke tempat ini, berikut kami juga akan menyampaikan informasi mengenai rute ke Air Terjun Madakaripura untuk Anda.

– Rute Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang mengendarai mobil ataupun motor, rute yang dapat ditempuh untuk sampai ke Air Terjun Madakaripura ialah sebagai berikut:

Jalur Probolinggo – Bromo, tiba di Tongas Anda akan menjumpai pertigaan Sukapura, dari pertigaan tersebut Anda ambil arah ke kanan untuk menuju kecamatan Lumbang dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Setibanya di Lumbang, Anda bisa menuju ke arah Pasar Lumbang, lalu belok kanan untuk sampai di Air Terjun Madakaripura.

– Rute Menggunakan Kendaraan Umum

Sementara bagi Anda para backpacker atau wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, dapat menempuh rute dengan naik bus jurusan Terminal Probolinggo. Dari sini, Anda bisa naik angkot yang memang melayani tujuan ke Air Terjun Madakaripura. Namun bila tidak ada, Anda bisa naik angkutan umum jurusan Lumbang – Bromo.

Setibanya di Lumbang, Anda masih harus naik lagi angkutan umum yang menuju ke lokasi air terjun. Atau bisa juga menggunakan ojek bila tak ingin lama menunggu.

Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Wisatawan yang ingin melihat secara langsung pesona Air Terjun Madakaripura yang indah, tentunya diwajibkan membayar tiket masuk dengan harga Rp 3 ribu per orang. Wah, harga yang sangat murah ya? Namun, harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Air Terjun Madakaripura? Tunggu apalagi, segera rencanakan liburan Anda ke tempat ini!