Air Terjun Lembah Anai Padang – Selain terkenal akan sajian lezatnya, ternyata kota Padang menawarkan solusi wisata alam murah meriah yang banyak dikunjungi warga sekitar Padang dan sekitarnya. Bahkan banyak wisatawan domestik yang berasal dari penjuru indonesia berkunjung untuk menyaksikan keindahan alam dari air terjun ini. Ditambah lagi akses menuju lokasi wisata air terjun ini sangat mudah dan sudah tertata rapi.

Air Terjun Lembah Anai terletak persis di pinggir jalan trans Sumatera yang menjadi jalur penghubung antara kota Padang dan Bukittinggi di Sumatera Barat. Lokasi tepatnya ada di wilayah Kecamatan Sepuluh Koto Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Kurang lebih berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Padang.

Air yang mengalir di air terjun lembah anai Padang ini bersumber dari Gunung Singgalang didekat tempat wisata air terjun tersebut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menarik minat wisatawan domestik maupun internasional untuk mengunjunginya. Ditambah lagi saat menyaksikan pemandangan kabut dan pelangi warna-warni ketika percikan air terkena sinar matahari.

Tercatat ada tiga air terjun di Lembah Anai, Padang. Namun hanya air terjun ini yang merupakan air terjun satu-satunya yang dapat kita saksikan langsung keindahan dan keasrian alamnya oleh para wisatawan. Karena dua air terjun lain memiliki lokasi yang sulit untuk diakses karena terletak didalam hutan lebat.

Obyek wisata air terjun lembah anai ini masih termasuk kedalam Cagar Wisata Lembah Anai yang populer di Sumatera Barat. Sehingga, apra wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini perlu atau wajib mematuhi segala peraturan yang sudah di tetapkan pihak pengelola itu sendiri. Ditambah lagi Cagar Alam tersebut menjadi habitat alami bagi beragam hewan langka yang dilindungi, mulai dari harimau sumatera. Kera ekor panjang, beruk. Siamang, kancil, trenggiling dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk para wisatawan yang datang ke obyek wisata ini akan sangat dimudahkan. Bisa dengan kendaraan umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Jika anda menggunakan angkutan umum, ada angkot yang menuju ke obyek wisata kawasan Cagar Alam Lembah Anai, ongkosnya sekitar 30 ribu per orang. Tak cuma itu saja, ada juga kereta yang beroperasi di tiap hari minggu dengan harga tiket yang jauh lebih murah.

Setelah anda sampai di obyek wisata air terjun lembah anai ini, anda akan dikenakan tarif tiket masuk sekitar 1500 rupiah per orangnya. Sangat murah meriah bukan?

Obyek wisata Lembah Anai ini dulunya dikenal sebagai lokasi yang bisa dibilang sangat vital di Sumatera Barat. Tempat tersebut juga menjadi jalur penghubung antar kota-kota besar di Sumatera Barat, seperti Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, Padang Panjang, Solok dengan kota lain seperti, padang, Pariaman, Solok dan Lubukbasung. Buktinya di sekitar lokasi terdapat pembangunan jalur kereta api oleh belada dijamannya.