Air Terjun Dua Warna di Sumatera Utara – Kekayaan alam Pulau Sumatera memang selalu menarik dibahas. Keindahan alamnya terus menawarkan lokasi atau spot indah untuk kita kunjungi. Nah, jika berbicara soal keindahan alam dan tempat wisata di Sumatera, ada satu tempat yang wajib anda kunjungi yakni Air Terjun Dua Warna. Tempat wisata air terjun ini berada di provinsi Sumatera Utara


Air terjun dua warna sendiri letaknya berada di kecamana Sibolangi, Sumatera Utara. Sumber airnya sendiri berasal dari Gunung Sibayak. Air terjun dua warna ini berada di ketinggia 1270 mdpl. Dinamakan air terjun dua warna sendiri, karena air terjun indah ini mempunyai gradasi dua warna berbeda. Air yang tertampung dibagian bawah memiliki warna putih keabu-abuan sedangkan air yang turun memiliki warna biru muda. Ditambah lagi, terdapat 3 buah air terjun di tempat wisata air terjun dua warna ini yang semakin membuat anda kagum. Sungguh indah dan luar biasa bukan alam ciptaan Tuha ini. Banyak wisatawan dari ras Tionghoa yang datang ke tempat wisata ini, mereka sediri yakin jika air terjun dua warna tersebut dapat memberi mereka keberuntungan.

sumber : http://www.nakarasido.com

Secara ilmiah, perbedaan dua warna di air terjun ini dikarenakan kandungan belerang dan fosfor didalam air nya. Jadi anda tidak akan diperbolehkan untuk meminum air di air terjun dua warna ini. Selain itu, suhu dari air terjun ini juga begitu unik. Untuk air berwarna biru memiliki suhu dingin sedangkan air berwana putih keabu-abuan memiliki suhu air yang hangat. Anda masih bisa menikmati keindahan air terjun dua warna ini dengan cara lain, seperti berenang atau atau bersantai sambil menghangatkan tubuh dengan menyalakan api unggun. Anda juga dapat mengabadikan momen berharga lewat foto selfie bersama teman-teman atau keluarga. Jika masih kurang, anda dapat mendirikan tenda untuk bermalam dikawasan wisata air terjun ini.

Sebelum sampai di air terjun dua warna ini, anda akan diajak melewati hutan yang rimbun denngan pepohonan. Perjalanan tersebut pun akan memacu adrenalin anda. Namun, suasana asri dan udara sejuk akan menyambut anda. Terlebih area dalam hutam sudah terawat dengan apik. Hal ini membuktikan kalau masyarakat sekitar dan para pelancong sangat menjaga kebersihan hutan tersebut.

Lokasi

Air terjun dua warna ini letaknya di daerah Desa Durin Sirugun, Kec Sibolangit Kab Deli Serdang, Sumaterau Utara. Air terjun ini posisinya persis di Kaki Gunung Sibayak. Jika anda dari Kota Medan, jarak yang perlu ditempuh untuk sampai Sibolangit adalah 75km. Dari pusat kecamatan ke air terjun Dua Warna terbilang masih jauh, kurang lebih dapat memakan waktu hingga 3 jam. Untuk anda yang belum sama sekali berkunjung ke Medan, mintalah bantuan pemandu wisata untuk meminimalisir kemungkinan buruk, misalnya kehilangan arah bahkan tersesat.

Akses

Anda bisa memilih menaiki bus antar kota jurusan Kabanjahe untuk bisa sampai ke bumi perkemahan Sibolangit. Namun akan lebih nyaman kalau anda memakai kendaraan pribadi. Setelah tiba di bumi perkemahan tersebut, anda masih harus melanjutkan perjalanan lagi. Anda perlu memiliki tenaga ekstra untuk bisa sampai ke lokasi. Karena terdapat hutan lebat yang harus anda lewati dulu dan memakan waktu hingga 2-3 jam. Tapi anda tidak perlu cemas, karena ada papan penunjuk arah di sepanjang jalan yang diperuntukan bagi wisatawan agar lebih mudah di perjalanan.

Harga Tiket

Setibanya di air terjun dua warna ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya masuk sekitar Rp 25.000. Tak cuma itu, mengingar jalur yang dilewati menyerupai arena petualangan dalam hutan, anda bisa memakai jasa pemandu wisata, dengan membayar tarif Rp 100.000 sampai Rp 300.000. Harga pemandu bisa dipertimbangkan dengan jumlah rombongan yang ada.

Fasilitas Dan Akomodasi

Mengingat posisi air terjun dua warna ini ditengah hutan, jadi tidak heran kalau belum banyak fasilitas umum didalamnya. Untuk itu, dari jauh-jauh hari anda perlu menyiapkan segala perbekalan dan kebutuhan yang akan dibawa. Terutama jika anda memutuskan berkemah atau bermalam di tempat wisata ini.