Air Terjun Curug Tujuh Ciamis Jawa Barat – Obyek wisata air terjun Curug Tujuh ini masih satu arah jalan ke tempat wisata alam situ Panjalu jika ambil jalur dari Kab Tasik, tepatnya setelah tempat wisata alam Situ Panjalu akan melewati berkilo-kilo meter lagi menuju Kawali Ciamis kemudian masuk ke jalan kampung di daerah Cibolang lalu anda bisa sampai ke tempat wisata Curug Tujuh ini. Air terjun Curug Tujuh sendiri terletak diketinggian sekitar 800-900 meter diatas permukaan laut dengan dikelilingi pegunungan yang hijau dan asri, udara nya pun begitu sejuk karena suhu umumnya berada i 17-18 derahjat celcius.

Curug Tujuh sendiri juga dikenal dengan nama Curug Cibolang. Namun nama curug tujuh lebih populer dimasyarakat karena memang memiliki 7 tingkatan air terju (curug) yang tersebar dan letaknya yang tak cukup berjauhan. Bahkan utuk curug 4 dan 5 letaknya hanya terpisah 2 m saja, dan untuk bisa melihatnya harus mengitari bukit melalui jalan setapak dari mulai kaku hingga puncak bukit dan kembali lagi.

Untuk tiap-tiap curug mempunyai nama masing-masing, yakni Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cimantaja, Curug Cibolang, Curug Cibuluh. Air dari ketujuh curug tersebut mengalirkan air langsung ke sungai Cimantaja dan Cibolang.

Curug tujuh ini berada dalam penglolaan Kawasan Wana Wisata Curug Tujuh di RPH Panjalu BKPH Ciamis KPH Ciamis Jawa Barat, luarsnya kurang lebih sekitar 40 hektare dan dikelilingi oleh bukit Cibolang dan Ciparang yang letaknya berada di Kaki Gunung Sawal. Kawasan wisata air terjun ini berada diketinggian 800-900 meter diatas permukaan laut dan memiliki suhu yang sejuk yakni 17-18C.

Panorama alam yang ditawarkan begitu indah dan suasana hutam alam yang masih asri dan hijau menjadi daya tarik utama dari kawasan wisata air terjun Curug Tujuh ini, karena memang letaknya yang dikelilingi bukit Ciparang dan Cibolang di kaki Gunung Sawal.

Curug Tujuh di Ciamis Jawa Barat ini konon katanya, airnya mampu mengobati penyakit, misalnya penyakit kulit, pegal linu, rematik, encok dan uniknya airnya tak akan surut sekalipun walaupun dimusim kemarau, karena airnya mengalir langsung dari gunung Sawal.

Tempat wisata air terjun ini letaknya di kilometer 35 Kecamatan Panjalu Sandingtaman dari kota Ciamis. Untuk bisa sampai ke kawasan air terjun ini anda bisa menggunakan mobil ataupun motor. Untuk anda yang ingin naik transportasi umum, anda bisa menaiki bus diterminal Ciamis dengan jurusan Kawali Panjalu atau anda dari Bandung mengambil jalur menuju Panjalu Ciamis.

Berdasarkan legena, Curug Tujun ini terbentuk dari mata air seorang raja. Konon, di masa lampau dikala musim kemarau yang sangat panjang di daerah ini. Air dan tanah sangat kering sehingga raktyatnya begitu bersedih dan dirundung kelaparan.

Hal tersebut membuat sang raja yang berkuasa begitu sedih dan prihatin. Lalu sang raja memohon supaya hujan turun agar kondisi kerajaan dan desanya kembali seperti semula. Akan tetapi usahanya tak mendapat jawaban dari Sang Maha Kuasa. Akhirnya sang raja pun begitu sedih hingga menangis. Dan air mata beliau pun perlahan berubah jadi genangan air yang semakin lama tambah besar dan membentuk aliran sungai yang terpecah dan jatuh di tujuh buah tebing yang ada. Sehingga jadilah Curug Tujuh ini.